Home / Plus

Jumat, 31 Mei 2024 - 16:35 WIB

Industri Plastik yang Juga Berkomitmen Menjaga Lingkungan Alam

Kantor perusahaan PT Rapindo Plastama yang berlokasi di Jalan Raya Trawas Km. 7, Pungging, Beringin, Mojokerto.  (Foto: istimewa)

Kantor perusahaan PT Rapindo Plastama yang berlokasi di Jalan Raya Trawas Km. 7, Pungging, Beringin, Mojokerto. (Foto: istimewa)

NYATANYA.COM, Mojokerto – Tidak dapat dipungkiri jika hampir semua aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat menggunakan beragam jenis benda. Dan benda-benda tersebut tidak sedikit yang mengandung bahan plastik.  Mulai dari elektronik, otomotif, pertanian, fashion serta alat rumah tangga.

Tak heran, keberadaan produk berbahan plastik sangatlah penting. Dan yang tak kalah penting, pemerintah di negeri ini turut memahami akan keberadaan plastik, terutama kemasan, karena dinilai turut mendukung industri dalam negeri. Selain itu seiring dengan pertumbuhan ekonomi, kenaikan daya beli, permintaan plastik tetap tinggi. Baik untuk bahan baku industri, maupun untuk berbagai produk kemasan. 

Berangkat dari fenomena pentingnya plastik tersebut, PT Rapindo Plastama bergerak di bidang kemasan plastik hadir guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdiri sejak tahun 1994, PT Rapindo Plastama yang berlokasi di Jalan Raya Trawas Km. 7, Mojorejo, Punggung, Beringin, Kabupaten Mojokerto, Jatim telah menasbihkan diri jika keberadaannya akan senantiasa memberikan pelayanan berbagai kebutuhan berbahan plastik, seperti kemasan dan kantong plastik. 

Manager Marketing PT Rapido Plastama, Opien Azhary (47) menuturkan, jika perusahaannya sejak berdiri berkomitmen untuk menjadi solusi kebutuhan masyarakat akan barang-barang berbahan plastik, utamanya kemasan dan kantong plastik.

“Alhamdulilah, menginjak usia 30 tahun perjalanan perusahaan kami dalam memproduksi beragam produk plastik, telah mampu diterima masyarakat (konsumen), tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, tapi produk kami juga sudah mampu menembus pangsa pasar di seluruh Asia dan negara-negara Eropa,” papar Opien.

Baca juga   Ternak Ruminansia Bisa Diberi Pakan Fermentasi

Lebihlanjut disampaikannya, bahwa menariknya keberhasilan produk-produk PT Rapindo Plastama menembus pangsa pasar luar negeri tidak lepas dari kualitas produk yang sangat bagus. Dituturkannya pula, bahwa produk Rapindo Plastama justru lebih dulu mampu “menjebol” pangsa pasar luar negeri, dengan mengekspor produknya sebelum kemudian dikenal konsumen/masyarakat di pelososk negeri ini.

“Sudah barang tentu, produk dari perusahaan kami senantiasa mengedepankan kualitas. Produk kami berbahan baku Polyethylene (HDPE, LLDPE dan LDPE). Produk kemasan kami telah memenuhi standar dan sertifikasi Food Grade sehingga aman di gunakan untuk produk makanan jenis apapun,” sambung wanita yang sudah 25 tahun mengabdikan diri di perusahaan tersebut.

Diuraikannya, untuk kemasan makanan, PT Rapindo Plastama menyediakan berbagai jenis plastik yang beraneka ragam mulai dari kemasan untuk ayam potong, daging dan ikan fillet, kemasan bag on roll untuk buah dan sayuran, kemasan untuk bakso serta berbagai macam frozen food lainnya.

Tersedia pula untuk kemasan plastic lain seperti kemasan plastik arang, kemasan untuk mentega dan margarine, kemasan untuk berbagai jenis tepung,kemasan untuk gula, kantong plastik biodegradable yang ramah lingkungan, kantong sampah, sarung tangan plastik dan kemasan untuk mesin otomatis.

