Home / Peristiwa

Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:47 WIB

Pentingnya Komunikasi Persuasif Pemindahan IKN bagi ASN

Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Istimewa)

Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Komunikasi persuasif dan menyebarluaskan narasi mengenai pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), terus dilakukan pemerintah melalui berbagai kementerian dan lembaga (K/L). Mengingat, aparatur sipil negara (ASN) merupakan salah satu yang paling terdampak dalam proses itu.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publlik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) Usman Kansong mengatakan, komunikasi persuasif mengenai kebijakan pemindahan IKN juga harus menyasar ASN, sebagai pihak yang paling terdampak dari dalam pemerintahan.

“Memang ASN sudah menandatangani perjanjian bersedia untuk ditempatkan di mana saja. Tapi informasi mengenai pemindahan ASN juga masih belum rinci betul, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan. Pemerintah tentu telah menyiapkan strategi komunikasi untuk sosialisasi ke masyarakat, khususnya bagi kalangan ASN,” jelasnya dalam Webinar Kehumasan Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta pada Jumat (25/2/2022).

Webinar yang digelar Kementerian Sekretariat Negara itu dihadiri narasumber Deputi Bidang Politik Hukum Pertahanan dan Keamanan Kementerian Bappenas Slamet Sudarsono dan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen.

Baca juga   Presiden Jokowi Minta Tony Blair Promosi IKN ke Dunia Internasional

Usman mengakui komunikasi publik yang persuasif tehadap ASN itu, menjadi tantangan tersendiri karena dampak perubahannya juga akan berantai ke keluarga mereka.

Selain itu, katanya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), juga belum memastikan jumlah ASN pusat yang akan dipindahkan ke IKN.

Dalam hal itu, Kemen PAN-RB memiliki dua skema jumlah pemindahan ASN ke IKN baru, yakni 118.000 hingga 180.000 orang, yang hinga kini masih dikaji.

“Itu perlu dikomunikasikan dengan baik untuk mengurangi kesimpangsiuran isu sekaligus melibatkan para ASN untuk mengantisipasi perubahan yang akan dihadapi,” jelasnya.

Usman juga menegaskan kembali arahan Presiden Joko Widodo yang menyatakan pemindahan ibu kota ke Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, bukan sekadar memindahkan ASN dan tidak hanya membangun gedung pemerintahan.

Pemindahan IKN menurutnya, merupakan lompatan bagi bangsa Indonesia untuk melakukan tranformasi menuju Indonesia maju.

Kebijakan tersebut, dipastikan sudah melewati banyak kajian dan penelitian dari segala aspek geografis, sosiokultural, ekonomi maupun infrastruktur melalui studi yang komprehensif.

Baca juga   Hari Guru Nasional, Kemenag: Perkuat Moderasi, Jauhi Politisasi Agama

“Hasil kajian itu, perlu kita sampaikan ke seluruh ASN dalam beragam cara. Konten kreatif misalnya, berupa infografis, meme, virtual tour melalui diorama atau desain kota IKN. Kita juga menceritakan visi misi IKN dengan cara storytelling, sehingga kesan yang diterima ASN bukan merupakan keharusan namun cenderung persuasif,” katanya.

Menurut Usman, konten-konten kreatif yang dikemas tersebut bisa bersumber dari konten formal seperti siaran pers, konferensi pers, pernyataan Presiden, maupun narasi dari kementerian dan lembaga.

Konten yang kemudian ditampilkan pada laman IKN itu, katanya, harus mendukung narasi utama alasan-alasan pemindahan IKN yang perlu secara konsisten ditegaskan.

“Karena pemindahan Ibu Kota Negara adalah landasan kemajuan bangsa untuk menggeser orientasi pusat pertumbuhan menuju Indonesia-sentris demi keadilan dan kesejahteraan. Ini narasi yang kita gaungkan untuk semua kalangan,” pungkasnya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Misa Raya dalam rangka Perayaan Natal tahun 2022 yang diprakarsai Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik (KKG PAKat) Sekolah Dasar/SD Kabupaten Sleman. Foto: Ist

Peristiwa

Ribuan Siswa Katolik Tingkat SD se-Kabupaten Sleman Ikuti Bina Iman di Seminari Tinggi Santo Paulus
Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK pimpin langsung jalannya apel penyerahan kendaraan dinas Bhabinkamtibmas di halaman belakang Mapolres Blora, Rabu, (27/10/2021). (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Kapolres Blora Serahkan Sepeda Motor Dinas Bhabinkamtibmas
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Berani Gundul yang Didukung Ganjar, Kumpulkan Donasi Rp280 Juta untuk Anak Penyintas Kanker
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada pedagang di Pasar Tradisional Sunggingan, Boyolal, Kamis (22/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi di Boyolali Mulai Sasar Pedagang Pasar
Salah satu rumah warga yang mengalami keretakan di bagian dinding akibat fenomena gerakan tanah di Kabupaten Tegal pada Selasa (7/6/2022). Foto: BPBD Kabutapen Tegal

Peristiwa

Belasan Rumah Retak Terdampak Fenomena Gerakan Tanah di Tegal
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Alamak! Gadis 16 Tahun Rampas Motor Ojol di Semarang, Korban Ditusuk Gunting Berkali-kali
Pemkot Yogyakarta canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan. (Foto: Humas pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan
(ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/hp)

Peristiwa

Longsor Susulan di Sokokembang Pekalongan