Home / Peristiwa

Sabtu, 20 November 2021 - 20:54 WIB

Peringati Hari Anak Sedunia, Kampung Ratmakan Gelar Ragam Acara

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menilik kegiatan yang digagas warga RW 07 Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menilik kegiatan yang digagas warga RW 07 Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November, Kampung Ratmakan RW 07, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta mengadakan berbagai kegiatan seperti karawitan, sanggar parade senja serta pameran satwa dari berbagai komunitas satwa di Kota Yogyakarta, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan ini menjadi ajang mempromosikan seni dan budaya Kota Yogyakarta dan meningkatkan kesejahteraan anak dengan melibatkan perwakilan 50 siswa siswi SD, SMP, dan SMA di Kota Yogyakarta.

Menurut Ketua Forum Anak Ratmakan Putri Lestari dalam memberikan edukasi di Sanggar Parade Senja anak-anak diajarkan tata krama, budaya jawa dan juga memaparkan unggah ungguh.

“Di Kampung Ratmakan juga terdapat sejarah dari fotografer pribumi pertama yang tinggal di RW 07 Ratmakan, yakni Kassian Chepas. Dengan adanya hal tersebut, kami dengan semangat dan penuh perjuangan memperjuangkan ratmakan sebagai kampung wisata yang maju,” kata Putri.

Baca juga   ACE Hardware Serahkan Bantuan 10.080 Masker kepada Pemkot Yogya

Putri mengatakan, anak-anak juga diajarkan bagaimana cara merawat hewan di beberapa titik yang tersebar di area tersebut antara lain posko hewan kucing, posko ular, sugar glider, berang-berang, musang, anjing golden, aneka ikan hias.

“Ini merupakan mini zoo yang kami buat untuk memperkenalkan kepada anak-anak berbagai macam hewan. Anak-anak juga akan diberikan edukasi mengenai cara membuat nugget, dan akan kami ajak mengenal sanggar seni bima jaya serta yang terakhir ke ruang terbuka hijau untuk mengenal burung dan ayam,” tambahnya.

Kegiatan bertambah meriah dengan hadirnya Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, serta OPD terkait.

Baca juga   Keluarga Garda Terdepan Wujudkan DIY Bebas Stunting

Wakil Walikota Kota Yogya Heroe Poerwadi mengatakan, untuk Kota Yogyakarta sendiri merupakan Kota Layak Anak (KLA) kategori utama ini merupakan kebanggan semua agar kota ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Terimakasih untuk semuanya sudah terlibat dalam kegiatan ini. Mari bersama-sama menghibur dan mengedukasi anak-anak terutama dalam seni dan budaya,” ungkap Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Meskipun acara dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak, Heroe berharap semua tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Kegiatan hari anak ini semoga semakin mengokohkan Kota Yogyakarta agar semakin sejahtera dan mengajak anak-anak menjadi generasi emas di masa mendatang,” jelasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Vaksinasi booster di Kabupaten Karanganyar dimulai Kamis (20/1/2022). Bupati Karanganyar Juliyatmono menjadi yang pertama disuntik, di Vaksin Center PMI, disusul Wakil Bupati Rober Christanto, dan perwakilan Forkopimda. (Foto: MC Kab Karanganyar)

Peristiwa

Vaksinasi Booster Dimulai, Bupati Karanganyar Disuntik Pertama
Penyerahan bantuan secara simbolis BAZNAS Kota Yogyakarta. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Yogya Beri Bantuan Anak Yatim Covid-19
Kondisi Gunung Semeru pasca erupsi, Minggu (12/12/2021). (Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB)

Peristiwa

Update, Sebanyak 10.400 Warga Mengungsi di 406 Titik Pengungsian Paska Erupsi Semeru
Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Perketat PPKM Mikro, Jam 8 Malam Resto dan Kafe Harus Tutup
Pemberian uang santunan penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan nasional jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 di Pendapa Taman Cerdas Kelurahan Gilingan, Kota Surakarta, Senin (22/11/2021). (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Warga Diharap Gunakan Santunan Jalur Ganda Solo-Semarang Tidak untuk Konsumtif
(Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Dinas Kebudayaan Kota Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelaku Seni
Tingginya tembok rutan tak menghalangi datangnya berkah Natal bagi warga binaan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. Puluhan warga binaan Rutan dan Lapas Surabaya menggelar perayaan Natal dari balik jeruji, Selasa (14/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Puluhan Warga Binaan Rayakan Natal di Gereja Rutan Surabaya
Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Forkopimda Sukoharjo hadir dalam pemusnahan ribuan Barang Milik Negara (BMN) hasil penindakan Kantor Bea Cukai. (Foto: MC Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Ribuan Barang Hasil Penindakan Bea Cukai Senilai Rp1,8 Miliar Dimusnahkan