Home / News

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 02:19 WIB

Penuhi Kebutuhan Pasien, Pemkab Bantul Luncurkan Generator Oksigen

Bupati Bantul H. Abdul Halim saat meninjau Instalasi Generator Oksigen yang baru saja diresmikannya. (Foto: Humas Bantul)

Bupati Bantul H. Abdul Halim saat meninjau Instalasi Generator Oksigen yang baru saja diresmikannya. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Hampir seluruh pulau Jawa dan bahkan Indonesia suplai oksigen masih mengandalkan pihak ke tiga, Melonjaknya kasus Covid-19 di berbagai daerah berakibat suplai oksigen kerap tersendat.

Padahal, kabar terbaru sebanyak 12.000 orang di Bantul yang terapar Covid-19 melakukan isolasi mandiri dan sekitar 500-1000 jiwa isolasi di rumah sakit dan shelter.

Guna mengantisipasi lonjakan permintaan oksigen di masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bantul meresmikan Instalasi Generator Oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul, Rabu (6/8/2021).

Menurut Direktur RSUD Panembahan Senopati, dr. I Wayan Marthana Widiana Kedel, Sp. THT., M.Kes., dalam dua bulan terakhir lonjakan pasien Covid-19 terus meningkat dengan adanya varian baru Delta baik critical maupun non-citical hampir selalu memenuhi rumah sakit.

Hal ini pun menimbulkan permasalahan baru yaitu ketersediaan oksisgen yang ada di rumah sakit sangat memprihatinkan, sehingga dengan adanya generator ini sangat membantu.

“Kapasitas produksi oksigen dari mesin ini sebanyak 300.000 liter per hari, sehingga mampu menyediakan kebutuhan oksigen, walaupun begitu oksigen dari pihak ketiga produsen oksigen masih kita butuhkan juga, “ kata Wayan.

Baca juga   Pemkot Yogya Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Nakes

Bupati Bantul H. Abdul Halim menuturkan bahwa instalasi ini sangat penting karena kita telah mengalami krisis oksigen termasuk di Pulau Jawa efek PPKM level 4 diperpanjang merupakan permasalahan yang signifikan karena menyangkut nyawa banyak orang.

“Ini tidak boleh dibiarkan terus menerus, Bantul memiliki penduduk sebanyak satu juta jiwa dan saat ini yang terpapar positif sekitar 12 ribu penduduk dengan menjalani isolasi mandiri dan yang tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit dan shelter sekitar 500 – 1.000 warga,” kata Bupati.

Untuk bisa keluar dari krisis oksigen ini Pemkab membuat kebijakan pengadaan generator oksigen dengan pendanaan berasal dari Belanja Tidak Terduga APBD. Generator dengan kapasitas produksi 500 liter per menit ini nantinya dapat bekerja selama 10-15 jam per hari.

Keberadaan Generator Oksigen ini dapat menghasilkan oksigen murni 93 persen ini diharapkan dapat mengatasi krisis oksigen beberapa waktu terakhir karena naiknya angka pasien Covid-19.

“Pemkab Bantul dibantu dengan pihak pihak lain melakukan instalasi generator oksigen di RSUD Panembahan Senopati Bantul, untuk membantu kelangkaan oksigen dan sisanya akan kita dedikasikan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Bantul, untuk masyarakat yang isolasi mandiri, ucap Bupati Bantul.

Baca juga   25 Tahun Kasus Pembunuhan Wartawan Udin, PWI Minta Polisi Ungkap Pelaku atau Kibarkan Bendera Putih

Bupati menekankan, bahwa pengambilan oksigen tidak dapat dibawa dari rumah sakit karena dapat mengganggu aktivitas di rumah sakit dan pihaknya menyediakan salah satu opsi tempat pelayaan pengisian oksigen yaitu di Rumah Dinas Bantul, agar benar-benar tersalurkan dan tepat sasaran, masyarakat harus berkoordinasi dengan Satgas Covid di tingkat Kalurahan.

“Bantuan oksigen ini tidak boleh untuk kegiatan usaha seperti las atau perikanan dan nanti tempat penyaluran bukan di Rumah Sakit Panembahan Senopati kita sudah ada opsi salah satunya tempat penyaluran akan dilakukan di Rumah Dinas Bupati,“ jelas Bupati.

Ditambahkan Bupati, generator oksigen ini, utamanya untuk mencukupi kebutuhan oksigen di rumah sakit, namun demikian, tunggu 2 – 3 hari lagi Pemkab akan membuat kebijakan bahwa sebagian dihibahkan atau diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui satgas desa. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu rumah roboh akibat gempa bumi di Jember Jawa Timur. BMKG mencatat pusat gempa berada di laut, tepatnya 42 km barat daya Jember dengan kedalaman 10 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. (Foto: BNPB)

News

Gempa M 5,1 Guncang Jember Tak Berpotensi Tsunami, 1 Rumah Roboh
Patroli Polsek Kunduran melaksanakan Patroli di kantor perbankan dan beberapa gerai ATM di wilayah setempat. (Foto: MC Kab. Blora/Andri)

News

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Kunduran Intensif Patroli Kantor Perbankan
Usulan Desain Ibu Kota Negara. (Foto: Kementerian PUPR)

News

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin, Komitmen Pemerintah Wujudkan IKN Baru
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Kabupaten Magelang Turun Level 2 PPKM, Masyarakat Diimbau Tidak Euforia
(MC Kalsel)

News

Dirilis, Logo Resmi MTQ Nasional XXIX Tahun 2022
Pemkot Yogya bersama TNI dan Polri melakukan pemeriksaan sertifikat vaksin Covid-19 secara acak bagi pengunjung Malioboro. Apabila kedapatan belum vaksin, maka mereka akan segera di vaksin di mobil vaksin yang telah standby di halaman parkir hotel Mutiara yang juga merupakan posko vaksinasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Sasar Wisatawan dan Pedagang, Pemkot Yogya Dirikan Posko Vaksinasi di Malioboro
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Santer Isu Pemotongan Dana Bansos, Ini Jawaban Dinsos Klaten
(Foto:Kemenkes)

News

Penyitas Covid-19 Kini Bisa Divaksin Setelah Satu Bulan Sembuh