Home / Wisata

Kamis, 29 Juli 2021 - 11:55 WIB

Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata

Vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif digelar Dinas Pariwisata DIY di Kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Geosite Ngingrong. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif digelar Dinas Pariwisata DIY di Kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Geosite Ngingrong. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Bantul – Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Badan Otorita Borobudur (BOB) menyelenggarakan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif secara serentak di dua lokasi yaitu di Pinus Sari, Kawasan Hutan Pinus Mangunan, Bantul dan Geosite Ngingrong, Gunungkidul, Rabu (28/7/2021).

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo saat pembukaan kegiatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat.

“Program akselerasi vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah yang ingin mempercepat, memperluas, serta ingin mencapai target herd immunity,” ungkap Singgih.

Singgih juga menyebutkan bahwa Kawasan Hutan Pinus Mangunan dipilih sebagai lokasi vaksinasi, sebab merupakan salah satu destinasi yang memperoleh dana alokasi khusus dari Kementrian Parekraf untuk membangun sarana prasarana pariwisata.

Baca juga   PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana

Vaksinasi di Kabupaten Bantul ditargetkan dapat mencapai 2000 peserta, sementara di Mangunan ditargetkan mampu mencapai lebih dari 500 peserta. Singgih menyatakan bahwa dengan program vaksinasi ini dapat mempersiapkan sektor pariwisata DIY untuk menerima kembali wisatawan pada saatnya nanti.

“Ini adalah upaya bagaimana kita mereduksi dan mengurangi Covid-19 yang ada di DIY sehingga pariwisata saya berharap nanti dibuka tidak lama lagi,” ujarnya.

Singgih mentargetkan vaksinasi bagi pelaku pariwisata di DIY dapat diselesaikan di bulan Agustus.

“Kami berharap sampai bulan Agustus kita tuntaskan untuk pelaku pariwisata dan ekraf. Jadi jika nanti situasi sudah aman, kita tidak grobyakan untuk vaksinasi kembali, tapi sudah dituntaskan sampai bulan Agustus,” ungkapnya.

Baca juga   Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar

Ia juga menekankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan mensukseskan program vaksinasi untuk menurunkan tingkat positivity rate di DIY.

Indah Juanita, Direktur BOB menambahkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan di destinasi-destinasi yang menarik agar peserta merasa tenang dan nyaman saat divaksinasi.

“Kita memilih tempat bagaimana supaya rileks, terbuka. Jadi capacity tempat ini juga kita perhitungkan supaya kita nyaman, tidak berkerumun dan menjaga jarak,” terangnya.

Purwo Harsono, Ketua Koperasi Notowono Mangunan sekaligus peserta vaksinasi menyerukan ajakan vaksinasi bagi para pelaku pariwisata.

“Jangan takut untuk divaksin. Karena vaksin infonya kalau sudah 70%, minimal kita sudah mulai bisa hidup normal. Nggak terbelenggu seperti ini. Untuk pelaku wisata, ayo kalau mau buka, gampanglah diajak vaksin, aja angel-angel,” ajaknya. (*)

Share :

Baca Juga

Pertemuan PT TWC dengan dengan para mitra usaha TMII di Balai Panjang Museum Indonesia, TMII. (Foto:media_twc)

Wisata

PT TWC Ajak Mitra Usaha TMII Terapkan GCG
Wisata Pantai Bletok berada tepat di pinggir jalan lintas Situbondo-Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Keren..! Nikmati Sunrise dan Sunset di Pantai Bletok Situbondo
Watu Dodol berada ditengah ruas jalan yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi dan terletak 5 kilometer sebelum Pelabuhan Ketapang. (Foto: zainuri arifin)

Wisata

Pesona Watu Dodol yang Menyimpan Cerita Mistis
Gus Yasin saat mengunjungi uji coba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Jumat (17/9/2021). (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kunjungi Candi Borobudur, Gus Yasin Minta Umat Beragama Saling Menghormati
Kerajinan wayang kayu yang diproduksi Pipit Dwi Ernawati bersama suaminya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar
Rumah Apung Bangsring menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Woowww! Indahnya Pesona Rumah Apung Bangsring Banyuwangi
Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana