Home / Gayahidup

Senin, 4 Juli 2022 - 20:37 WIB

Pengguna Aplikasi MyPertamina Meroket, Waspadai Aplikasi Palsu

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Aplikasi MyPertamina mengalami peningkatan unduhan setelah pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, solar dan pertalite diwajibkan memiliki aplikasi tersebut.

Namun, disinyalir pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi dengan membuat aplikasi MyPertamina palsu.

​”Aplikasi MyPertamina yang resmi hanya bisa kamu download dan install dari Google Play Store dan App Store. Selain dari itu dapat dipastikan kalau itu aplikasi tidak resmi ya,” kata Pertamina mengutip deskripsi unggahannya di akun instagram @mypertamina, Senin (4/7/2022).

Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan tautan atau link ke website tertentu dengan iming-iming aplikasi MyPertamina maka kamu bisa mencurigai, dan tidak menggunakan link tersebut karena besar kemungkinan itu adalah aplikasi palsu.

Baca juga   Pertamina Jamin Pasokan Energi Selama Nataru

Dengan demikian kamu terhindar dari aplikasi abal-abal yang berpotensi mengarah pada pencurian data.

Adapun untuk MyPertamina bisa dimiliki semua orang yang menggunakan ponsel pintar, baik itu yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS.

Tentunya setelah terunduh, anda bisa melakukan pendaftaran untuk nantinya bisa terhubung dengan berbagai fitur-fitur menarik yang ada.

Mulai dari pembayaran digital, peta fasilitas SPBU terdekat, bahkan sistem poin yang bisa dikumpulkan saat pembelian dan dapat ditukar dengan berbagai produk menarik.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, aplikasi MyPertamina itu berfungsi untuk mendata masyarakat agar penyaluran BBM bersubsidi ke depan bisa lebih tepat sasaran.

Baca juga   Menurut Pertamina, 80 Persen BBM Bersubsidi Dinikmati Orang Kaya

“Kami menyiapkan platform digital MyPertamina untuk membantu pencatatan orang-orang yang membeli BBM subsidi. Jadi ke depan, pencatatan data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan subsidi energi bersama pemerintah,” kata Irto.

Penggunaan platform itu, kata Irto, juga merupakan upaya pencegahan potensi terjadinya penyelewengan atau kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi di lapangan.

Irto mengungkapkan, BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar saat ini masih dikonsumsi oleh masyarakat golongan menengah ke atas, dengan komposisi hampir 60 persen terkaya menikmati hampir dari 80 persen dari total konsumsi BBM subsidi.

Sedangkan masyarakat miskin dan rentan atau 40 persen terbawah, hanya menikmati sekitar 20 persen dari BBM bersubsidi tersebut.

(EB/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Donnie Brahmandhika, AMD Indonesia Retail and Product Enablement Manager, saat menerangkan keunggulan AMD Ryzen™ 6000. Foto: Ist

Gayahidup

Teknologi AMD Ryzen™ 6000 Makin Mudahkan Musisi Menggarap Aransemen Lagu

Gayahidup

Cancer, Memperkaya Hati Akan Membawa Kebertuntungan

Gayahidup

Jogja Republik Onthel 3, Ajang Kumpul Para Pencinta Sepeda Indonesia
Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 resmi dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis (11/8/2022). Foto: Ist

Gayahidup

GIIAS 2022 Resmi Dibuka, Lebih dari 30 Kendaraan Model Baru Diluncurkan
Foto: Ist/Genbest

Gayahidup

Penting untuk Bumil! Kenali yuk, Penyebab Janin Tidak Berkembang
Foto: wuling.id

Gayahidup

Wuling New Cortez ‘Innovating Comfort Zone’, Ini Keunggulan dan Harganya
Honda ADV150. Foto: astramotor.co.id

Gayahidup

Mohon Bersabar, Beli Honda ADV150 di Yogya Inden Sampai 2 Bulan Lur
Rembang Fashion Parade 2021, jadi ajang melaunching brand “Batik Lasemku”. (Foto: Diskominfo Jateng)

Gayahidup

Dari Rembang Fashion Parade 2021, Batik Lasemku Kian Mendunia