Home / News

Minggu, 29 Mei 2022 - 21:43 WIB

Perguruan Tinggi Berperan Cegah Terjadinya Penyalahgunaan Narkoba

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam. Foto: Ditjen Diktiristek

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam. Foto: Ditjen Diktiristek

NYATANYA.COM, Jakarta – Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam mengatakan jika perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam mengawasi dan mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Demikian dikatakannya saat menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (Artipena) pada Sabtu (28/5/2022).

Nizam menyatakan bahwa penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi keberlangsungan pendidikan tinggi, terutama bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, bersama dengan Artipena, Ditjen Diktiristek juga akan terus melakukan komunikasi, diseminasi informasi, dan edukasi kepada perguruan tinggi terkait upaya P4GN.

“Mari bersama-sama terus kita gerakkan kampus bebas dari narkoba, kampus bebas dari kekerasan, dan kampus bersih dari narkoba. Mudah-mudahan dengan itu, kita bisa mewujudkan generasi emas untuk indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” harap Nizam, seperti dikutip dalam rilis Ditjen Diktiristek di Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Baca juga   Kementerian ESDM Tetapkan Harga Pasar Biodiesel, Segini Harga Per Liter Belum Ongkut

Sementara Ketua Umum DPP Artipena, Sutarto Hadi, menegaskan bahwa lembaganya memiliki komitmen yang tinggi untuk memberantas penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus.

Oleh karena itu, sebagai bentuk komitmen, Hadi menegaskan untuk selalu menjaga diri sendiri, keluarga, dan orang terdekat agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

“Kami ingin mengajak para pengurus dan juga pimpinan perguruan tinggi di seluruh Indonesia, terutama DPW-DPW yang sudah dilantik dan yang segera dilantik agar memiliki komitmen yang tinggi, komitmen bersama untuk menjaga fokus kita masing-masing dari penyalahgunaan narkoba,” tutur Hadi.

Komitmen untuk memberantas penyalahgunaan narkoba ini dilakukan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki potensi, kualifikasi, dan juga karakter yang kuat, mengingat pada tahun 2030, Indonesia akan memperoleh bonus demografi.

Baca juga   Kisah Ibu-ibu Tuntut Keadilan Pasca Skandal Sirup Obat Batuk yang Sebabkan Kematian 70 Anak di Gambia

Dengan dilantiknya dewan pengurus pusat periode baru ini, Artipena diharapkan memiliki semangat baru untuk terus melanjutkan komitmennya dan menjadi mitra Ditjen Diktiristek dalam mewujudkan generasi emas bebas narkoba.

Acara yang dilaksanakan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) tersebut juga dihadiri oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kejaksaan Negeri DKI Jakarta.

Artipena telah banyak berkontribusi dalam melakukan kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan pendidikan tinggi.

Anggota dari aliansi ini terdiri dari relawan sivitas akademika yang tersebar di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

(GS/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menko PMK Muhadjir Effendy saat kunjungannya ke Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Menko PMK Apresiasi Pemkot Yogya Tekan Kasus TB
Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri menggelar gladi bersih apel pasukan pengamanan KTT G20 di Bali. Foto: Humas Polri

News

Gladi Pengamanan dan Tinjau Venue, Kapolri Pastikan KTT G20 Berjalan Lancar dan Aman
Salah satu rumah miskin di Jawa Tengah yang sudah teraliri listrik gratis dari Pemprov. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Tahun Ketiga Ganjar-Yasin, 40 Ribu Rumah Miskin Teraliri Listrik Gratis
Foto: Diskominfo Jateng

News

16 Budaya Asal Jateng Ditetapkan WBTB Nasional, Ini Rinciannya
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) melakukan rapat evaluasi kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. (Foto: Kemenhub)

News

Kedatangan Internasional dan Domestik di Bali Meningkat, Ini yang Akan Dilakukan Kemenhub
Jumlah yang diperiksa per Sabtu, 18 September 2021 adalah 1.732 orang Total jumlah keseluruhan yang telah diperiksa sebanyak 797.128 orang. (Humas Pemda DIY)

News

Positif Covid-19 di DIY Sabtu 18 September 2021 tambah 134 Kasus
Tim gabungan mengevakuasi korban banjir bandang Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Update! Banjir Bandang Kota Batu, Korban Meninggal Bertambah Menjadi 6 Orang
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Duka Almarhum Tjahjo Kumolo