Home / Peristiwa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:18 WIB

Percepat Vaksinasi, Pemkab Wonogiri Sediakan 10 Ribu Dosis Vaksin Moderna

Gelar vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Gelar vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

NYATANYA.COM, Wonogiri – Untuk percepatan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyediakan 10.000 dosis vaksin Moderna bagi masyarakat dalam gelar vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, mulai Selasa (24/8/2021) hingga Sabtu (28/8/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri Adi Dharma mengatakan, vaksinasi diprioritaskan bagi pedagang, relawan, dan mahasiswa.

“Yang dimaksud pedagang adalah pedagang pasar, pemilik kios dan pertokoan, serta pedagang kaki lima. Golongan kedua adalah relawan, meliputi relawan Jogo Tonggo, relawan pemakaman, relawan kader kesehatan RT/RW, dan mereka yang terlibat langsung dalam penanganan kasus Covid-19 di Wonogiri. Yang terakhir adalah mahasiswa yang sudah terdaftar kolektif. Termasuk juga para penyintas Covid-19 yang belum sempat vaksin, hari ini kami fasilitasi juga,” ujar Adi Dharma, Selasa (24/8/2021).

Baca juga   Ganjar Pranowo Apresiasi Anak-anak yang Antusias Divaksin

Setiap harinya, Pemkab Wonogiri melalui Dinas Kesehatan menyediakan 2.000 dosis vaksin Moderna. Selain di Pendapa Rumah Dinas, kegiatan percepatan vaksinasi juga dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Jatisrono dan Pracimantoro, dengan ketersediaan 1.000 dosis vaksin.

“Jadi masyarakat setempat tidak perlu jauh datang ke kota, karena kami juga sediakan di dua wilayah aglomerasi kecamatan Wonogiri,” tuturnya.

Adi Darma mengatakan, sesuai data vaksin Moderna memiliki efikasi tertinggi mencapai 94 persen, sekaligus memiliki kasus kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) terbanyak. Namun demikian, ia meminta masyarakat tidak perlu takut.

“Tetapi masyarakat tidak perlu takut. Dalam pemantuan kami, KIPI yang terjadi masih dapat teratasi dengan baik. Jangan mudah percaya hoaks, karena pemerintah pasti memberikan informasi yang akurat dan terpercaya terkait vaksinasi ini,” terangnya.

Baca juga   Tanah Longsor Cilacap, Jalan Utama Desa Sudah Dapat Dilalui Kendaran Roda Dua

Dari pemantauan Tim KIPI dari RSUD dr Soediran Wonogiri, KIPI yang mungkin terjadi meliputi meriang, badan pegal-pegal, kaku dan linu pada tulang, serta sakit kepala. KIPI dimungkinkan terjadi selama dua hingga tiga hari tergantung pada imunitas penerima vaksin. Tidak akan terjadi KIPI berat apabila masyarakat mematuhi prosedur skrining sebelum vaksinasi.

Tim KIPI juga menyediakan Mini ICU di Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati, sehingga bagi masyarakat yang merasakan KIPI sedang hingga berat, bisa langsung mengunjungi Mini ICU dimaksud. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu atraksi di pembukaan Prambanan UMKM Java Festival (Pujafest) 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Prambanan UMKM Java Festival 2021, Bangkitkan Ekonomi Mikro
Kios percontohan di kompleks Pasar Kowen Sidokarto. Foto: Nyatanya.com/Sulis

Peristiwa

BUMKal Karta Sembada Miliki Kios Percontohan
Pembekalan test seleksi Kampus Mengajar 2022. Foto: Ist

Peristiwa

10 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Ikuti Pembekalan Test Seleksi Kampus Mengajar 2022
Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima bantuan 100 buah konsentrator oksigen dari Pemerintah Kota Surakarta. (Foto:Kominfo Wonogiri)

Peristiwa

Wonogiri Terima 100 Konsentrator Oksigen dari Pemkot Surakarta
Ilustrasi hotel di Yogya di tengah pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Peristiwa

PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Hotel di DIY Kekurangan ‘Oksigen’
Bupati H Arief Rohman panen perdana padi organik bersama Rois Syuriah PWNU Jawa Tengah, LPPNU, dan PCNU Blora di areal persawahan Desa Sonokidul, Kecamatan Kunduran, Jumat (18/2/2022) sore. (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Panen Perdana, Bupati: Padi Organik Menguntungkan Petani Blora
Polisi olah TKP rumah yang dibakar pelaku JS di Tirtonirmolo,, Kasihan, Bantul. Foto: Polres Bantul

Peristiwa

Ribut Masalah Keluarga, Warga Tirtonirmolo Nekat Bakar Rumah Kakaknya
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid masjid Al-Hakim di Prangwedanan, Potorono, Banguntapan. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Hakim Prangwedanan