Home / Peristiwa

Minggu, 2 Oktober 2022 - 18:03 WIB

Penahanan Putri Chandrawathi Diapresiasi Banyak Pihak, Begini Kata Pakar Hukum Pidana Universitas Trisaksi

Putri Chandrawati. Foto: Humas Polri/TBNews

Putri Chandrawati. Foto: Humas Polri/TBNews

NYATANYA.COM, Jakarta – Keputusan penyidik Polri menahan Putri Candrawathi mendapat banyak apresiasi semua pihak. Tindak tegas itu sebagai bukti Polri menjunjung tinggi rasa keadilan dalam penegakan hukum.

Tindakan tegas Polri menahan Putri Candrwathi itu dilakukan karena berkas perkara kasus pembunuhan berencana Brigadir J sudah dinyatakan P21 oleh Kejaksaan Agung.

Selanjutnya, Polri sudah menyampaikan kepada publik akan melimpahkan tahap II lima tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Kelima tersangka itu adalah Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf dan Putri Candrawathi.

Dalam pelimpahan tahap II ini, penyidik Polri akan menyerahkan barang bukti juga dengan para tersangka termasuk Putri Candrawati ke pihak jaksa penuntut umum.

Kalau sebelumnya Polri tidak menahan Putri Candrawathi dengan alasan kemanusiaan dan faktor subyektif penyidik, lantaran Putri Candrawathi bersikap koperatif. Walaupun demikan polri menetapan Putri Candrawathi harus menjalani wajib lapor.

Baca juga   Sertijab Panewu dan Pelantikan Ketua TP PKK Kapanewon di Kabupaten Bantul

Waktu itu, Polri tidak menahan Putri Candrawathi atas pertimbangan kesehatan, kemanusiaa, dan memliki batita. Alasan polri mendapat dukungan dari pihak Komnas Perempuan bahwa Putri Candrawathi tidak ditahan bukan karena keistimawaan.

Tetapi tindakan itu dilakukan karena Putri Candrswathi sebagai perempuan berhadapan dengan hukum (PBH) yang sedang maternitas (fungsi seperti hamil, menyusui, dan mengasuh anak). Jadi tidak ada keistimewaan yang diberikan Polri kepada tersangka itu.

Kali ini pertimbangan hukum lebih dikedepankan oleh Polri yang kemudian menahan Putri Candrawathi. Disamping setelah penyidik terlebih dahulu mencek dan mengevaluasi kesehatan yang bersangkutan, sementara berkas perkara Putri Candrawathi sudah lengkap atau P21, makanya dipandang perlu untuk melakukan penahan terhadap Putri Candrawathi.

Namun Polri perlu juga mengedepankan faktor anak batita Putri Candrawathi. Polri melalui Direktorat PPA perlu terlibat langsung ikut memantau perkembangan anak batita Putri Candrawathi demi kemanusiaan.

Baca juga   Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan, Rutan Temanggung Gelar Donor Darah

Direktorat Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) perlu terlibat aktif memantau perkembangan psikologi anak batita Putri Candrwathi pasaca penahan. Tentu saja hal itu bisa koordinasi dengan komnas perlindungan anak Indonesia (KPAI).

Pakar Hukum Pidana dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti Azmi Syahputra menyampaikan, keputusan menahan Putri Chandrawati menunjukkan sikap profesional Polri dalam mengusut tuntas kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Sikap profesional tersebut sekaligus menepis pandangan bahwa Polri memberikan perlakuan berbeda terhadap Putri dengan tidak melakukan penahanan.

“Image tidak positif itu sempat merugikan organisasi kepolisian karena memunculkan ketidakpercayaan atas perkara ini,” ujar Azmi, Sabtu, 1 Oktober 2022. (*)

Share :

Baca Juga

Banjir di Tegal terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai Cacaban, Sungai Rambut, Sungai Kemiri, Sungai Pekijing dan Sungai Siwarak pada Senin (22/11/2021) pukul 23.30 WIB. Sebanyak 12.518 jiwa terdampak atas kejadian ini, dari jumlah tersebut terdapat 25 KK terpaksa mengungsi di Masjid Baitutaqwa di Kelurahan Dampyak. (Foto: BNPB Kabupaten Tegal)

Peristiwa

Banjir di Kabupaten Tegal, 12.518 Jiwa Terdampak
Selain mengamankan pelaku, dan sejumlah senjata tajam, banner bertuliskan WKC ukuran 2×2 meter juga disita petugas. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Meresahkan! Polres Kulon Progo Tangkap Anggota Geng Wates Kota Crew
Selain memberikan edukasi terkait protokol kesehatan, Satpol PP Kota Yogya juga memberikan bantuan beras. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Satpol PP Kota Yogya Salurkan Bantuan Beras kepada Pedagang
UKM Virtual Expo 2021 menjadi andalan perajin berpromosi di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Perajin di UKM Virtual Expo 2021 Kebanjiran Pesanan
Usman Kansong dalam rapat temu media GPDRR ke 7 2022 “Kesiapan Pemerintah Menjadi Tuan Rumah GPDRR ke 7 Tahun 2022”, pada Kamis (10/3/2022). (Foto: Tangkapakan Layar Zoom)

Peristiwa

Media Berperan Tingkatkan Resiliensi Masyarakat terhadap Risiko Bencana
Jajaran Forkopimcam Tempuran bersama Satpol PP menutup Tempat Penampungan Sementara (TPS) Setro yang berada di jalan Raya Magelang-Purworejo, Desa Sidoagung, Tempuran, Kabupaten Magelang, Selasa (19/4/2022). Foto:humas/beritamagelang

Peristiwa

Overload! TPS Setro Tempuran Magelang Ditutup Permanen
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Tim Layanan Aktif Baznas (LAB) Kota Yogya memberikan Santunan kepada korban klithih (Hanung Aryo Damar) berupa uang tunai pengobatan sejumlah Rp1.000.000. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Kota Yogya Beri Santunan Kepada Korban Klithih
Bupati Temanggung HM Al Khadziq, atas nama Pemkab Temanggung mengucapkan terima kasih atas kesuksesan Bulan Dana PMI Tahun 2021 yang berhasil menghimpun dana Rp1,226 miliar. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Bulan Dana PMI 2021 di Temanggung Capai Rp1,226 Miliar