Home / Peristiwa

Kamis, 14 Juli 2022 - 13:19 WIB

Penampakan Hiu Tutul Seberat 1,5 Ton yang Terdampar dalam Kondisi Mati di Pantai Nyamplong Kobong Jember

Hiu tutul dengan panjang 7 meter dengan lebar 1,5 meter dan bobot sekitar 1,5 ton ditemukan mati terdampar di Pantai Nyamplong Kobong Jember. Foto: Ist

Hiu tutul dengan panjang 7 meter dengan lebar 1,5 meter dan bobot sekitar 1,5 ton ditemukan mati terdampar di Pantai Nyamplong Kobong Jember. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jember – Seekor hiu tutul atau hiu paus (Rhycodon Typus) terdampar dalam kondisi mati di pesisir selatan atau tepatnya di Pantai Nyamplong Kobong, Desa Kepanjen, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (14/7/2022).

“Kami menerima laporan dari nelayan pukul 09.00 WIB bahwa ada hiu tutul yang terdampar di Pantai Nyamplong Kobong, Dusun Njeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, sehingga kami langsung menuju ke lokasi,” kata Kepala Satpolair Polres Jember AKP M Na’i di Jember.

Menurutnya, panjang ikan hiu tutul itu sekitar 7 meter dengan lebar 1,5 meter dan bobotnya sekitar 1,5 ton, sehingga pihaknya bersama nelayan, Dinas Perikanan dan Polsek Gumukmas agak kesulitan untuk mengevakuasi ikan hiu tersebut ke tepi pantai.

Baca juga   Sedekah Bumi, Pemdes Plesungan Ajak Kirab Budaya 67 RT

“Hiu tutul itu dalam kondisi mati, sehingga kami berusaha mengevakuasi bangkainya ke daratan untuk dikuburkan. Namun, evakuasi selama tiga jam belum membuahkan hasil,” katanya.

Bangkai ikan hiu tutul itu rencananya dikuburkan di daratan tepi pantai agar tidak menjadi tontonan warga di sekitar Pantai Nyamplong Kobong dan petugas juga berkoordinasi dengan pihak BKSDA Jember.

“Terkait penyebab hiu tutul terdampar di pantai kemungkinan karena kondisi cuaca ekstrem di Samudera Hindia, terutama di wilayah pantai selatan Jember selama beberapa hari terakhir,” katanya.

Ia menjelaskan BMKG menyampaikan informasi bahwa tinggi gelombang di perairan selatan Jember di atas 5 meter dan angin kencang, sehingga kemungkinan ikan hiu tersebut dibawa arus ke tepi dan terdampar di Pantai Nyamplong Kobong karena cuaca ekstrem.

Baca juga   Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat

Ikan hiu tutul atau hiu paus tersebut merupakan salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 18 tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus, sehingga harus dijaga kelestariannya.

Apabila ikan hiu tersebut terdampar dalam kondisi hidup, harus dikembalikan ke habitatnya di laut dan apabila terdampar di pantai dalam keadaan mati, harus dikubur.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 38 satwa endemik Papua dilepasliarkan di Hutan Adat Isyo, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Foto: Biro Humas KLHK

Peristiwa

38 Satwa Endemik Papua Dilepasliarkan di Hutan Jayapura
Penandatanganan serah terima hibah tanah Pemerintah Kota Salatiga dan IAIN Salatiga. (Foto:Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Hibah Tanah dari IAIN Salatiga
Delegasi G20 menyaksikan peresmian panel tenaga surya di Balkondes Karangrejo Kecamatan Borobudur. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Delegasi G20 Apresiasi Transisi Energi Balkondes di Borobudur
Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara pada Kamis (10/3/2022). (Foto: BPBD Kota Medan)

Peristiwa

Sebanyak 89 Rumah Warga di Kota Medan Terendam Banjir

Peristiwa

DIY Segera Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi Khusus Budaya dan Seni
Warga terdampak banjir di Kabupaten Pandeglang mengungsi di tenda pengungsian yang didirikan BPBD setempat. Berdasarkan pendataan sementara terdapat 1.165 KK dan 1.165 unit rumah terdampak banjir tersebut. (Foto: BPBD Kab.Pandeglang)

Peristiwa

Banjir di Kabupaten Pandeglang Rendam 16 Desa, Ribuan KK Terdampak
Dalam kunjungannya ke Blora Presiden Jokowi sempat membeli sebuah jaket custom bermotif Garuda dan khas Blora seharga Rp350.000, sementara Ibu Iriana membeli kain batik khas Blora seharga Rp900.000. (Foto: BPMI Setpres)

Peristiwa

Kunjungi Blora, Jokowi Beli Lukisan dan Jaket Custom Bermotif Garuda
Polres Bantul menggelar konferensi pers terkait penangkapan 6 remaja yang akan melakukan perang sarung di lapangan Guyengan Bantul. (Foto: Dok.Polres Bantul)

Peristiwa

Polisi Gagalkan Tawuran Geng Pelajar di Bantul, 6 Remaja Berstatus Pelajar Diamankan