Home / Peristiwa

Rabu, 25 Agustus 2021 - 17:09 WIB

Percepat Vaksinasi, Pemkab Klaten Siapkan 538 Vaksinator

Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten menyiapkan ratusan vaksinator guna mempercepat vaksinasi. (Foto: Diskominfo Klaten)

Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten menyiapkan ratusan vaksinator guna mempercepat vaksinasi. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten menyiapkan ratusan vaksinator guna mempercepat vaksinasi. Ratusan vaksinator tersebut ditugaskan di puluhan Puskesmas dan fasilitas kesehatan yang ditunjuk sebagai lokasi vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan saat ini Kabupaten Klaten memiliki 480 tenaga vaksinator aktif. Jumlah tersebut tersebar di 34 puskesmas dan beberapa faskes yang ditunjuk.

“Selain tenaga vaksinator di bawah Dinkes, ada 35 vaksinator dari Polres Klaten dan 23 vaksinator Kodim 0723/Klaten,” paparnya, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya dengan jumlah vaksinator yang bertugas di wilayah Klaten, percepatan vaksinasi kepada masyarakat dapat dimaksimalkan. Hingga saat ini sebanyak 188.066 orang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama atau 18,68 persen dari target sebanyak 1.006.000 jiwa. Sedangkan dosis kedua telah diberikan kepada 110.019 orang atau 10,93 persen dari target.

Baca juga   Pemkot Yogyakarta Siapkan Gelang Vaksinasi

Selain itu, dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan telah diberikan kepada 2.693 orang atau 46,42 persen dari target. Masing-masing jumlah tersebut masih terus bertambah seiring program vaksinasi yang masih berjalan.

“Upaya percepatan vaksinasi sudah dilakukan di antaranya dengan membuka vaksinasi umum kepada masyarakat dengan menghubungi puskesmas sesuai dengan domisili. Namun jumlah vaksin yang tersedia di Klaten masih sangat terbatas, kami hanya menerima droping vaksin dari Pusat,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Tim Ahli Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Ronny Roekmitto mengatakan percepatan vaksinasi cukup terbantu dengan adanya vaksinasi yang digelar Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten. Namun capaian saat masih jauh dari target, padahal dengan jumlah vaksinator yang tersedia, rata-rata 250 orang mendapatkan vaksin Covid-19 dari 34 puskesmas.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 Polres Magelang Tembus 43 Ribu Orang

“Jika berdasarkan hitungan kemampuan vaksinator, target populasi yang harus divaksin bisa dicapai dalam 40 hari bila vaksin tersedia,” katanya.

Ia berharap tinjauan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, dapat menjadi pertimbangan untuk menambah jumlah alokasi vaksin bagi Kabupaten Klaten. Dengan demikian, diharapkan herd immunity di Kota Bersinar dapat segera tercapai. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Magelang Zaenal Arifin. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Bupati Magelang Ajak Warganya Laksanakan ‘Gerakan Eling Lan Ngelingke’
Ganjar Pranowo hadiri penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dicurhati Pelajar SD, Ganjar Langsung Kirim Bantuan
Warga Wadas, Bener, Purworejo menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Jateng meminta perlindungan atas terancam keselamatannya karena mendukung pembangunan proyek Bendungan Bener. (Foto : nyatanya.com/ahmad zain

Peristiwa

Nyawa Terancam Karena Dukung Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas Wadul Gubernur Ganjar
Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service
Bantuan ini sebagai antisipasi dan kepedulian pemerintah kepada nakes dan penghuni isoter untuk meningkatkan asupan gizi agar imun tubuh meningkat. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

Tingkatkan Imun Nakes, Pemkab Serahkan Bantuan Buah
Pemkot Surakarta kembali dapat bantuan oksigen dari PT Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Kembali Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Pemkab Sukoharjo mulai menyalurkan bantuan paket sembako hasil dari Gerakan ASN Peduli Sukoharjo. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Paket Sembako Bantuan ASN Sukoharjo Mulai Disalurkan
Dinas Pertanian bagikan buah segar untuk para nakes di Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Imun, Dinas Pertanian Bagikan Bingkisan Buah Segar untuk Para Nakes