Home / Peristiwa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:11 WIB

Percepatan Vaksinasi, Kemendagri Kunjungi Klaten

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pemerintah Pusat berencana meningkatkan jumlah capaian vaksinasi di daerah, Kabupaten Klaten menjadi salah satunya. Program ini bertujuan mempercepat target herd immunity dalam langkah penanggulangan pandemi Covid-19.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan Kabupaten Klaten dalam program tersebut. Rencananya distribusi dosis vaksin akan ditambah agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan.

Menurutnya dengan rata-rata kemampuan vaksinator memberikan suntikan hingga 40 orang per hari, target 1 juta warga tervaksin di Klaten dapat segera terselesaikan.

Baca juga   Ribuan Orang Ikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi

“Jika vaksinnya ada dan mencukupi, saya kira target di Klaten bisa diselesaikan dalam tiga bulan. Saat ini kami sedang menghitung di masing-masing daerah kemampuannya seberapa besar,” ungkapnya saat rapat bersama dengan Bupati Klaten dan sejumlah pejabat Setda Klaten di Ruang Rapat Utama Gedung C, Jumat (20/8/2021).

Ia menjelaskan pemetaan kemampuan wilayah ini sangat diperlukan agar vaksin yang didistribusikan dapat segera tersalurkan kepada masyarakat. Dijadwalkan percepatan vaksinasi akan dimulai di bulan depan sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat menyiapkan diri.

Baca juga   Tak Mampir di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran

“Selain vaksinator dan ketersediaan vaksin, yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana mendatangkan masyarakat agar ikut vaksinasi atau mendatangi masyarakat untuk divaksin. Karena tidak semua masyarakat bisa dan mau datang untuk divaksin, misal lansia, dengan mobilitas yang terbatas bisa jadi tidak bisa datang ke faskes. Sehingga perlu didatangi,” paparnya.

Program ini disambut baik oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Menurutnya banyak masyarakat yang menunggu untuk mendapatkan vaksin. Namun karena terbatasnya jumlah vaksin, sehingga pelaksanaannya tertunda.

“Kami berharap distribusi vaksin untuk Klaten segera ditambah. Karena banyak masyarakat sudah menanti. Secara umum, faskes dan tenaga medis di Klaten sudah siap,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus UWM berbasis budaya. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

UWM Bakal Miliki Gedung Baru Kampus Berbasis Budaya
Ganjar Pranowo nampak santai menikmati bekal makan siang yang sudah disiapkan istrinya dari rumah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Tak Mampir di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid meninjau pelaksanaan vaksin pertama bagi pekerja sektor keuangan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Ribuan Pegawai Jasa Sektor Keuangan Antusias Divaksin
Penandatanganan serah terima hibah tanah Pemerintah Kota Salatiga dan IAIN Salatiga. (Foto:Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Hibah Tanah dari IAIN Salatiga
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas berat. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Berat
Pemkab Temanggung meminta pada pedagang dan pengunjung pasar tradisional agar ketat dalam menerapkan prokes dengan ketat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ingat! Jangan ke Pasar Jika Sedang Sakit
Para pedagang di pasar Batang ini juga mengikuti upacara bendera. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Wujud Nasionalisme, Pedagang Pasar Ini Gelar Upacara Bendera
Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diadakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama Kelurahan Terban

Peristiwa

Lanal Yogya dan Kelurahan Terban Gelar Vaksinasi