Home / News

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:48 WIB

Peringatan Nuzulul Quran Perkuat Kebersamaan dalam Keragaman

Pj Wali Kota Singgih Raharjo hadiri pengajian akbar Nuzulul Quran di Masjid Pangeran Diponegoro, Rabu (27/3/2024) malam. (Foto: Humas Pemkot Jogja)

Pj Wali Kota Singgih Raharjo hadiri pengajian akbar Nuzulul Quran di Masjid Pangeran Diponegoro, Rabu (27/3/2024) malam. (Foto: Humas Pemkot Jogja)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo beserta istri, Atik Wulandari menghadiri pengajian akbar Nuzulul Quran di Masjid Pangeran Diponegoro, Rabu (27/3/2024) malam.

Kegiatan tersebut, diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran kemudian dilanjutkan dengan pengajian tausiah oleh Kyai Haji Henry Sutopo.

Dalam kesempatan itu Singgih mengungkapkan Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi umat Islam, yaitu peristiwa turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberi petunjuk kepada manusia.

“Bagi umat Islam Al Quran adalah sumber utama ajaran Islam, dan sumber ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya untuk digali dan dikaji,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, kesempatan ini merupakan salah satu momentum penting bagi umat muslim untuk mendekatkan diri sekaligus memahami isi kandungan Al Quran.

Baca juga   Masih Banyak Perusahaan Tak Sepenuhnya Jalani Ketentuan PPKM Darurat

Ia menambahkan peringatan Nuzul Quran bertujuan agar setiap manusia selalu ingat kepada Al Quran.

“Sebagai umat muslim perlu berpegang teguh pada Al Quran. Agar senantiasa mendapatkan keberkahan,” ungkapnya.

Tak lupa ia mengajak seluruh jama’ah Masjid Pangeran Diponegoro untuk menjadikan peringatan Nuzulul Qur’an sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dalam keragaman.

“Peringatan Nuzulul Quran ini merupakan momentum yang tepat untuk kita jadikan media guna mengambil hikmah. Serta banyak pelajaran, mengingat begitu banyak pesan yang telah disampaikan oleh Al Quran, yang harus kita representasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Baca juga   Walikota Yogyakarta Lantik Indra Bastian sebagai Dewan Pengawas Bank Jogja

Dalam tausiahnya, Kyai Haji Henry Sutopo membahas tentang keistimewaan Nuzulul Quran.

Keistimewaan pertama yakni diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi seorang Rasul dan menerima wahyu pertama di bulan Ramadhan.

“Keistimewaan selanjutnya adalah dimalam Nuzulul Quran juga telah menguatkan hati Rasulullah dan para sahabat untuk terus berjuang berdakwah menyiarkan agama Islam kepada semua orang,” jelasnya

Selanjutnya adalah dari malam Nuzulul Quran merupakan sebuah tantangan serta pertolongan dari Allah SWT untuk umat muslim terus berjuang di jalan Allah SWT dan mengharap ridho Allah SWT.

“Untuk mendapatkan keutamaan ini, umat Islam dapat memperbanyak ibadah dan beri`tikaf di masjid,” katanya. (N1)

Share :

Baca Juga

(Foto: Kemenkes)

News

Polda Jatim Buru Pelaku Jual Beli Vaksin Booster
Kendaraan melintas di jalan yang pinggirnya dihiasi penjor atau hiasan janur kuning khas Bali di Jalan Bandara Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (10/11/2022). Pemerintah memasang penjor, bendera negara peserta, baliho, dan spanduk di sejumlah jalan protokol di Bali untuk memeriahkan KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.

News

Kontribusi Presidensi G20 Terhadap PDB Indonesia Diperkirakan Capai Rp7,4 Triliun
Ilustrasi pelabuhan. PT ASDP Indonesia Ferry (persero) tetap mengantisipasi lonjakan antrian pada periode arus balik libur Tahun Baru 2023 yang akan terdistribusi hingga akhir pekan ini, khususnya dilintas tersibuk Merak - Bakauheni dan Ketapang - Gilimanuk. Foto: ASDP

News

ASDP Antisipasi Lonjakan Antrian Arus Balik Tahun Baru 2023 hingga Akhir Pekan

News

Pemkot Yogya Terbitkan Perwal Jam Malam Anak, Butuh Peran Aktif Orang Tua
Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq saat meninjau vaksinasi anak-anak di Puskesmas Jumo, Kecamatan Jumo, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC TMG)

News

Temanggung Masuk PPKM Level 1, Bupati Minta Masyarakat Tetap Patuh Prokes
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut ribuan peserta mudik gratis menggunakan KM Ciremai yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (30/4/2022). Foto: Humas Jateng

News

Sambut Pemudik Pakai Kapal, Ganjar: Ini Cara Bagus untuk Mudik
Yogyakarta International Airport. (Foto: Instagram @bandarayogyakarta)

News

Hadapi Mudik Lebaran, Bandara YIA Tambah 10 Ekstra Flight
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Peringatan Dini, Sejumlah Wilayah di Jabodetabek Siaga Banjir