Home / Plus

Rabu, 9 November 2022 - 14:32 WIB

Pemuda Sambilegi Maguwoharjo Punya Cara Unik Peringati Hari Pahlawan, Digelar Besok Malam

Pemuda Desa Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta akan menggelar acara Renungan Malam dan Refleksi Kepahlawanan.
 Foto: Ist

Pemuda Desa Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta akan menggelar acara Renungan Malam dan Refleksi Kepahlawanan. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember, pemuda Desa Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta akan menggelar acara Renungan Malam dan Refleksi Kepahlawanan.

Acara ini akan digelar pada 10 November 2022 dengan mengambil lokasi di Monumen Perjuangan Maguwoharjo, pukul 19.30 WiB sampai selesai.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Desa Sambilegi pernah melahirkan pejuang-pejuang yang gugur saat Agresi Militer Belanda Kedua pada tahun 1948. Setidaknya ada 10 nama pahlawan yang terukir di monumen tersebut, ujar Agus Triyono, Kepala Dusun Sambilegi Lor, kepada nyatanya.com, Rabu (9/11/2022).

Baca juga   Tri Fajar Firmansyah Meninggal Dunia, Dua Pelaku Pengeroyokan Suporter Jadi Tersangka

Ditambahkan Agus, warga Sambilegi, Maguwoharjo, khususnya kaum muda, ingin mengenang kembali peristiwa tersebut.

“Dengan membaca sejarahnya, mendoakan para pahlawan yang gugur, dan mengambil spirit kepahlawanan mereka dalam membela bangsa dan negara hingga titik darah penghabisan,” jelas Agus.

Sekitar 100 pemuda Sambilegi akan terlibat dalam acara ini. Tidak ada pakaian khusus yang harus dikenakan.

Boleh memakai baju putih atau hitam. Boleh pakai peci atau blangkon. Dan sebagian membawa bambu runcing yang terikat bendera merah putih.

“Di awal acara akan dibacakan tek Proklamasi, Pancasila, ikrar Sumpah Pemuda, dan Pembukaan UUD 1945. Diakhiri dengan renungan yang akan disampaikan Ketua Ranting Pepabri Maguwoharjo dan doa penutup,” imbuh Agus.

Baca juga   Pemkab Sleman Raih Opini WTP ke-11 atas LKPD Tahun 2021

Di Penghujung acara akan dilakukan doa bersama untuk mendoakan para pahlawan bangsa yang telah gugur dan kemajuan bangsa Indonesia di masa-masa mendatang untuk menjadi negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

Setelah acara renungan selesai, pemuda akan napak tilas berkeliling kampung dengan jalan kaki sambil membawa bambu runcing yang telah diikat dengan bendera merah putih.

“Sebagian akan menaiki sepeda onthel sambil membunyikan bel kring-kring untuk mendekatkan suasana seperti pada jaman perjuangan dahulu,” pungkas Agus.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Pekan Raya Pemalang digelar untuk memopulerkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pelaku industri kreatif kepada masyarakat. Foto: MC Kab.Pemalang

Plus

Angkat Popularitas Industri Kreatif, Pemkab Pemalang Gelar Pekan Raya
Dirjen Aptika Kominfo Semuel A Pangerapan. Foto: Livestream YouTube

Plus

Sampai Batas Akhir Perpanjangan, Ratusan Sistem Elektronik Belum Didaftarkan ke Kominfo
Pemkot Yogya melalui Dinas Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah menyiapkan program "Jogja Karya" untuk membantu meningkatkan penjualan produk UMKM. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Bantu Tingkatkan Penjualan Produk UKM, Pemkot Siapkan Program Jogja Karya
Cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi. (Foto: BRIN)

Plus

Peneliti BRIN Berhasil Identifikasi Cecak Jarilengkung Jenis Baru
Dwi Saputro sukses bisnis cermin cerdas Ibiza. Cermin unik yang mempunyai empat tombol sentuh. Foto: Ist

Plus

Cerita Sukses Anak Muda, Cermin Inovatif Bawa Dwi Saputro Keliling Eropa
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat mengunjungi Eyang Soegijo Saputro di kediamannya di Gondokusuman Yogyakarta Minggu (14/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Plus

Eyang Soegijo Saputro, Saksi Hidup Lahirnya Hari Kesehatan Nasional
Foto: MC Kab.Kudus

Plus

Bantu 10 Rumah Sederhana Layak Huni, Bupati Kudus Apresiasi PT Djarum
Buah semangka mudah ditemukan di pasaran, harga terjangkau dan bisa berperan mendukung kesehatan badan. (Foto: Istimewa)

Plus

Semangka Ternyata Bisa Cegah Gangguan Kesehatan Mata