Home / Militer

Senin, 28 November 2022 - 15:48 WIB

Pengembalian Situs Makam Leluhur Marga Soa Tualeka, Pasukan Ajusta Laksanakan Pengamanan di Pulau Haruku

Foto: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad  

Foto: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad  

NYATANYA.COM, Maluku Tengah – Sebagai pengganti batu keramat yang telah hilang (Asari Mahua), yang merupakan salah satu pemicu terjadinya konflik antar Negeri Pelauw, Kariu beberapa waktu yang lalu, warga dari marga Soa Tualeka melakukan penggantian situs batu tersebut menjelang akan dilaksanakannya tradisi Cakalele Desember mendatang.

Hal ini sebagai upaya dari para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Negeri Pelauw untuk terus menjaga budaya dan adat istiadat yang sudah lama diwariskan secara turun temurun.

Dalam rilis tertulisnya pada hari Jumat (25/11/2022) Danpos Ramil Pelauw Letda Arm Eko menyampaikan bahwa Situs Makam Keramat Marga Soa Tualeka tersebut merupakan salah satu peninggalan sejarah dari para leluhur yang ada di Pulau Haruku, tepatnya di Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Baca juga   Tim Wasev Kodam IV/Diponegoro Tinjau TMMD Reg Kodim Sleman

“Pasca pertemuan rekonsiliasi yang digelar di kantor Pemerintah Provinsi Maluku beberapa waktu lalu, yang mana salah satu tuntutannya menyebutkan bahwa situs batu keramat yang dianggap telah dihilangkan oleh sekelompok oknum tersebut harus segera diganti/dikembalikan, maka kami personel Satgas segera berkoordinasi dengan satuan teritorial setempat untuk mengantisipasi terjadinya gejolak maupun hal-hal yang tidak diinginkan selama prosesi tersebut berlangsung,” ujar Danpos. 

Baca juga   Sulap Gudang Jadi Mushola, Prajurit Ajusta Ajarkan Mengaji di Daerah Penugasan

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Zamril Philiang beserta Staf yang sedang melaksanakan kegiatan di Pulau Haruku, sekaligus melakukan peninjauan terhadap pengangkatan batu keramat dari warga Pelauw tersebut. 

“Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, berkat dukungan personel dari Pos Ramil Kariu serta aparat kewilayahan setempat, semoga kedepan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan yang dapat mengakibatkan perpecahan di kedua Negeri ini,” pungkas Danpos.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Satgas Yonarmed 1 Kostrad Bantu Perbaiki Rumah Dinas Pendeta Sahulau
Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Anjangsana dan Komsos di Desa Balingga
Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P, M.I.Pol bersama Ketua Persit KCK Cabang XLVII Kodim 0726/Sukoharjo Ibu Putu Agus Adhy Darmawan menyapa anak yatim piatu. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Kodim 0726/Sukoharjo Salurkan Bantuan Kasad untuk Anak Yatim Piatu Covid-19
Personel SB Babel yang tergabung dalam Tim Penegakan Ketertiban Pertambangan Ilegal menertibkan masyarakat yang melaksanakan penambangan timah secara ilegal di perairan Belinyu, Bangka. Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Personel SB Babel Bakamla RI Tertibkan Penambang Timah Ilegal
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto menerima audiensi Drs Darsam selaku Ketua 1 Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kotabaru Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta dan rombongan. (Foto: Penrem 072/PMK)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Terima Audiensi Ketua LPMK Kotabaru
Gelar Komsos bersama keluarga besar TNI untuk mempererat silahturahmi antara Korem 072/Pmk dengan KBT. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos Bersama Keluarga Besar TNI
Foto: Penrem072/Pmk

Militer

Danrem 072/Pamungkas Tinjau Pembangunan RTLH Program Babinsa Masuk Dapur
Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasal, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono, menerima Kepala Pejabat Kerjasama Pertahanan Kedutaan Amerika Serikat atau Chief Officer of Defence Cooperation (ODC) US Embassy Colonel Ian Francis di ruang rapat Hublukersin Sintelal, Mabesal. (Foto: Dispenal)

Militer

TNI AL dan Amerika Lanjutkan Program Bantuan Militer