“Ada pelbagai jenis kemasan  produk yang kami produksi, diantaranya ada kantong Bag on Roll yang umumnya dipakai di supermarket. Kegunaannya antara lain untuk membungkus buah dan sayuran. Kemasan ini terbuat dari bahan HDPE yang aman untuk makanan serta tahan panas. Ada pula flat sheet sebagai alas untuk produk makanan. Lalu retail/kantong plastik, kantong plastik Biodegradable, kantong sampah dan banyak lagi,” sambungnya.

Baca juga   Di Ajang International Olympiad on Informatics, Indonesia Raih 8 Medali

Namun demikian, dari sederet produk kemasan berbahan plastik yang dibuat PT Rapindo Plastama, ada satu produk kemasan yang label namanya kian mentereng dan sangat dikenal oleh para konsumennya, yaitu merek CLEANY.

“Kantong sampah Starseal Cleany merupakan kantong sampah bersegel bintang yang memiliki penyegelan lebih baik untuk mencegah kebocoran. Kantong sampah ini terbuat dari bahan daur ulang yang baik dari tempat daur ulang kami sendiri, seiring dengan upaya kami untuk lebih bertanggung jawab dalam mengurangi konsumsi plastik baru. Itu tak lepas dari komitmen juga dari perusahaan kami yang selalu menjaga keramahan lingkungkungan. Dimana Cleany sering disediakan dan dipergunakan di sejumlah hotel, restoran dan lokasi wisata,” jelasnya.

Dilain sisi, PT Rapindo juga memproduksi sarung tangan plastik, kemasan untuk mesin otomatis, Shrink film, Stretch film serta kebutuhan packaging untuk produk lainnya yang dapat disupport dalam kemasan flat bag yang dilengkapi dengan seal king / perekat , produk ini biasa digunakan sebagai pembungkus pakaian, pembungkus amplop surat serta packaging product sepatu.   (N2)

Share :

Baca Juga

Bupati Kudus Hartopo saat menerima peserta Jamnas XI di kediaman pribadinya, Selasa (23/8/2022). Foto: Diskominfo Kudus

Plus

Bupati Kudus Hartopo: Jadikan Tempaan Jamnas untuk Bentuk Karakter Pemimpin
Souvenir pohon pisang dalam botol kreasi DPP Kota Yogyakarta yang unik. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kreatif dan Inovatif, Souvenir Unik Pohon Pisang dalam Botol Buatan DPP Kota Yogya
Talkshow#1 bertajuk "Kolaborasi Kampus dan Industri Kreatif, Mau Dibawa Kemana?" pada Sabtu (18/12/2021) mewarnai agenda dibukanya Hetero Space Solo. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

Plus

Hetero Space Gairahkan Insan Kreatif, Undang Dosen DKV ISI Surakarta sebagai Narasumber Diskusi
Basnendar Herry Prilosadoso memberikan materi seputar branding dan desain kemasan. Foto: Ist/Dok.DKV ISI Surakarta

Plus

Berikan Materi Branding dan Packaging, Dosen DKV ISI Surakarta Dampingi UMKM Kelurahan Joglo
Ghania Taufiqa Salma Wibowo. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Siswi SMAN 8 Yogya, Ghania Taufiqa Lolos Paskibraka Nasional Wakili DIY
Secara simbolis secara simbolik Romo VIKEP Kevikepan Yogyakarta Barat membuka kegiatan Tarcisius Cup I dengan memukul gong tujuh kali. Foto: Ist

Plus

Tarcisius Cup Jogja Barat: Berbenah, Berubah dan Berbuah dalam Kebersamaan
RW 9 Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede menjadi kampung Deklarasi RW Bebas Asap Rokok yang ke 233 di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Sebanyak 233 Kampung di Kota Yogya Bebas Asap Rokok
Veronica Ambar Ismuwardani pada jumpa pers Laskar Digital melalui UPT Pusat Bisnis bekerjasama dengan Annora Cipta Kreasi, di Ruang Ekraf Pasar Prawirotaman, Senin (1/8/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar Lewat Program Laskar Digital