Home / Peristiwa

Senin, 24 Juli 2023 - 14:30 WIB

Peringati 1 Muharram 1445 H, Masjid Al Falaah Gelar Pengajian

Ustadz Rujito saat menjadi pembicara pengajian akbar memperingati tahun baru 1 Muharram 1445 H di Mertosutan Godean.  (Foto: istimewa)

Ustadz Rujito saat menjadi pembicara pengajian akbar memperingati tahun baru 1 Muharram 1445 H di Mertosutan Godean. (Foto: istimewa)

NYATANYA.COM, Sleman – Pengajian yang diinisiasi berbagai pihak mudah ditemukan pada awal Muharram 1445 H ini. Pelaksanaannya antara lain di kompleks masjid, pondok pesantren dan sekolah.

Seperti halnya Takmir Masjid Al Falaah Mertosutan Sidoluhur Godean Sleman menggelar pengajian akbar memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1445 H di kompleks joglo SMP Muhammadiyah 1 Godean, Sabtu (22/7/2023) malam.

Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto SE dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi dengan digelarnya pengajian akbar untuk memperingati Tahun Baru Muharram 1445 H tersebut. Apalagi melibatkan remaja masjid atau generasi muda.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang melibatkan generasi muda seperti ini. Semoga akan memberi banyak manfaat dan nilai-nilai positif,” tuturnya.

Hernawan yang pernah menjadi ketua karang taruna di Sidoluhur menambahkan, dalam rangkaian peringatan Hadeging Kalurahan Sidoluhur, Agustus 2023, akan menggelar pula pengajian akbar.

Sedangkan Ketua Takmir Masjid Al Falaah, Haris Darmawan SAg mengungkapkan, terlaksananya pengajian akbar tersebut bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti Ikatan Remaja Masjid Al Falaah (Irmala).

Baca juga   Rakernis Logistik Polri Suguhkan Kearifan Lokal Yogya dan Libatkan UMKM, Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

Tak ketinggalan dengan beberapa kelompok pengajian yang ada di Mertosutan. Pesertanya selain warga setempat juga mengundang jamaah/takmir masjid yang ada di Sidoluhur.

“Kegiatan ini mengusung tema, Tingkatkan Ibadah, Eratkan Ukhuwah, Bersama Wujudkan Mertosutan Qoryatun Thoyyibah,” jelasnya.

Arti Qoryatun Thoyyibah, lanjut Haris, yakni desa yang baik atau bagus. Menurutnya, dapat terwujud desa yang baik, antara lain dipengaruhi dua faktor, yakni adanya peningkatan ibadah serta mempererat ukhuwah (rasa paseduluran dipererat).

Adapun beberapa pendukung pengajian tersebut antara lain, SMP Muhammadiyah 1 Godean, persewaan tenda/panggung PWS dan tim sound Wahyu Pro Godean.

Sementara itu Ustadz Rujito SPdI MPd dari Kulonprogo dalam pengajian akbar tersebut didampingi grup qosidah modern New Al Lakhadar. Sehingga pengajiannya biasa diselingi lagu-lagu religi. Salah satu hal yang dituturkan kepada segenap peserta pengajian akbar, yakni pentingnya untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. seperti dalam Firman Allah SWAT.

Baca juga   Baznas Klaten Mantu, 12 Pasangan Dinikahkan Gratis

“Pentingnya bersyukur sesuai dengan firman Allah, yaitu dalam Alquran Surat Ibrahim ayat tujuh,” ungkap Ustadz Rujito

Adapun arti QS Ibrahim: 7, sebagai berikut: “Barang siapa yang bersyukur atas nikmat-Ku kata Allah, niscaya Aku akan menambah nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat-Ku, kata Allah, maka azab Ku sangatlah pedih.”

Hal senada dituturkan Ustadz Alifi’u Arsyad Ali Rahma SAg asal Sleman ketika menjadi pembicara Pengajian Ahad Pagi (Jihadi) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Godean di Masjid Al Huda Sidoluhur, Minggu (23/7/2023).

Menurutnya, bersyukur adalah ungkapan seorang muslim ketika dalam bahagia maupun sedih. Sebab dengan bersyukur situasi hati akan terus selalu tenang.

“Bahkan, ada rumus percepatan dan keberkahan rezeki, yakni dengan  bersyukur. Kedua, zakat serta shodaqoh dan yang ketiga, mendawamkan istighfar,” papar Ustadz Arsyad. (*)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui pekerjaan perbaikan jalan di dekat pintu exit tol Brebes atau Brexit, Selasa (25/1/2022). “Hampir setiap hari saya menerima laporan lubang di jalan tol dari masyarakat. Kalau ini tidak kita atasi, ya membahayakan,” katanya. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Temui Lubang di Jalan Tol, Ganjar Minta Pengelola Segera Lakukan Perbaikan
Sebanyak 242 lurah di DIY dikukuhkan sebagai pemangku keistimewaan, oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (8/2/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Kukuhkan 242 Lurah, Sri Sultan Minta Keistimewaan Sejahterakan Seluruh Warga
Yayasan Buddha Tzu Chie salurkan bantuan beras untuk masyarakat terdampak pandemi Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yayasan Budha Tzu Chi Bantu 10.000 Karung Beras
Coaching Clinic "Sekolah Penggerak" bagi para kepala sekolah baik di jenjang PAUD hingga SMP se-Kabupaten Batang. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Ratusan Sekolah Penggerak Disiapkan, Pendidik Dituntut Makin Kreatif
Vaksin sebanyak 4.059.290 dosis diangkut maskapai My Indo Airlines, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Banten sekitar pukul 09:05 WIB. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Peristiwa

Indonesia Kembali Terima 4 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca
Foto: Humas Bakamla RI

Peristiwa

Bakamla RI Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna Utara
Direktur Tipidkor Bareskrim Polri Brigjen Pol Cahyono Wibowo. Foto: tribratanews

Peristiwa

Polri akan Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Gerobak UMKM Kemendag

Peristiwa

Sopir Taksi Online Meninggal di Dalam Mobil, Gegerkan Warga Brosot Kulon Progo