Home / Peristiwa

Senin, 19 September 2022 - 14:02 WIB

Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman Periode 2022-2025 Dilantik

Danang Maharsa menyampaikan sambutan dan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. Foto: Ist

Danang Maharsa menyampaikan sambutan dan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman Periode 2022-2025 resmi dilantik.

Kegiatan dilaksanakan di komplek Sekolah Eksperimental Mangunan, Cupuwatu II, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Minggu (18/9/2022).

Hadir dalam acara ini, MY Esty Wijayati (Komisi VIII DPR RI), Bambang Sulaksana, Y. Gustan Ganda (DPRD Kabupaten Sleman), Danang Maharsa (Wakil Bupati Kabupaten Sleman), Romo CB. Mulyatno, Pr (Moderator Pemuda Katolik), dan CB. Ismulyadi (Penyelenggara Katolik Kankemenag Kabupaten Sleman), dan Dewan Penasihat Pemuda Katolik Sleman.

”Acara pokok kegiatan ini adalah pelantikan Pengurus Periode 2022-2025. Dengan tema Bersinergi dan Berkolaborasi untuk Bangkit Lebih Kuat, kita berharap, kader Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman yang moderat bagi gereja dan tanah air,” ujar Omegared Yohanis Nababan, Ketua Panitia.

MY. Esty Wijayati (Komisi VIII DPR RI), Wibowo Suliantoro (ISKA DIY) menyampaikan materi Seminar Kebangsaan. Foto: Ist

Prosesi pelantikan diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Pengurus Komda DIY, Prosesi Pelantikan: Penyerahan Pataka dan Pengucapan Janji, Berkat Perutusan, dan Penandatangan Berita Acara.

Adapu pengurus baru Pemuda Katolik Komisariat Sleman terdiri dari: Petrus Eko Nugroho (Ketua), Maria Erika Febriyanti (Sekretaris I), Christiana Salma Primarati (Sekretaris II), Omegared Yohanis Nababan (Bendahara).

YB. Arya Primantana (Bidang Organisasi, Kaderisasi, Keanggotaan), Gregorius Arief dan Andreas Sukmo Setyo Wibowo (Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif), Stephanus Tri Hartanto dan Damianus Eko Febri Ambodo (Bidang Media dan Komunikasi), Paulus Petrus Enggar Dewantoro (Bidang Hubungan Antar Lembaga dan OKP).

Baca juga   Rem Blong, Truk Bermuatan Alat Berat Tabrak 6 Mobil di Lampu Merah Beran Sleman

Yohanes Gandung Widiyantoro (Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta) menyampaikan, “Ada empat prinsip yang harus dipegang supaya Pemuda Katolik menjadi organisasi kemasyarakatan yang berbuah bagi masyarakat dan bermartabat.”

Keempat prinsip tersebut adalah konsisten dalam cara berpikir, berani bekerja keras, berelasi dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan, dan terus belajar. Kita harus bekerjasama dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita dan mencapai tujuan bersama, bonum commune.

“Melalui Musyawarah Pemuda Katolik Komisariat Sleman yang dilaksanakan di Joglo Paroki Alfonsus, Nandan, terpilihlah formasi ketua Pemuda Katolik periode 2022 -2025 untuk melanjutkan dan mengemban tugas menjalankan organisasi ini,” kata Petrus Eko Nugroho, dalam sambutan.

“Pemuda Katolik Sleman siap bersinergi dan bekerjasama dengan Ormas/OKP, Lembaga Pemerintah maupun Swasta yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Kader Pemuda Katolik selalu berpegang untuk menjaga toleransi, kerukunan antar umat beragama, juga menjunjung nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” lanjut Eko.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Serahkan Piala Juara Turnamen Sepak Bola Liga Santri

Romo CB. Mulyatno, Pr menyampaikan, pemuda Katolik diajak untuk membangun literasi kebhinekaan tunggal ika, tetap memiliki komitmen mengembangkan budaya dan agama dalam kerangka keindonesiaan. Proses kaderisasi perlu dijalin dalam ikatan lintas keilmuan suku agama.

“Maka tidak hanya formasi intelektual tetapi kecerdasan religius dalam kebersamaan. Pemuda Katolik perlu banyak bergaul dan menunjukkan kesaksian sehingga semakin bersaudara, terbuka secara hati dan tanggap dengan situasi sekitar sehingga semakin memberikan kontribusi,” bebernya.

Wakil Bupati Kabupaten Sleman Danang Maharsa mengucapkan selamat kepada Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman.

“Semoga Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman mampu menjalankan program, sesuai yang dicita-citakan dan menjaga persatuan. Sleman sebagai rumah kita bersama menjadi bagian yang perlu kita dukung dalam merawat dan menjaga semangat keberagaman. Inilah bagian kita bersama, menjaga merawat warisan leluhur,” ujar Danang.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan dari Persatuan Hindu Dharma Indonesia, Badan Kerjasama Gereja Kristen Kabupaten Sleman, GP Ansor, Wanita Katolik Ranting Kabupaten Sleman dan KNPI Kabupaten Sleman diakhiri dengan Seminar Kebangsaan dengan narasumber MY Esty Wijayati (Komisi VIII DPR RI) dan Wibowo Suliantoro (ISKA DIY).

(*/N1)

Share :

Baca Juga

(Foto: Humas Kementerian PUPR)

Peristiwa

Banjir di Kota Serang, Kementerian PUPR Kirim Bantuan Sarana dan Prasarana Dasar
Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih mengikuti prosesi wisuda abdi dalem di Keraton Yogyakarta, Selasa (9/11/2021). (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Wisuda Abdi Dalem, Bupati dan Wakil Bupati Bantul Dapat Nama dan Gelar Baru
Edy Cahyadi, Kepala Satpol PP dan Damkar Temanggung. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Tekan Covid-19, Temanggung Bentuk TRC Hajatan
Musyawarah Cabang Kagama Sleman di Grha Sarina Vidi, Selasa (25/10/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Eka Suryo Prihantoro, Ketua Kagama Sleman Masa Bakti 2022-2027
Kementerian Perdagangan bersama Bea Cukai memusnahkan 750 bal pakaian impor bekas ilegal. Foto: Ist

Peristiwa

Kemendag Musnahkan 3 Kontainer Baju Bekas Impor Ilegal Senilai Rp9 Miliar
Bawaslu Kabupaten Batang menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kelompok sasaran disabilitas di Kabupaten Batang. (Foto:MC Batang)

Peristiwa

Bawaslu Batang Gandeng Kaum Disabilitas Wujudkan Pemilu Berkeadilan
Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi gowes Dodolan Kampung pada Jumat (21/1/2021) berkolaborasi dengan program Dakon Perak dari Pemkot Yogyakarta untuk melihat potensi di wilayah Kelurahan Wirogunan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Gowes “Dodolan Kampung” Ngaruhke Ekonomi Perempuan di Kelurahan Wirogunan
Bunga salak si mungil yang menjadi andalan petani salak nglumut di Kecamatan Sumbung Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Tradisi Mengawinkan Bunga Salak Petani Merapi