Home / News

Sabtu, 1 Juni 2024 - 22:07 WIB

Pencarian Satu Korban Hilang Akibat Banjir di Kabupaten OKU Dihentikan, Ini Alasannya

Tim gabungan melakukan pembersihan material banjir di permukiman warga, di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada Jumat (31/5/2024). Foto: BPBD OKU

Tim gabungan melakukan pembersihan material banjir di permukiman warga, di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada Jumat (31/5/2024). Foto: BPBD OKU

NYATANYA.COM, Ogan Komering Ulu – Pencarian satu korban jiwa yang masih hilang akibat banjir dan longsor di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dihentikan, pada Jumat (31/5/2024).

Pencarian dihentikan setelah tim gabungan dan pertolongan (SAR) terus berupaya mencari korban yang hilang tersebut hingga hari ke-10.

Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat malam tercatat korban yang berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia berjumlah enam orang.

Sementara itu, jumlah pengungsi mengalami penambahan sebanyak lima kepala keluarga (KK) sehingga jumlahnya menjadi 10 KK.

Kendati demikian, tim gabungan masih terus berupaya melakukan penanganan darurat seperti pembersihan lingkungan di tiga desa yang berada di Kecamatan Ulu Ogan, yakni Desa Ulak Lebar, Gunung Tiga, dan Desa Klumpang.

Pembersihan di ketiga desa ini ditargetkan dapat selesai dalam waktu tujuh hari. Guna mendukung operasi tersebut, tim gabungan mengerahkan sejumlah unit mobil truk dan alat berat berupa ekskavator.

Sementara itu, aktivitas Posko Induk, Pos Kesehatan, dan pos pelayanan kependidikan dan kependudukan masih dilanjutkan guna membantu masyarakat ddalam pengurusan dokumen yang rusak akibat banjir.

Baca juga   Presidensi G20, Momentum Indonesia Jembatani Kesenjangan Digital Dunia

Selain itu, pemenuhan kebutuhan dasar para korban terdampak banjir juga masih dilakukan dengan mendistribusikan bantuan logistik baik berupa penyaluran sembako untuk dapur umum di seluruh desa terdampak maupun langsung kepada masyarakat untuk diolah secara mandiri.

Adapun kondisi mutakhir saat ini untuk wilayah OKU bagian hulu seperti kecamatan Lengkiti, Sosoh Buay, Rayap, Kota Baturaja, Lubuk Batang, Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya terpantau banjir telah surut dan menuju fase pemulihan.

Sedangkan untuk OKU wilayah hilir seperti sebagian wilayah Kedaton Peninjauan Raya pada Jumat 31 Mei 2024 telah surut.

Selain penanganan korban terdampak banjir, tim gabungan juga masih terus berupaya melakukan perbaikan sarana infrastruktur yang rusak, khususnya infrastruktur vital seperti jembatan dan akses jalan.

Salah satunya adalah jembatan penghubung di Desa Negeri Ratu yang terputus serta jalan Desa Pedataran yang terkena longsor sehingga menyebabkan akses ke Ulu Ogan dari Pedataran terputus.

Baca juga   4 Hektare Lahan Gambut Milik warga di Bengkalis Terbakar, Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Sebelumnya, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto melakukan kunjungan kerja ke wilayah terdampak banjir di Kabupaten OKU pada Selasa (28/5/2024).

Seusai meninjau, Kepala BNPB melanjutkan agenda yakni memimpin rapat koordinasi penanganan darurat banjir yang ada.

Ia juga berkesempatan untuk menyerahkan dukungan dana siap pakai kepada Pemerintah Daerah OKU senilai 250 juta rupiah, kemudian kepada Pemerintah Daerah OKU Selatan sebesar 250 juta rupiah, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim sebesar 200 juta rupiah.

BNPB juga menyerahkan bantuan logistik dan peralatan berupa makanan siap saji 300 paket, sembako 300 paket, hygiene kit 300 paket, family kit 300 paket, selimut 300 lembar, matras 300 lembar, kasur lipat 100 unit, velbed 50 unit, tenda keluarga 30 unit, tenda pengungsi 2 unit, perahu karet dan mesin 1 unit, genset 2 unit, light tower 2 unit, penjernih air portable 10 unit, pompa alkon 5 unit dan pompa apung 5 unit. (N1)

Share :

Baca Juga

Secara total, hingga 29 November 2021, total kasus varian Omicron yang terlaporkan telah mencapai 159 kasus dari 14 negara. (Foto: antaranews.com)

News

Waspada Varian Omicron, Masyarakat Diminta Tingkatkan Prokes
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden: Progres Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Capai 88,8 Persen
Petugas BNPB sedang mempersiapkan bantuan logistik yang akan dikirimkan menuju lokasi terdampak gempa M5,6 Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). Foto: Istimewa

News

Percepat Penanganan Bencana, BNPB Kirimkan Bantuan ke Cianjur
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Haerudin. Foto: Diskominfo Jateng

News

Jateng Terus Antisipasi Penyebaran Khilafatul Muslimin, Begini Kata Kepala Kesbangpol Haerudin
Presiden Jokowi saat meninjau aktivitas perdagangan dan mengecek harga komoditas di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta, pada Minggu (8/1/2023). Foto: BPMI Setpres

News

Sambangi Pedagang di Pasar Sentul, Presiden: Harga Kebutuhan Pokok di DIY Cenderung Stabil
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (tengah) meluncurkan program bansos Jaminan Sosial Lanjut Usia. (Foto: Ning Sih)

News

Luncurkan Bansos Lansia, Gubernur DIY: Ini Panggilan Jiwa dan Kewajiban Moral Pemerintah
Presiden Joko Widodo berharap, sosok Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe diyakini punya kemampuan menarik para investor. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Berharap Dua Pejabat Baru IKN Mampu Menarik Banyak Investor
Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta BMKG, Warjono. (Foto: MC Kab.Sleman)

News

Warga DIY Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem pada Periode Maret – Mei 2022