Home / Peristiwa

Sabtu, 10 Juli 2021 - 12:23 WIB

Pengembangan SDM dan Sektor Strategis Jadi Sasaran Pembangunan DIY 2022

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Paripurna. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Paripurna. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pengembangan SDM Unggul dan Sektor Strategis untuk Pemulihan Sosial Ekonomi di DIY pada tahun 2022, menjadi tema pembangunan 2022. Hal ini disampaikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam Rapat Paripurna pada Kamis (8/7/2021) mengenai Penghantaran Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD DIY Tahun Anggaran 2022.

“Tema tersebut menekankan bahwa perlunya pengembangan sumber daya manusia sebagai subjek dari pembangunan,” jelas Sri Sultan.

SDM di DIY diharapkan bersifat unggul, sehat, terdidik, berkebudayaan serta baik secara ekonomi. Dalam hal pembangunan sektor-sektor strategis, Sri Sultan menekankan pentingnya pembangunan pada sektor jasa, pertanian, pariwisata, dan industri kecil. Selain itu, menjaga kualitas infrastruktur dasar yang telah ada juga diutamakan agar dapat terus berfungsi dengan baik.

Baca juga   Terlibat Peredaran Narkoba, Mantan Sipir Lapas Bengkalis Jalani Sidang, Ini BB yang Disita

Penekanan pada pengembangan SDM dan pembangunan di sektor strategis tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan sosial ekonomi masyarakat. Dengan mengutamakan kedua sektor tersebut, masyarakat akan dapat segera bangkit dari tekanan dampak yang ditimbulkan karena adanya pandemi covid-19.

Dalam rapur tersebut, Sri Sultan juga menyampaikan bahwa pendapatan daerah dapat diarahkan pada upaya untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa langkah yang dapat dilaksanakan yaitu pembentukan manajemen profesional di bidang SDM, kemudahan pengoperasionalan alat bantu canggih, penyederhanaan prosedur, dan peningkatan investasi dengan membangun iklim usaha yang kondusif.

Baca juga   Nyawa Terancam Karena Dukung Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas Wadul Gubernur Ganjar

Untuk mendukung target capaian pembangunan nasional tahun 2022, belanja daerah diarahkan untuk mengedepankan program atau kegiatan prioritas yang mendukung pada pendekatan tematik pembangunan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi ketimpangan wilayah, mengatasi kemiskinan, dan ketimpangan pendapatan. Sesuai dengan tema pembangunan yang diusung, belanja daerah juga diarahkan untuk tindak lanjut atau antisipasi pembangunan kesehatan dan sosial masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19. (*)

Share :

Baca Juga

KN Singa Laut-402 Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamal RI) mengusir kapal Marshall Islands yang melakukan anomali di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II di perairan Kalimantan Bagian Utara, Kamis (30/6/2022). Foto: Humas Bakamla

Peristiwa

Bakamla RI Usir Kapal Marshall Islands dari Alur Laut Kepulauan Indonesia
Pentas seni jadi sarana sosialisasi migrasi siaran TV analog ke TV digital. (Foto:MC Kab Blora/Teguh)

Peristiwa

Sosialisasi Migrasi Siaran TV Analog ke Digital Melalui Pentas Seni
Pelapor (korban) Basilius Agung Daru Wibowo kembali mendatangi Polres Sleman untuk menanyakkan perkembangan atas laporan kasusnya. (Foto: Dokumen Basilius Agung Daru Wibowo)

Peristiwa

Datangi Polres Sleman, Basilius Harap Kasat Reskrim Tetapkan Status Terlapor
Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi menutup gelaran "Sekati YK Ing Mall", Minggu (17/10/2021) di Lippo Plaza. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wawali Heroe Poerwadi Resmi Tutup Gelaran “Sekati YK Ing Mall”
Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Provinsi Jawa Tengah, di Magelang, Kamis (27/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ada Tanah Wakaf Terdampak Tol Yogyakarta-Bawen, Ini Rencana Pemindahannya
Banjir di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh, Jumat (12/11/2021) pukul 16.00 WIB merendam 552 unit rumah warga dan menggenangi 210 hektar sawah. (Foto: BPBD Kabupaten Aceh Utara)

Peristiwa

Banjir Landa Aceh Utara, 552 Rumah Warga Terendam
Pengelolaan sampah infeksius ini sudah ada SOP-nya. (Foto: nyatanya.com/kominfo Wonogiri)

Peristiwa

Sampah Infeksius Pasien Isoman Harus Dikelola dengan Benar
Pengurus dan anggota PDIP Kota Yogyakarta bagikan daging kurban. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Idul Kurban, DPC PDIP Kota Yogyakarta Bagikan Daging Sapi dan Kambing