Home / News

Jumat, 11 November 2022 - 21:50 WIB

Perempuan Didorong Berani Laporkan Tindak Kekerasan yang Dialami! Hubungi Nomor di Bawah Ini, Gratis dan Rahasia Terjamin

Kepala Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi. Foto: Humas Jateng

Kepala Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi. Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberi perhatian khusus terhadap kasus kekerasan pada perempuan. Kanal aduan dibuka lebar, masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis dan dijamin kerahasiannya.

Data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni-PPA), kasus kekerasan pada perempuan tahun 2020 tercatat 809 kasus, pada 2021 ada 945 kasus, dan hingga September 2022 sudah 508 kasus kekerasan yang terlaporkan.

Kepala Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi mengatakan, kekerasan yang banyak dialami oleh perempuan adalah kekerasan fisik, selanjutnya psikis, dan terakhir seksual. Ia menyebut, ada beberapa faktor yang membuat perempuan menjadi korban.

“Secara umum ada faktor budaya patriarki, di mana laki-laki dianggap posisinya lebih tinggi, karena faktor relasi kuasa, kemiskinan. Adapula kekerasan yang berlaku di dunia maya melalui media sosial,” sebutnya, Jumat (11/11/2022).

Baca juga   Roy Suryo Tersangka Kasus Meme Stupa Candi Borobudur, Tapi Belum Ditahan
Koordinator SPT PPA Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jateng, Dela Belinda. Foto: Humas Jateng

Melihat kenyataan itu, Pemprov Jateng gencar melakukan sosialisasi dan ajakan agar para perempuan berani speak up (melapor). Apalagi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telah menandatangani Perda 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan.

Oleh karena itu, pihaknya membuka lebar akses pelaporan. Bisa melalui laporan dunia maya, atau menjangkau petugas lewat saluran telepon.

“Bisa lapor ke https://diyanti.jatengprov.go.id/, atau melalui Satuan Pelayanan Terpadu (SPT) yang sebentar lagi menjadi UPTD di nomor 085799664444,” paparnya.

Retno mengatakan, pihaknya juga fokus dalam pencegahan serta pemberdayaan perempuan. Misalnya dengan program Ngopi Penak (Ngobrol dengan Topik Perempuan dan Anak) hingga peningkatan produktivitas ekonomi perempuan, agar perempuan berdaya.

Koordinator SPT PPA Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jateng, Dela Belinda mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dapat bermacam bentuknya.

Baca juga   Kejagung Periksa Saksi Kasus Dugaan Korupsi Satelit Kemenhan

Bisa berbentuk kekerasan fisik seperti dipukul berulang, tidak diberi nafkah, hingga kekerasan seksual, bahkan dalam hubungan suami istri sah.

Ia menyebut, setiap pengaduan akan dilakukan konfirmasi lanjutan. Meliputi pengecekan kesehatan, konsultasi psikolog, hingga visum bila diperlukan.

Selain itu, untuk kekerasan yang diterima dalam ranah media sosial, juga akan dilakukan penelusuran. Hal itu berlaku pula, jika kekerasan menimpa seorang anak.

“Laporan akan diterima 24 jam. Jika laporan itu berasal dari pelosok Jateng kami akan koordinasi dengan pemkot atau pemkab sekitar, agar sesegera mungkin laporan ditindaklanjuti. Untuk kita gratis meliputi psikolog, visum, dan pemeriksaan medis gratis, serta bersifat rahasia,” pungkas Bela.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Tim juri lomba Desa Pemda DIY meninjau dan melakukan penilaian klarifikasi lapangan Kalurahan/Kelurahan, di kelurahan Salamrejo, Sentolo pada Selasa (7/6/2022). Foto: MC Kab.Kulon Progo

News

Optimalkan Potensi Daerah Melalui Lomba Desa Pemda DIY
Menhub Budi Karya Sumadi ketika meninjau lokasi calon bandara baru itu bersama dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Ketua Satuan Tugas Pembangunan IKN Danis Sumadilaga, dan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto pada Senin (21/2/2022). (Foto: Kemenhub)

News

Dibangun Seukuran YIA, Menhub: Lokasi Bandara IKN Sangat Strategis
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Kereta Bandara YIA Beroperasi, Yogya-YIA Hanya 40 Menit
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik

News

DEWG G20 Turut Dorong Pengembangan Ekonomi Digital UMKM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

News

Ekonomi Indonesia 2022 Diperkirakan Tumbuh 5,2 Persen, Begini Penjelasan Menko Airlangga
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Hari Pramuka, Presiden Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI 2022
Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi. (Foto: Humas Kominfo)

News

Kominfo-Kemenkes Telusuri Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti. (Foto: dok. InfoPublik)

News

Dinkes DKI Pastikan Varian Omicron Tidak Ditemukan di Jakarta