Home / Peristiwa

Sabtu, 10 Juli 2021 - 12:23 WIB

Pengembangan SDM dan Sektor Strategis Jadi Sasaran Pembangunan DIY 2022

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Paripurna. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Paripurna. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pengembangan SDM Unggul dan Sektor Strategis untuk Pemulihan Sosial Ekonomi di DIY pada tahun 2022, menjadi tema pembangunan 2022. Hal ini disampaikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam Rapat Paripurna pada Kamis (8/7/2021) mengenai Penghantaran Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD DIY Tahun Anggaran 2022.

“Tema tersebut menekankan bahwa perlunya pengembangan sumber daya manusia sebagai subjek dari pembangunan,” jelas Sri Sultan.

SDM di DIY diharapkan bersifat unggul, sehat, terdidik, berkebudayaan serta baik secara ekonomi. Dalam hal pembangunan sektor-sektor strategis, Sri Sultan menekankan pentingnya pembangunan pada sektor jasa, pertanian, pariwisata, dan industri kecil. Selain itu, menjaga kualitas infrastruktur dasar yang telah ada juga diutamakan agar dapat terus berfungsi dengan baik.

Baca juga   Petani Milenial Kalisalak Budi Daya Padi Lokal Organik Sri Mulyo

Penekanan pada pengembangan SDM dan pembangunan di sektor strategis tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan sosial ekonomi masyarakat. Dengan mengutamakan kedua sektor tersebut, masyarakat akan dapat segera bangkit dari tekanan dampak yang ditimbulkan karena adanya pandemi covid-19.

Dalam rapur tersebut, Sri Sultan juga menyampaikan bahwa pendapatan daerah dapat diarahkan pada upaya untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa langkah yang dapat dilaksanakan yaitu pembentukan manajemen profesional di bidang SDM, kemudahan pengoperasionalan alat bantu canggih, penyederhanaan prosedur, dan peningkatan investasi dengan membangun iklim usaha yang kondusif.

Baca juga   Efek Ganda Dibukanya Kembali Rute Penerbangan Sydney-Bali

Untuk mendukung target capaian pembangunan nasional tahun 2022, belanja daerah diarahkan untuk mengedepankan program atau kegiatan prioritas yang mendukung pada pendekatan tematik pembangunan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi ketimpangan wilayah, mengatasi kemiskinan, dan ketimpangan pendapatan. Sesuai dengan tema pembangunan yang diusung, belanja daerah juga diarahkan untuk tindak lanjut atau antisipasi pembangunan kesehatan dan sosial masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19. (*)

Share :

Baca Juga

Gubernur Ganjar seusai membuka Expo KTNA, di Pasar Bunga Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (24/8/2022). Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Dukung Kreativitas KTNA, Ganjar Dorong Pameran Produk Berkelanjutan
Pelaku pertembakauan Temanggung terima vaksin. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jelang Panen, 1.114 Petani dan Pedagang Tembakau Sudah Divaksin
RSD (42) asal Indramayu Jawa Barat diamankan Polsek Mlati lantaran mencuri handphone (HP) dan laptop milik warga Jongke, Sendangadi, Mlati, Sleman. Foto: Polres Sleman

Peristiwa

Berlagak Minta Sumbangan, Pencuri HP dan Laptop Asal Indramayu Dicokok Polisi Sleman
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam sebuah kesempatan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Semarang)

Peristiwa

Hendrar Prihadi: Jangan Timbulkan Kerumunan pada Penyembelihan Hewan Kurban
Polda Metro Jaya gelar jumpa pers kasus pencurian brankas milik selebgram dara Arafah. Foto: Humas Polda Metro Jaya/Tribratanews

Peristiwa

Begini Kronologi Pencurian di Rumah Selebgram Dara Arafah yang Dilakukan Mantan ART dan Pacarnya
(Ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD. (Foto: InfoPublik.id)

Peristiwa

Dugaan Pelanggaran HAM di Paniai Papua Segera Diproses Sesuai Undang-undang
Vaksinasi massal Covid-19 dosis 1 di kantor DPD LDII Tirtosari, Sawangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sawangan