Home / News

Minggu, 20 Juni 2021 - 10:53 WIB

Penambahan Kasus Covid-19 di Klaten Mengkhawatirkan

NYATANYA.COM, Klaten – Grafik penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Klaten terus naik. Agar tak masuk zona merah, masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat protokol kesehatan.

Tim Ahli Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Klaten, Ronny Roekmito menyampaikan, sampai pekan ketiga Juni 2021 kasus Covid -19 di Kabupaten Klaten masih zona oranye. Tapi penambahan kasusnya terus mengkhawatirkan.

“Kalau masyarakat tidak waspada dengan mematuhi protokol kesehatan secara lebih ketat, maka tidak mungkin Klaten bisa masuk zona merah. Pemerintah tetap berusaha maksimal dengan upaya pengendalian, tapi masyarakat juga harus mematuhi protokol kesehatan sehingga semua berjalan seiring,” katanya, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Klaten, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga   World Water Forum ke-10 Jadi Momen Penting untuk Selamatkan Danau

Dijelaskan Ronny, kepatuhan pasien isolasi sangat penting. Jangan karena merasa tak bergejala, pasien isolasi mandiri malah berinteraksi dengan orang luar. Peran Satgas RT RW setempat, sangat diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Kalau di wilayahnya ada pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, program Jogo Tonggo harus dijalankan.

“Ini kepedulian bersama. Modal sosial dan kearifan lokal ini juga harus dikembangkan. Saya kira ini kekuatan sosial yang perlu dikembangkan, di saat kondisi sulit seperti ini,” tambahnya, yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten itu.

Ronny menambahkan, untuk antisipasi jika terjadi kelonjakan kasus Covid-19, Pemkab Klaten sudah menyiapkan Edotel dan Panti Semedi untuk penanganan darurat.

Baca juga   Presiden Terima Audiensi dan Lepas Parade Pembalap MotoGP di Istana Negara

“Kita masih punya 54 bed di Rumah Sakit Daerah Bagas Waras dan Pak Gub (Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo) Rabu kemarin (16/6/2021) sudah cek langsung. Bila kondisi overload, kami siapkan Edotel sebanyak 28 bed dan Panti Semedi 70 bed,” bebernya.

Menurut Ronny, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu, dari 12 rumah sakit yang menangani Covid-19 di Klaten, ada penambahan 93 tempat tidur yang disiapkan dan tiga ruang ICU. Pihaknya mempersiapkan skenario terburuk, meski berharap situasi buruk itu tidak terjadi. (*)

Share :

Baca Juga

Sampah yang menggunung di kawasan sentra Bakpia Pathuk Jalan KS Tubun Yogyakarta. (Foto: Instagram @alexpracaya)

News

Sepakat! TPST Piyungan Akhirnya Dibuka Lagi Hari Ini
Mahfud Md. Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Mahfud Md Pastikan Tak Terapkan Operasi Khusus di Papua
Foto: Humas Jateng

News

Ganjar Berharap Politeknik GUSDURian Purwokerto Cetak Ahli yang Moderat
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PPKM Diperpanjang Hingga 1 Agustus 2022
Yogyakarta International Airport. (Foto: Instagram @bandarayogyakarta)

News

Hadapi Mudik Lebaran, Bandara YIA Tambah 10 Ekstra Flight
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

BMKG: Tetap Waspada, Masih Ada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang
Tim gabungan dan masyarakat sekitar berkoordinasi dan berupaya memadamkan api yang membakar lahan dan semak kering di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang (TWAGBBP), Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Jumat (22/10/2021). (Foto:Istimewa/BNPB)

News

Update: Kebakaran Lahan dan Semak Gunung Batur Bangli Berhasil Dipadamkan
Sebuah kendaraan melintas di gerbang tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022). Foto: Antara

News

Ini Jadwal Uji Coba Rekayasa Ganjil-Genap di Tol untuk Mudik 2022