Home / Buku

Selasa, 15 November 2022 - 22:27 WIB

Pentingnya Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah

Workshop tenaga perpustakaan yang diikuti oleh seluruh pengelola perpustakaan tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Kota Yogyakarta, Selasa (15/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Workshop tenaga perpustakaan yang diikuti oleh seluruh pengelola perpustakaan tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Kota Yogyakarta, Selasa (15/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta terus berkomitmen dalam memajukan pengelolaan berbagai jenis perpustakaan, termasuk untuk perpustakaan sekolah.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan diselenggarakan workshop tenaga perpustakaan. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pengelola perpustakaan tingkat SD/MI dan SMP/MTs ini digelar di aula SMPN 5 Yogyakarta, Selasa (15/11/2022).

Pelaksana tugas Kepala DPK Kota Yogyakarta, Suryatmi mengatakan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah.

Baca juga   Belajar Aksara Jawa Asyik dengan Klara, Ikutan Yuk Gratis

“Dari fungsi tersebut perpustakaan menjadi penting diperhatikan terutama bagaimana penyelenggaraan perpustakaan sekolah dilaksanakan,” katanya sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Terlebih adanya amanah bahwa setiap penyelenggaraan perpustakaan wajib berpedoman pada standar nasional perpustakaan seperti yang tertera pada pasal 9 ayat 2 Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Selain itu, lanjutnya, perpustakaan sekolah juga dituntut mampu berperan dalam mencapai keberhasilan pada pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.

“Maka dari itu tema yang kita angkat pada workshop ini adalah ‘Standardisasi dan Digitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Mendukung Merdeka Belajar’,” ujarnya.

Baca juga   Perkuat Literasi Digital, Guru di Kota Yogya Ikuti Workshop Internet Sehat

Suryatmi berharap dengan acara tersebut pustakawan akan termotivasi untuk melaksanaan pengelolaan perpustakaan yang baik, serta mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi.

“Terlebih dengan kurikulum merdeka belajar, dimana siswa memiliki kemerdekaan untuk mencari sumber ilmu dari manapun, salah satunya di perpustakaan,” bebernya.

Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut, menurutnya perpustakaan sekolah hakikatnya merupakan suatu unit yang berperan penting dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Guna meningkatkan minat baca warga Jatim, Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Jatim mendukung Implementasi Perpustakaan Digital Desa dan area berpotensi “Titik Baca”. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Buku

Diprakarsai IKAPI dan Kubuku, Diskominfo Jatim Dukung Implementasi Perpustakaan Digital Desa
S Arimba (kanan) dan Dedet Setiadi (tengah) saat mengupas buku puisi Ketika Jatuh Cinta. (Foto: istimewa)

Buku

Sastra Bulan Purnama Bedah Buku Antologi Puisi “Ketika Jatuh Cinta”
Foto: Humas Pemkot Yogya

Buku

Hari Kunjung Perpustakaan Momentum Tingkatkan Literasi
Vini Indriasari dan bukunya Citra Digital dengan Remote Sensing. (Ilustrasi grafis: nyatanya.com/Foto: dokumentasi Teknosain)

Buku

Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis
Dedet Setiadi (kanan) dalam launching antologi puisi 'Apokalipsa Kata' dalam peringatan HUT ke-10 Sastra Bulan Purnama. (Foto:istimewa)

Buku

10 Tahun Sastra Bulan Purnama, Dedet Setiadi Launching Antologi Puisi ‘Apokalipsa Kata’
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
(Foto: jakarta-tourism.go.id)

Buku

Kota Jakarta Masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO
Foto: DPS/Humas Kominfo

Buku

Kominfo, WhatsApp, dan ICT Watch Rilis Chatbot Literasi Digital Siberkreasi, Ini Tujuannya