Home / Peristiwa

Rabu, 28 Juli 2021 - 23:42 WIB

Pengin Cepat Sembuh, Dwi Astuti Akui Nyaman di Isolasi Terpusat

Menjalani isolasi terpusat, lebih terkontrol pasien daripada isoman di rumah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Menjalani isolasi terpusat, lebih terkontrol pasien daripada isoman di rumah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Setelah hasil pemeriksaan Covid-19 dinyatakan positif, Dwi Astuti harus menjalani isolasi. Perempuan 50 tahun, warga Ngalian, Kota Semarang itu, harus meninggalkan keluarganya, dan tinggal di lokasi isolasi terpusat, kompleks gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, di Srondol, Kota Semarang.

“Saya memutuskan untuk memisahkan diri dari rumah, dan isolasi terpusat di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah di Srondol. Itu atas rekomendasi dari RS Tugurejo (Semarang), pada tanggal 5 Juli setelah terkonfirmasi,” tutur Dwi pada Selasa (27/7/2021).

Sejak hari itu, Dwi harus beristirahat di tempat isolasi terpusat. Saat dia datang, petugas mulanya memeriksa kesehatannya, kemudian menempatkan di kamar yang nyaman. Meski jauh dari keluarga, Dwi menjalani kegiatan penyembuhan dengan baik, mulai dari pemantauan kesehatan rutin setiap pagi, fasilitas makan tiga kali dengan gizi cukup, olahraga, berjemur, dan lainnya.

“Selama masa karantina, saya merasa nyaman dengan kondisi yang tenang. Ada pengawasan rutin. Bila ada masalah kesehatan, tim kesehatan di sana akan memberikan obat, memeriksa kami juga,” katanya.

Baca juga   Gubernur Khofifah Berharap Forum Rektor Indonesia Rumuskan Rekomendasi Strategis Hadapi Ancaman Krisis Dunia

Untuk tinggal di tempat isolasi, Dwi tidak dipungut biaya sepeser pun. Kendati demikian, pelayanan petugas di BPSDMD tetap maksimal. Dia bersama para pasien lain, tetap merasa nyaman. Bahkan, petugas tak henti-hentinya memberikan semangat kepada pasien agar secepatnya bisa melewati masa-masa penyembuhan.

“Tempat isolasi terpusat, bagi saya pribadi sangat membantu dalam proses penyembuhan saya,” imbuhnya.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tugurejo Semarang, dr Prihatin Iman Nugroho mengatakan ada kelebihan tempat isolasi terpusat dibanding isolasi mandiri. Di antaranya, isolasi dilakukan sesuai dengan regulasi kesehatan yang berlaku. Ada petugas kesehatan yang melakukan kontrol atau pengawasan pasien, serta aturan dijalankan secara tertib dan disiplin.

“Kelebihan dari isolasi terpusat adalah potensi-potensi untuk penularan ke lingkungan yang lain akan lebih minimal, akan lebih kecil. Sehingga kita betul-betul bisa mengisolasi, dan betul-betul bisa mencegah terjadinya penularan ke orang-orang di sekitar pasien yang terinfeksi Covid,” terangnya.

Baca juga   Momentum 1 Juni 2021

Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Mohammad Arief Irwanto menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan lokasi untuk tempat isolasi terpusat. Di ataranya di asrama Sumbing, Muria, dan Sindoro. Para pasien selama menjalani isolasi akan mendapatkan cek kesehatan, makan rutin tiga kali sehari, fasilitas tempat olahraga, dan lainnya.

“Kita punya 22 gedung. Untuk isolasi terpusat ada sekitar sembilan gedung yang kita pakai, untuk kapasitas 196 orang di Sumbing dan Muria,” kata Arief.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya tempat isolasi terpusat bagi warga yang terpapar Covid-19, seperti di BPSDMD Jateng.

“Ini tempatnya bagus, satu area, jadi kita optimalkan semuanya,” kata Ganjar saat memantau tempat isolasi BPSDMD Jateng, beberapa waktu lalu.

Untuk menekan klaster keluarga, dia berharap masyarakat mau memanfaatkan isolasi terpusat. Apalagi, jika kondisi rumah tidak memungkinkan untuk menjadi tempat isolasi mandiri. (*)

Share :

Baca Juga

Rangkaian prosesi launching program Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa (Serasa Masa) di UMY. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Program ‘Serasa Masa’ Miliki Makna Mendalam
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat memberikan ruang seluas-luasnya kepada seluruh srikandi di Wonosobo untuk memulai Gerakan Mendukung Desa Ramah Perempuan Peduli Anak, yang dicanangkan bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu ke-93, pada Rabu (22/12/2021). (Foto:Doni R/Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Peristiwa

Bupati Wonosobo Dukung Desa Ramah Perempuan Peduli Anak
PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) Logistik pada Rabu, 1 Desember 2021 meresmikan pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar - Singapura. (Foto: Angkasa Pura I)

Peristiwa

AP Logistik Buka Penerbangan Kargo Makasar – Singapura
Pengendara motor mendorong kendaraanya lantaran mogok. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Diguyur Hujan Deras, Surabaya Selatan Dikepung Banjir
Jumpa pers pengemudi ojol food yang mengarang cerita bohong dianiaya klitih. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Pengendara Ojek Food yang Apus-apus Jadi Korban Klitih Belum Ditetapkan Tersangka
Para tersangka saat dihadirkan dalam konferensi pers. Foto: Humas Polda Lampung/Tribratanews

Peristiwa

Palsukan Data Hingga Terbitnya 6 Surat Hak Milik Palsu Atas Obyek Tanah Seluas 10 Hektar, Polda Lampung Amankan 5 Pelaku
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, saat memimpin upacara Hari Bela Negara (HBN) ke-73 Tahun 2021 di Pelataran Monumen Tugu Api Dr. (H.C.) Ir. Soekarno di Kemhan, Jakarta, Minggu (19/12/2021).(Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

Peristiwa

Presiden Ajak Seluruh Komponen Bangsa untuk Bela Negara
Mantri Kemantren Tegalrejo Antariksa Agus Purnama mengukuhkan 13 relawan Garda Wiratama. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Garda Wiratama, Panggilan Hati Bantu Tangani Pandemi