Home / Wisata

Minggu, 28 November 2021 - 15:00 WIB

Percantik Nepal Van Java, Ganjar Beri Bantuan 2 Ton Cat

Saat mengikuti ajang Borobudur Marathon, Minggu (28/11/2021), Ganjar memberikan bantuan pada masyarakat Nepal Van Java. Untuk mempercantik daerah itu, Ganjar memberikan bantuan dua ton cat yang diserahkan langsung kepada Kadus Butuh, Temanggung, Lilik Setiawan. (Foto: Humas Jateng)

Saat mengikuti ajang Borobudur Marathon, Minggu (28/11/2021), Ganjar memberikan bantuan pada masyarakat Nepal Van Java. Untuk mempercantik daerah itu, Ganjar memberikan bantuan dua ton cat yang diserahkan langsung kepada Kadus Butuh, Temanggung, Lilik Setiawan. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Magelang – Siapa yang tidak tahu Nepal Van Java. Destinasi wisata unik di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh Desa Temanggung, Magelang ini memang sedang hits di kalangan pelancong.

Daerahnya yang berada di pegunungan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Rumah-rumah penduduk yang ada di perbukitan dicat berwarna-warni sehingga terlihat cantik. Karena bentuk rumah warga unik itu, Dusun Butuh dikenal dengan sebutan Nepal Van Java.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sudah beberapa kali berkunjung ke dusun itu. Terakhir, Ganjar bersepeda menuju Nepal Van Java dalam acara Tour de Borobudur pada awal November lalu.

Saat mengikuti ajang Borobudur Marathon, Minggu (28/11/2021), Ganjar memberikan bantuan pada masyarakat Nepal Van Java. Untuk mempercantik daerah itu, Ganjar memberikan bantuan dua ton cat yang diserahkan langsung kepada Kadus Butuh, Temanggung, Lilik Setiawan.

Baca juga   YoGowes Monalisa Kembali Ajak Warga Populerkan Sepeda Wisata
Destinasi wisata unik di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh Desa Temanggung, Magelang, Nepal Van Java ini memang sedang hits di kalangan pelancong. (Foto: Instagram nepal_van_java)

“Ini bisa dimanfaatkan ya, untuk mempercantik Nepal Van Java. Biar lebih warna-warni, kalau difoto pasti tambah bagus,” kata Ganjar.

Namun tak hanya fisik, Ganjar juga berpesan pada Kadus agar melakukan penataan lainnya. Di antaranya meningkatkan pelayanan, kebersihan, dan keramahan pada wisatawan.

“Kalau bisa masyarakat diajari, kamar-kamar mereka ada yang bisa dijual, sehingga wisatawan bisa menginap di sana. Lakukan pelatihan, kalau butuh modal bisa minta Bank Jateng. Pelayanan ditingkatkan, jangan lupa kebersihannya harus dijaga,” ucapnya.

Sementara itu, Kadus Butuh, Temanggung, Lilik Setiawan menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, bantuan itu merupakan bentuk perhatian dari Ganjar Pranowo untuk membuat Nepal Van Java lebih cantik lagi.

Baca juga   4 Juta Orang Diperkirakan Masuk Saat Libur Nataru, Jateng Terus Masifkan Vaksinasi

“Tapi tadi pak Ganjar juga berpesan, tidak hanya fisiknya saja yang diperbaiki, tapi peningkatan pendukung lainnya. Termasuk pelayanan, keramahan, kebersihan dan lainnya agar wisatawan semakin nyaman,” katanya.

Bantuan dua ton cat itu, lanjut Lilik, akan digunakan untuk mempercantik Nepal Van Java. Sebab selama ini, masih banyak rumah warga yang belum dicat.

“Karena secara jumlah, dusun kami itu luas dan rumah warga banyak. Jadi selama ini ada yang belum kebagian semua. Insyaallah dengan bantuan ini, seluruh rumah warga di sana bisa dicat agar semakin cantik,” pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Direktur Utama Ketep Pass Mul Budi Santoso bersama Ketua PPW Jateng menunjukkan surat MoU kerja sama. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Tingkatkan Kunjungan, Destinasi Wisata Ini Jalin Kerja Sama dengan Biro Perjalanan
Objek wisata Jurang Jero di Srumbung lereng gunung Merapi Kabupaten Magelang kembali dibuka. (Foto: istimewa/beritamagelang)

Wisata

Obwis Jurang Jero Kembali Dibuka untuk Wisatawan
(Foto: MC Batang)

Wisata

Hari Pertama Tahun Baru, Warga Batang Padati Destinasi Wisata
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mencoba membantik saat mengunjungi Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Wisata

Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo Kunjungi Kampung Batik Giriloyo
Menhub Budi dan sejumlah pejabat menjajal langsung tour dengan menggunakan VW Safari dan Jeep dari Balgondes Wanurejo menuju Candi Borobudur. (Foto: Humas Kemenhub)

Wisata

Gairahkan Pelaku Wisata, Kemehub Beri Subsidi Angkutan VW di Borobudur
Pelaku wisata di Bukit Cinta menerima bantuan sembako dari Pemkab Semarang. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Wisata

Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako
Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas
Teh Talua, minuman khas Sumatera Barat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Teh Talua, Rasanya Nendang Bikin Pria Tambah Garang