Home / Peristiwa

Senin, 21 Juni 2021 - 18:04 WIB

Pengurus Pastoral Gereja Katolik Kota Yogya Ikuti Vaksinasi

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di GL Zoo. (Nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di GL Zoo. (Nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta terus melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kenaikan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta, termasuk menggenjot pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat. Program vaksinasi pun terus di gencarkan oleh Pemkot Yogyakarta, kali ini yang menjadi sasaran adalah pengurus pastoral Gereja Katolik yang ada di Kota Yogyakarta dengan total 1215 peserta.

“Pemkot melalui Satgas penananganan Covid-19 tidak henti-hentinya mempromosikan vaksin sehingga masyarakat siap untuk divaksin, khususnya bagi mereka yang masuk di usia pra-lansia dan lansia,” kata haryadi saat meninjau vaksinasi di Gembiraloka Zoo, Jumat, (18/6/2021).

Selain itu sosiali protokol kesehatan juga gencar dilakukan. Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi menjadi hal yang harus dijalani masyarakat.

Baca juga   Pulihkan Ekonomi, Pemkot Yogya Fasilitasi Pameran Bersama Produk IKM

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan salah satu cara sosialisasi prokes tersebut dengan menggunakan kendaraan roda 4 yang sudah disediakan dan berputar di arah kota untuk mengingatkan warga mengimplementasikan protokol kesehatan.

Walikota Yogyakarta juga mengapresiasi GL Zoo karena telah menyediakan tempat. Pihaknya berpesan agar metode kerja sama vaksinasi antar instansi atau institusi baik itu pemerintah maupun BUMN, atau swasta seperti GL Zoo juga dapat diterapkan di tempat lain.

“Ini adalah contoh kerja sama yang baik. Jadi kalau ada yang berinisiatif seperti ini, mau menyediakan tempat, silahkan bilang ke Pemkot Yogyakarta. Kita siap datang bawa vaksin dan petugas, syukur-syukur kalau vaksinatornya juga disediakan,” katanya.

Hingga saat ini sudah ada 32 fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta yang melayani vaksinasi Covid-19 seperti puskesmas, rumah sakit dan klinik. Walikota menegaskan Pemkot Yogyakarta terus menambah fasilitas layanan kesehatan untuk melayani vaksinasi Covid-19.

Baca juga   Cerita Karimunjawa Setelah Listrik Menyala 24 Jam

Tak sampai disitu Pemkot Yogya juga akan merencanakan pembentukan sentra vaksin di berbagai lokasi. Upaya itu guna mendukung percepatan vaksinasi yang menyasar masyarakat umum.

Pihaknya menyebut sentra vaksin salah satunya akan didirikan di kompleks Balaikota Yogya. “Beberapa lokasi juga kita siapkan seperti di Lippo Mal serta lokasi lain. Kalau nanti segala sesuatunya sudah siap akan langsung kita sosialisasikan,” sebutnya.

Keberadaan sentra vaksin ialah untuk memudahkan sekaligus mempercepat teknis vaksinasi bagi masyarakat. Sehingga warga tidak perlu bingung dalam menghadapi pendataan pra vaksin. (*)

Share :

Baca Juga

Wulan Purnama Sari dari PT Ndayu Alam Asri menyerahkan bantuan beras kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sragen, Yuniarti. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

PT Ndayu Alam Asri Serahkan Bantuan Beras untuk Masyarakat Sragen Terdampak Pandemi
Sertijab Panewu Camat dan Pelantikan ketua TP PKK Kapanewon di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Sertijab Panewu dan Pelantikan Ketua TP PKK Kapanewon di Kabupaten Bantul
Luhut Binsar Pandjaitan, bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin saat kunjungan di Surakarta. (Foto: Diskominfo Surakarta)

Peristiwa

Blusukan ke Solo, Menteri Luhut Cek Vaksinasi di Lapangan
Vaksinasi bagi pekerja sektor transportasi dan juru parkir dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Harhubnas, Ratusan Juru Parkir Divaksinasi Covid-19
Polres Magelang terus melaksanakan Vaksinasi Merdeka Candi di beberapa lokasi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gencar Lakukan ‘Vaksinasi Merdeka Candi’
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gencarkan Pengawasan Protokol Kesehatan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menerima bantuan 1.000 paket bantuan telur dan ayam dari dari Japfa PT Ciomas Adisatwa. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 1.000 Paket Telur dan Ayam
Joso Wiyono terharu dikunjungi Wakil Bupati dan memberinya bantuan kursi roda. (Foto:Diskominfo Karanganyar)

Peristiwa

Dapat bantuan Kursi Roda, Joso ‘Mbrebes Mili’ Ucapkan Terima Kasih