Home / News

Senin, 8 November 2021 - 14:58 WIB

Peringatan Dini, Sejumlah Wilayah di Jabodetabek Siaga Banjir

Ilustrasi. Foto: BMKG

Ilustrasi. Foto: BMKG

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin, 8 November 2021 mengeluarkan Peringatan Dini Siaga Banjir/Bandang untuk wilayah Jabodetabek yang berpotensi terjadi akibat guyuran hujan lebat.

Adapun wilayah di Jabodetabek yang dimaksud adalah wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Untuk itu, guna mengantisipasi dampak dan sebagai bentuk kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/Kota di wilayah Jabodetabek meneruskan informasi Peringatan Dini potensi hujan tersebut kepada pihak terkait di Kab/Kota dan masyarakat untuk waspada ancaman bencana Hydrometeorologi.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan kronologis bahwa ancaman bencana Hydrometeorologi (banjir/bandang) itu dipicu oleh cuaca ekstrim (hujan) yang terjadi di Jabodetabek pada Minggu, 7 November 2021 pukul 12:00 WIB.

Baca juga   Banjir di Kabupaten Tegal, 12.518 Jiwa Terdampak

Lebih lanjut PUSDALOPS BNPB merinci status untuk wilayah tersebut, untuk Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, dan Kota Depok berstatus siaga. Sedangkan Kota Tangerang berstatus waspada.

Sementara terkait korban jiwa, untuk Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Selatan, dan Kota Bekasi masih dalam pendataan. Sedangkan untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kota Tangerang Selatan nihil korban jiwa. Untuk Kota Tangerang aman terkendali. Namun tidak demikian di Kabupaten Bekasi, dimana sebanyak 140 KK/700 Jiwa terdampak.

Terkait kerugian materil, PUSDALOPS BNPB merinci, Kota Jakarta Timur masih dalam pendataan. Begitu juga dengan Kota Jakarta Selatan, dimana banjir di Komplek Sangrila Indah 2, Kelurahan Petukangan Selatan, dan Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan serta di Jl. Pondok Karya, Mampang dan Cipulir Jakarta Selatan juga masih dalam pendataan.

Baca juga   Senangnya Ngatemi Dapat Bantuan RTLH, Tak Lagi Tidur di Kandang Sapi

Kondisi air di wilayah tersebut mencapai 100 – 150 cm. Warga sekitar pun mulai mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Hal serupa juga masih terjadi di Kota Bekasi, dimana banjir masih menggenangi perumahan Pondok Timur Indah dengan tinggi muka air mencapai 10 – 20 cm, serta di Kabupaten Bekasi dimana banjir masih menggenangi wilayah kabupaten bekasi dibeberapa titik.

Berbeda kondisi dengan Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota Tangerang Selatan, kondisi banjir sudah surut. Dan untuk Kota Tangerang kondisi aman terkendali.

Hingga saat ini BPBD di Kab/Kota di wilayah Jabodetabek pun terus melakukan monitoring, kaji cepat, dan berkoordinasi dengan instansi terkait. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pemkab Sleman bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Pencegahan Korupsi di Ruang Rapat Lantai 3 Sekretariat Daerah Sleman, Kamis (21/4/2022). Foto: Humas Sleman

News

KPK Lakukan Monev Program Pencegahan Korupsi di Pemkab Sleman
Seluruh biaya selama di shelter akan ditanggung Pemda DIY. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Siapkan Rp95juta per 50 Orang untuk 14 Hari, Pemda DIY Sediakan 59 Shelter Isolasi
Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad D. Sutrisno. Foto: kpu.go.id

News

Koalisi Masyarakat Sipil Siap Kawal Pemilu 2024 yang Berintegritas
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Kemen PPPA/Untung S)

News

Peran Perempuan dan Kelompok Marginal Jadi Perhatian Utama Presidensi G20 Indonesia
Rumah Sakit lapangan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan penanganan kesehatan pengungsi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Foto: BNPB

News

Update! 268 Warga Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur, Teridentifikasi 122 Jenazah, Hilang 151 Orang
Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

News

Kawal THR, Kemnaker Sosialisasi Aplikasi Posko Pengaduan THR Keagamaan 2022
Foto: ANTARA

News

Likuiditas Perekonomian Tumbuh Positif, Begini Penjelasaan BI
Polres Sukoharjo Gelar Operasi Patuh Candi 2023. (Foto: Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Polres Sukoharjo Gelar Operasi Patuh Candi 2023