Home / Peristiwa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:11 WIB

Percepatan Vaksinasi, Kemendagri Kunjungi Klaten

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pemerintah Pusat berencana meningkatkan jumlah capaian vaksinasi di daerah, Kabupaten Klaten menjadi salah satunya. Program ini bertujuan mempercepat target herd immunity dalam langkah penanggulangan pandemi Covid-19.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan Kabupaten Klaten dalam program tersebut. Rencananya distribusi dosis vaksin akan ditambah agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan.

Menurutnya dengan rata-rata kemampuan vaksinator memberikan suntikan hingga 40 orang per hari, target 1 juta warga tervaksin di Klaten dapat segera terselesaikan.

Baca juga   Kreatif, di Grobogan Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dicicil Lur

“Jika vaksinnya ada dan mencukupi, saya kira target di Klaten bisa diselesaikan dalam tiga bulan. Saat ini kami sedang menghitung di masing-masing daerah kemampuannya seberapa besar,” ungkapnya saat rapat bersama dengan Bupati Klaten dan sejumlah pejabat Setda Klaten di Ruang Rapat Utama Gedung C, Jumat (20/8/2021).

Ia menjelaskan pemetaan kemampuan wilayah ini sangat diperlukan agar vaksin yang didistribusikan dapat segera tersalurkan kepada masyarakat. Dijadwalkan percepatan vaksinasi akan dimulai di bulan depan sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat menyiapkan diri.

Baca juga   Tingkatkan Kinerja, Damkar Purworejo Tambah Armada

“Selain vaksinator dan ketersediaan vaksin, yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana mendatangkan masyarakat agar ikut vaksinasi atau mendatangi masyarakat untuk divaksin. Karena tidak semua masyarakat bisa dan mau datang untuk divaksin, misal lansia, dengan mobilitas yang terbatas bisa jadi tidak bisa datang ke faskes. Sehingga perlu didatangi,” paparnya.

Program ini disambut baik oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Menurutnya banyak masyarakat yang menunggu untuk mendapatkan vaksin. Namun karena terbatasnya jumlah vaksin, sehingga pelaksanaannya tertunda.

“Kami berharap distribusi vaksin untuk Klaten segera ditambah. Karena banyak masyarakat sudah menanti. Secara umum, faskes dan tenaga medis di Klaten sudah siap,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogya melaksakan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun. Percepatan vaksinasi ini terus dilakukan, salah satunya untuk mendukung persiapkan dilaksanakannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Dukung Kesiapan PTM 100 Persen, Pemkot Yogya Genjot Vaksinasi Anak
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021. (Foto: Humas Purbalingga)

Peristiwa

Ribuan Bidang Tanah di Desa Banjaran Tersertifikasi
Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Sosial menggelar Diklat Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muda, di Aula Tempat Evakuasi Akhir (TEA) Tanjung, Muntilan. (Foto: MC Kab.Magelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kemampuan, 30 Tagana Muda Ikuti Diklat Kesiapsiagaan Bencana
Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Ibu Hamil di Kapanewon Bambanglipuro Terima Vaksin
Pelepasan ekspor daun talas beneng dilakukan di Depo Pemeriksaan dan Perlakuan Karantina di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (2/12/2021). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jateng Ekspor Daun Talas Beneng ke Australia
Danang Maharsa menyampaikan sambutan dan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. Foto: Ist

Peristiwa

Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman Periode 2022-2025 Dilantik
Honda Brio nopol L 1120 QC hancur tak berbentuk setelah disambar KA Sancaka, Minggu (24/4/2022). Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Honda Brio Hancur Tersambar KA Sancaka di Surabaya, 3 Orang Tewas Ditempat
Petugas BPBD Kabupaten Batang membersihkan ranting dan pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Kecamatan Tulis, Batang, Jawa Tengah, pada Minggu sore (23/1), pukul 15.45 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Batang)

Peristiwa

31 Rumah Warga Kabupaten Batang Rusak Akibat Angin Kencang