Home / Peristiwa

Rabu, 16 Februari 2022 - 11:03 WIB

Pentingnya Kelengkapan Data untuk Mengukur Keberhasilan Pembangunan Desa

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, Senin (14/2/2022) di Aula Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, Senin (14/2/2022) di Aula Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan diukur dari laju kecepatan perkembangan ekonomi, pendidikan, keamanan dan ketertiban, kedaulatan politik masyarakat, peran serta masyarakat dalam pembangunan, lembaga kemasyarakatan, kinerja pemerintah desa dan Kelurahan serta pembinaan dan pengawasan.

Hal-hal tersebut dapat dilihat dan diketahui dengan mengakses profil desa/kelurahan. Data tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memetakan, mengetahui kebutuhan masyarakat dan menyiapkan program.

Permasalahannya, belum semua desa/kelurahan memiliki data memadai secara online sesuai Permendagri no 12 tahun 2007.

“Belum semua desa memiliki operator khusus mengelola profil yang profesional. Investor atau pihak swasta belum terbantu dengan data yang kurang memadai,” demikian disampaikan Rita Nur Mastuti, Anggota Komisi D DPRD yang juga menjabat sebagai Wakil ketua Badan Kehormatan DPRD Yogyakarta dalam Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, Senin (14/2/2022) di Aula Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Baca juga   Puluhan Warga Binaan Rayakan Natal di Gereja Rutan Surabaya

Sementara itu, Agung Indarto, Panewu Anom Ngaglik menyampaikan bahwa profil kelurahan merupakan bagian dari reformasi sehingga penyelesaiannya perlu dicarikan solusi.

“Desa memiliki kewenangan yang luar biasa, mindset begini pun sudah bisa berjalan bisa dirubah. Profil sangat penting untuk kepentingan pengambilan keputusan berdasar data yang valid karena kebijakan dimulai dari data yang benar,” ungkapnya

Untuk efisiensi program, dana, dan kegiatan di tingkat desa/kalurahan, profil hendaknya bisa disinergikan antar dinas dan instansi.

Antara penyusunan profil dengan data SID (Sistem Informasi Desa) PMK SDGs yang diselenggarakan Kemendes serta dari Instansi manapun, sehingga satu data bisa multi fungsi.

“Jika tidak memungkinkan, maka dalam pelatihan operator profil perlu dibekali materi tentang pemindahan data,” imbuhnya.

“Keluhan tentang tim penyusun yang tidak diperhatikan, bisa dianggarkan melalui APB Kal. agar benar benar fokus, sarana prasarana bisa dialokasikan dari anggaran, sehingga betul-betul bisa mencerminkan kondisi riil masyarakat. Jika ada hambatan bisa berkoordinasi dengan Kapanewon atau PMK sehingga hambatan untuk menyusun profil yang mendekati valid bisa terlaksana,” jelas Agung lagi.

Baca juga   Kea Rievania, Perancang Busana Cilik dari Semarang yang Miliki Segudang Prestasi

Istiaji dari Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) menjelaskan, reformasi Kelurahan diantaranya pemberdayaan LPM Kelurahan dan pemanfaatan profil.

“Tugas dan fungsi LPM dalam menyerap aspirasi dan menggerakkan masyarakat dengan swadaya gotong-royong, membuat basis data, mendorong partisipasi masyarakat dan merupakan wadah partisipasi masyarakat desa sebagai sebagai mitra pemerintah desa, ikut serta dalam perencanaan pelaksanaan pengawasan pembangunan dan meningkatkan pelayanan masyarakat desa,” jelas Istiaji.

Selain itu, LPM menurut Istiaji juga membantu Kepala Desa menyerap aspirasi masyarakat terkait perencanaan pembangunan desa serta menggerakkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa dengan ikut terlibat aktif dalam musrenbagkal.

(N1)

Share :

Baca Juga

PMI Kabupaten Sleman mendistribusikan bantuan air bersih untuk Masyarakat Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan sebanyak 15.000 Liter per hari. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

PMI Sleman Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Bajir Lahar Hujan Merapi
Kirab ruwahan apeman digelar warga masyarakat di Kelurahan Suryatmajan Kota Yogyakarta untuk menyambut Bulan Ramadan 1442 H. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Sambut Ramadan, Warga Suryatmajan Gelar Tradisi Ruwahan Apeman
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyalurkan bantuan untuk masyarakat kurang mampu. (Foto: Humas Kab.Skh)

Peristiwa

Blusukan ke Rumah Warga, Bupati Sukoharjo Serahkan Bantuan Rehab RTLH dan Modal Usaha
Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Sarwoko Mugiyono. (Foto: MC Kab Rembang)

Peristiwa

Pemkab Rembang Siapkan Mobil Vaksin Khusus Wisatawan
Kerja bakti bertajuk “Jumat Bersih” akan menjadi agenda rutin yang dilakukan Sahabat Ganjar Kabupaten Magelang. (Foto: Dokumentasi DPC Sahabat Ganjar)

Peristiwa

Sahabat Ganjar Magelang Rutin Gelar Jumat Bersih
Foto: ANTARA

Peristiwa

Gunung Merapi Alami 86 Kali Gempa Guguran, Status Masih Siaga
Ilustrasi, PT Pertamina (Persero) membangun unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC) yang berfungsi meningkatkan profitabilitas kilang, melalui pengolahan residu menjadi produk bernilai tinggi di Kilang Balikpapan. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Tingkatkan Keuntungan, Pertamina Bangun Unit RFCC di Kilang Balikpapan
Para tersangka pengoplos tabung gas melon dihadirkan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya. Foto: Humas Polda Metro Jaya/Tribratanews

Peristiwa

Polda Metro Jaya Berhasil Amankan 16 Tersangka Pengoplos Tabung Gas Melon