Home / News

Senin, 20 Juni 2022 - 21:47 WIB

Pengelolaan Jemaah Haji Indonesia Dinilai yang Terbaik

Dr. Naif Alaboud. Foto: Humas Kemenag

Dr. Naif Alaboud. Foto: Humas Kemenag

NYATANYA.COM, Makkah – Indonesia dinilai mempunyai manajemen jemaah haji yang lebih baik, jelas, dan profesional, jika dibandingkan dengan negara lain.

“Jemaah diperhatikan dan diurus dengan baik dalam hal pemondokan, transportasi, dan konsumsi. Pemerintah Indonesia memeriksa semuanya dan rapi,” kata pengajar konstruksi manajemen di Universitas Ummul Quro, Madinah, Dr. Naif Alaboud di Makkah, sebagimana dilansir situs Kemenag, Senin (20/6/2022).

Naif Alaboud, adalah seorang insinyur dan putera dari pemilik Hotel Sulton di kawasan Shisa, Makkah. Hotel ini menjadi salah satu pemondokan jemaah haji Indonesia di Makkah.

“Saya selama 15 tahun aktif melayani haji dari berbagai negara. Selama 10-12 tahun terakhir bekerja sama melayani jemaah haji Indonesia,” katanya.

Baca juga   Pemerintah Belum Tetapkan Tarif Vaksinasi Mandiri Booster Covid-19

Naif mengakui, pemerintah Indonesia memiliki proses yang jelas, tim profesional, dan semua seksi (transportasi, pemondokan, kesehatan, konsumsi, dan lainnya) ditangani secara profesional.

“Mereka mengecek dan mengecek kembali persiapan sebelum jemaah tiba di Makkah,” jelas Naif.

Ia pun mengapresiasi perilaku jemaah Indonesia, menurutnya jemaah haji Indonesia itu istimewa.

“Sesuai pengalaman menjamu jemaah dari berbagai negara, keistimewaan jemaah Indonesia adalah jemaah yang baik baik, fokus, terdidik, suka membantu. Jemaah dari negara lain memiliki budaya dan perilaku berbeda-beda. Jemaah Indonesia terbuka, baik, tahu tanggung jawabnya. Sebagian jemaah mungkin berasal dari pelosok, tapi mereka baik, sabar, suka menolong, baik orang itu berpendidikan tinggi atau tidak, dan murah senyum,” sambungnya.

Baca juga   Cegah Terpapar Covid-19, Ini Imbauan Kemenag ke Jemaah Haji

Selama dua tahun tidak ada jemaah, khususnya dari Indonesia karena pandemi Covid-19, bagi Naif adalah masa yang menyedihkan.

“Ini kenangan yang sedih. Melayani jemaah haji sebagai tamu Allah adalah sesuatu yang diberi pahala Allah. Kami membantu jemaah dengan apa pun yang dapat kami lakukan. Kami semua berharap tidak akan menghadapi masa suram seperti itu lagi,” harapnya.

(Wnd/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Para transmigran nantinya akan mendapat berbagai kemudahan, diantaranya penyediaan lahan, tempat tinggal, stimulan sembako, sampai usaha pertanian. (Foto: Dok. Diskominfo Jateng)

News

Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Jateng Kembali Berangkatkan 10 KK Transmigran
Rumah warga yang rusak akibat gempa berkekuatan M6,1 di Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022). (Foto: BNPB/Istimewa)

News

Enam Ribu Warga Masih Mengungsi, Kepala BNPB Pastikan Penanganan Korban Gempa Sumbar
Bupati Temanggung Al Khadziq di depan wartawan. Bupati melarang penjualan minyak goreng dengan cara bundling, sebab merugikan konsumen. (Foto: MC.TMG)

News

Bupati Temanggung Larang Penjualan Minyak Goreng dengan Cara Bundling
Polres Sukoharjo Canangkan Desa Plumbon Sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba. (Foto:istimewa)

News

Polres Sukoharjo Canangkan Plumbon Sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba
Acara National Day di Expo 2020 Dubai akan dihadiri Presiden Joko Widodo untuk memberi sambutan dan menyaksikan langsung pertunjukan seni budaya yang ditampilkan. (Foto: Biro Humas Kemendag)

News

Indonesia Akan Tampilkan Pagelaran Seni dan Budaya Termegah di National Day Expo 2020 Dubai
Ganjar Pranowo bersama masyarakat melakukan penanaman 1.000 pohon di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Senin (25/7/2022) sore. Foto: Humas Jateng

News

Tanam 1.000 Pohon di Lahan Kritis, Ganjar Apresiasi Inisiatif Warga Olah Hasil Tanaman
Menag Yaqut saat bertemu dengan para Uskup Indonesia di Kota Ambon, Maluku, Sabtu (23/4/2022). Foto: Biro Humas Kemenag

News

Menag Ajak Umat Katolik Terus Menjaga Kedamaian Bangsa
Pedagang kecil di Pasar Rakyat Watu Ombo Desa/Kalurahan Salamrejo, Kabupaten Kulon Progo, terkena dampak penyesuaian harga BBM bersubsidi. Foto: ANTARA/Sutarmi

News

Mensos: Rp12,4 Triliun Dana BLT BBM Mulai Disalurkan