Home / Plus

Rabu, 1 Februari 2023 - 16:17 WIB

Penerima Beasiswa IISMA 2022, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Bagikan Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri

Tips menembus seleksi IISMA yang membahas “How to Brand Yourself: menjadi kandidat yang susah ditolak”. Foto: Dok ISI Surakarta

Tips menembus seleksi IISMA yang membahas “How to Brand Yourself: menjadi kandidat yang susah ditolak”. Foto: Dok ISI Surakarta

NYATANYA.COM, Surakarta – Berkaitan dengan dibukanya pendaftaran Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2023, Prodi DKV ISI Surakarta menyelenggarakan sosialisasi IISMA 2022 untuk seluruh mahasiswa ISI Surakarta sebagai salah satu sarana penunjang persiapan pendaftaran program IISMA.

Maka dari itu Himpunan Mahasiswa DKV ISI Surakarta melalui Sunset Design Talk (SDT) mengadakan sosialisasi IISMA 2023 yang dilaksanakan pada Minggu, 29 Januari 2023.

Acara digelar secara daring dengan menghadirkan pembicara alumni IISMA ISI Surakarta 2023 Nanda Aqshal Cendharana mahasiswa DKV angkatan 2019 yang merupakan IISMA Awardee to Vytautas Magnus University 2022 di Lithuania.

Dalam materinya ia menyampaikan tips menembus seleksi IISMA yang membahas “How to Brand Yourself : menjadi kandidat yang susah ditolak”.

Nanda menyampaikan terkait personal branding dalam konteks mencari beasiswa. Ia juga menyampaikan bahwa dalam personal branding ada dua garis, warna biru dan kuning.

Baca juga   PKK Pedan Hijaukan Tanah Kas Desa dengan Sayuran Organik

Pada garis warna biru tertera “How you perceive yourself” dan pada garis warna kuning tertera “How other sees you.”

Nanda menjelaskan bahwa personal branding adalah bagaimana persepsi orang terhadap diri kita, dan bagaimana kita melihat diri kita sendiri.

Bila diambil kesimpulan, personal branding adalah cara mempromosikan diri.

Dengan mengetahui personal branding maka kita memiliki beberapa manfaat, misalnya help you to stand out, networking, build credibility and confidence and showcase your skills ungkapnya dalam rilis yang dikirim.

Selama belajar di Vytautas Magnus University, Lithuania ini mengatakan bahwa tantangan belajar yang ia alami adalah perlu kemampuan berbahasa Inggris dengan baik sebagai alat komunikasi dengan mahasiswa berbagai negara.

Selain hal tersebut, pembelajaran tidak terbatas pada teks book, namun juga diskusi dengan teman-teman setelah kelas selesai, membicarakan materi perkuliahan dan isu-isu yang sedang berkembang.

Baca juga   Resmikan Hetero Space Solo, Ganjar Berharap Lahir Startup Unicorn Baru

Sehingga pembelajaran terasa lebih fleksibel karena tidak dibatasi pada ruang kelas.

Hal ini karena kampus menyediakan fasilitas bagi mahasiswa dengan materi dan rekaman pengajaran yang mudah diakses mahasiswa.

“Dalam mempersiapkan IISMA, jangan lupa untuk mencari mentor dari kakak tingkat atau alumni IISMA untuk mendapatkan kritik dan saran. Tak hanya itu, kamu bisa mengasah kemampuan wawancaramu dengan mereka. Banyaklah belajar dan perkayalah perspektif dari orang-orang di luar negeri,” pungkasnya.

Sementara itu, Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn selaku dosen pembimbing HIMA DKV menjelaskan bahwa lewat inisiasi kegiatan untuk memberi informasi sekaligus penyemangat bagi mahasiswa lainnya sehingga untuk program IISMA Tahun 2023 semakin banyak yang ikut dan lolos seleksi. (N1)

Share :

Baca Juga

Mobil Garuda UG-22 Tim Garuda UNY pecahkan rekor konsumsi bahan bakar di Asia yang sebelumnya 500km/liter menjadi 544km/liter. Foto: Dok.UNY

Plus

Pecahkan Rekor ASIA, Tim Garuda UNY Sabet Juara Shell Eco Marathon Asia 2022
Mulyana, di luar aktivitasnya sebagai guru SD, suskes menjalankan usaha beternak bebek petelur. (Foto: zainuri arifin)

Plus

Mantab! Guru SD Ini Raup Rp14 Juta/ Bulan dari Beternak Bebek
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta Studi Visit, Industri Kreatif. (Foto: Istimewa)

Plus

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta Implementasikan MBKM dengan Kunjungan Industri
Ita Syarifah saat menunjukkan Kain Ecoprint Corak Alam miliknya. (Foto: Humas/beritamagelang)

Plus

Ecoprint Corak Alam Digemari Pecinta Fashion
(Foto:MC.Prov Jatim)

Plus

Ini Kisah Anak Muda Pengusaha Batik Asal Jatim Langganan Pejabat
Noken buatan mama-mama Kamoro cukup diminati konsumen. Menurut Emeliana hasil rajutanya lumayan laku selama PON Papua, khususnya di Klaster Mimika. (Foto: Ryiadhy InfoPublik).

Plus

Noken Buatan Mama-mama Kamoro Laris Manis di PON XX Papua
Audiensi PWI DIY dengan Pemkot Yogyakarta di Kantor Pj Wali Kota Jogja, Kamis (11/1/2024). Foto: Dok.PWI DIY

Plus

PWI DIY Audiensi dengan Pemkot Yogyakarta Terkait Peringatan HPN 2024
Suasana pelatihan pemanfaatan medsos dan media massa untuk strategi promosi sekolah. (Foto:Istimewa)

Plus

Gunakan Medsos Secara Bijak, Strategi Kenalkan dan Promosi Sekolah