Home / Peristiwa

Senin, 5 Juli 2021 - 21:35 WIB

Percepat Pemulasaran Jenazah Covid-19, Pemkab Klaten Bentuk 5 Pos Aju

Klaten bentuk 5 Pos Aju khusus tim relawan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Klaten bentuk 5 Pos Aju khusus tim relawan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Guna mempercepat penanganan jenazah pasien Covid-19 sesuai prosedur kesehatan di tengah melonjaknya kasus corona di Kabupaten Klaten, Pemkab setempat membentuk Pos Aju khusus tim relawan pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

Pos Aju dibentuk di lima titik dan mencakup 25 kecamatan di Kabupaten Klaten. Pos Aju yang terbentuk akan menunjang Pos Induk tim pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Mako SAR Klaten, masing-masing berada di eks-kawedanan; Prambanan, Jatinom, Delanggu, Pedan, dan Wedi.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan kebijakan ini diambil dengan dilatarbelakangi banyaknya pemakaman pasien Covid-19 yang harus dilaksanakan oleh tim pemulasaran jenazah Covid-19 Kabupaten Klaten dari hari ke hari. Penumpukan data pasien Covid-19 yang harus dimakamkan sesuai prosedur tersebut berdampak beberapa pemakaman tidak dapat dilaksanakan di hari yang sama.

Baca juga   Ami nai ia o..., Cerita Lindu Berbasis Kearifan Lokal

“Kondisi ini tentu akan semakin membebani keluarga pasien, karena jenazah pasien tidak bisa segera dimakamkan karena menunggu tim pemulasaran datang ke lokasi. Saya mendapatkan laporan, ada keluarga pasien Covid-19 yang meninggal, depresi karena terlalu lama menunggu,” ungkapnya dalam rakor penanggulangan Covid-19 di Pendapa Kabupaten Klaten, Senin (5/7/2021).

Menurutnya selain memberi dampak psikis bagi keluarga pasien, tidak segera tertanganinya jenazah pasien Covid-19 sesuai dengan prosedur tentu dapat membahayakan masyarakat. Sehingga dibutuhkan penangan yang cepat dan tepat.

Baca juga   Putri Candrawathi Ditetapkan Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Usai Polisi Temukan Fakta Ini

“Dengan kondisi saat ini, Pos Aju harus segera beroperasi. Agar masyarakat juga teringankan bebannya,” paparnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Sip Anwar mengatakan saat ini terdapat 17 wilayah kecamatan yang telah memiliki tim relawan pemulasaran jenazah khusus pasien Covid-19. Dengan adanya pembagian titik Pos Aju, kecamatan yang telah memiliki tim relawan akan menjadi pendamping bagi wilayah kecamatan yang belum memiliki tim. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Magelang Zaenal Arifin sangat mengapresiasi kinerja AKBP Ronald Ardiyanto Purba saat menjabat sebagai Kapolres Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bupati Apresiasi Kinerja Kapolres Ronald Selama Bertugas di Magelang
Foto: dok.Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Periksa Empat Saksi Kasus Pengadaan Pesawat Garuda
Pelapos Basilius Agung Daru Wibowo dan Iptu Lili saat jumpa pers yang digelar di RM Pring Sewu, Jumat (4/2/2022). (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

Korban Penganiayaan Basilius Agung Kecewa, Kapolres dan Kasat Reskrim Tak Hadiri Jumpa Pers
Petugas gabungan dari Polres dan BNN Kabupaten Temanggung melakukan razia di Rumah Tahanan (Rutan) setempat. Foto: MC.TMG

Peristiwa

Polres dan BNNK Temanggung Razia Rutan di Malam Hari, Apa yang Ditemukan
Panitia Hari Ibu saat audiensi dengan GKR Hemas di Keraton Kilen, Jumat (3/12/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2021
Serma Hartono bersama perangkat Kelurahan Kricak diskusi terkait meningkatnya kasus Covid-19. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Kasus Covid-19 Naik, Babinsa Koramil Tegalrejo Gelar Rapat Bareng Unsur Kelurahan
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan pencanangan indeks pertanaman padi (IP) 400 dengan empat kali tanam padi dalam setahun di Kabupaten Klaten.di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Klaten, Selasa (11/1/2022). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kementan Canangkan Setahun 4 Kali Tanam Padi di Klaten
Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sambutan Perayaan HUT ke-24 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), yang berlangsung secara hibrida dari Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (9/8/2022) malam. Foto: AYH/Humas Kominfo

Peristiwa

HUT ke-24 IJTI, Menkominfo: Tantangan Jurnalisme Berkaitan dengan Kompetisi Industrinya