Home / Plus

Minggu, 6 Maret 2022 - 20:42 WIB

Peneliti BRIN Berhasil Identifikasi Cecak Jarilengkung Jenis Baru

Cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi. (Foto: BRIN)

Cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi. (Foto: BRIN)

NYATANYA.COM, Jakarta – Awal Februari 2022, Peneliti Zoologi dari Museum Zoologicum Bogoriense Pusat Penelitian Biologi Badan Riset Nasional dan Inovasi (BRIN), Awal Riyanto beserta tim berhasil mengidentifikasikan cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi.

Penemuan cecak bernama ilmiah Cyrtodactylus papeda tersebut berasal dari spesimen yang ditemukan pada tahun 2016 dan 2018 oleh Fata H. Faz dari Institut Pertanian Bogor.

“Secara genetik dan morfologi, cecak ini mirip dengan spesies Melanesia yaitu Cyrtodactylus papuensis. Bedanya terlihat pada ukuran tubuhnya yang lebih besar, baris sisik besar paha lebih dari satu baris, dan alur precloacal yang dalam pada jantan,” ungkap Awal, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (6/3/2022).

Awal menjelaskan penyematan nama ‘papeda’ merupakan bagian iktiar untuk mempromosikan atau mengenalkan keragaman kuliner nusantara ke dunia. Dalam hal ini papeda yang merupakan nama makanan tradisional dari Maluku dan Papua Barat yang terbuat dari sagu.

Baca juga   Kemendikbudristek Kembali Gelar Festival Kampus Merdeka

“Cecak ini dapat ditemukan pada vegetasi rawa bakau, pinus, dan hutan sekunder yang berasosiasi dengan semak belukar. Biasanya aktif dan ditemukan di malam hari antara 30 cm sampai 3 m di atas tanah dan sebagian besar pada batang pohon,” paparnya.

Analisis molecular mengindikasikan spesimen Cyrtodactylus dari Pulau Obi masuk dalam kelompok C. marmoratus grup. Populasi Cyrtodactylus dari Pulau Obi memiliki kekerabatan dekat dengan sample C. papuensis dari Pulau Buru, Raja Ampat dan Selatan Papua Nuigini.

Rata-rata ukuran panjang C. papeda mencapai 60,7 mm. Bagian dorsum cecak berwarna coklat muda. Memiliki pola dengan tujuh atau delapan tanda coklat gelap melintang sempit dan tidak beraturan antara ketiak dan selangkangan.

Baca juga   Dukung MotoGP Mandalika, BRIN Lakukan Operasi Modifikasi Cuaca

Warna garis coklat tua memanjang dari bagian postnasal melewati mata dan berlanjut ke lubang telinga bagian atas. Sisi punggung ekor bengkok, di bagian dasar memiliki pita gelap menyempit, melebar saat ekor mengecil.

“Baik dalam keadaan hidup dan diawetkan, cecak ini memiliki warna yang sama. Semua area berwarna coklat pucat dengan bagian dorsum bewarna abu-abu, krem, atau kuning kecoklatan, sedangkan supercilium dan canthus berwarna kuning keemasan,” tutup Awal.

Artikel temuan Papeda, Cecak Jarilengkung Jenis Baru dari Pulau Obi ini telah terbit dalam Jurnal Herpetologica, 78(1), 2022, 30–39 dan dapat diakses melalui https://s.id/PapedaCecakJarilengkung
dan videonya dapat ditonton di tautan https://youtu.be/d4kF8FPP1gk

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Gubernur Ganjar Pranowo usai membuka UVO 2022 di Grhadhika Bhakti Praja, Senin (18/4/2022). Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Gerakan “Nglarisi Parsel UKM” Ala Ganjar, Dilirik UKM Luar Jateng
Perajin blangkon Subranto kembali berproduksi, setelah setahun berhenti total. Ia berharap pandemi Covid-19 segera usai dan ekonomi keluarga kembali pulih. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Setahun Berhenti Total, Kini Subranto Kembali Bangkit Produksi Blangkon
Temu kangen KPK di Muntilan Magelang, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Humas/beritamagelang)

Plus

Tingkatkan Semangat Entrepreneur, KPK Gelar “Temu Kangen dan Sharing Asik”
Tips menembus seleksi IISMA yang membahas “How to Brand Yourself: menjadi kandidat yang susah ditolak”. Foto: Dok ISI Surakarta

Plus

Penerima Beasiswa IISMA 2022, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Bagikan Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri
Daun jarak tumbuh liar namun memiliki khasiat obat.

Plus

Daun Jarak Manjur Sembuhkan Sembelit
Aplikasi PeduliLindungi memperoleh predikat The Best Government Collaboration for Pandemic Solution dalam ajang penghargaan Indonesia Brand Forum (IBF) 2022. Foto: Kemenkes

Plus

Aplikasi PeduliLindungi Raih Penghargaan IBF 2022
Miniatur Candi Prambanan setinggi 2 meter berbahan jajanan tradisional menjadi ikon Rakernas PPJI di Convention Centre Yogyakarta. Foto: Agoes Jumianto

Plus

Gelar Rakernas di Jogja, PPJI Bersinergi untuk Percepatan Inovasi Jasaboga
Gebyar UMKM Forum Kemantren (Kecamatan) Inklusi di Halaman Balaikota Yogyakarta, Selasa (1/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Gebyar UMKM Inklusi Wujudkan Kemandirian Finansial Disabilitas