Home / Peristiwa

Selasa, 28 September 2021 - 21:50 WIB

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Sleman Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies di Sleman, Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor. (Foto:Humas Sleman)

Hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies di Sleman, Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor. (Foto:Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Pemerintah Kabupaten Sleman selenggarakan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan, Selasa (28/9/2021).

Penyelenggaraan vaksinasi rabies berlangsung di tiga lokasi wilayah yaiu Gamping, Cangkringan, dan Berbah.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman, Suparmono menjelaskan kegiatan vaksinasi rabies tersebut diselenggarakan rutin setiap tahunnya untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

“Setiap tanggal 28 September 2021 (Hari Rabies Sedunia) kita rutin menyelenggarakan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suparmono mengatakan bahwa tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mendapatkan kuota dosis vaksin rabies dari Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian sebanyak 500 dosis vaksin rabies.

Baca juga   Percepat Capaian Vaksinasi Covid-19, Pemkab Sleman Gandeng PMB

Di samping itu, dalam pelaksanaanya Suparmono menyebut Pemkab Sleman mendapatkan tambahan jumlah dosisi vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis vaksin.

Sebanyak 500 dosis vaksin kita siapkan untuk dibagi di tiga wilayah yaitu Gamping sebanyak 242 dosis, Cangkringan 140 dosis dan Berbah 118 dosis.

“Sementara untuk vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis kita pakai sebagai cadangan bagi mereka yang datang dan belum melakukan pendaftaran sebelumnya,” jelas Suparmono.

Sementara jumlah hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies tersebut yaitu Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor.

Baca juga   Puluhan Anak Yatim Piatu Terima Bantuan Paket Sekolah

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berkesempatan hadir dan meninjau langsung penyelenggaraan vaksinasi rabies. Tinjauan dilakukan di Puskeswan Gamping sebagai salah satu lokasi vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Dalam tinjauannya, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Menurut Kustini vaksinasi rabies merupakan salah satu yang perlu diperhatikan untuk hewan peliharaan.

“Rabies ini juga merupakan virus yang berpotensi menular ke manusia, maka dari itu saya sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” ungkap Kustini. (*)

Share :

Baca Juga

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat launching Program 'Kita Jaga Usaha' yang diinisiasi Baznas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

‘Kita Jaga Usaha’, Stimulus Bagi UMKM dari Baznas
Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Perketat PPKM Mikro, Jam 8 Malam Resto dan Kafe Harus Tutup
Walikota Gibran Rakabuming memberangkatkan bantuan paket sembako untuk warga terdampak di Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Berangkatkan 1.000 Paket Sembako dari Akpol Angkatan 91 untuk Warga Terdampak
Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba menyerahkan bantuan PPKM Darurat pada para wartawan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Serahkan Bantuan PPKM Darurat untuk Wartawan
Bupati Sukoharjo memantau ke sejumlah tempat di hari pertama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Hari Pertama PPKM Darurat, Bupati Sukoharjo Pantau Rumah Makan
Bupati H. Sunaryanta meninjau paviliun Wanagama. (Foto:nyatanya.com/Humas Gunungkidul)

Peristiwa

Wanagama Kembali Digunakan untuk Karantina Pasien Covid-19
Kegiatan jemput bola untuk warga penyandang disabilitas dan lansia tersebut nantinya akan dilakukan secara rutin dan berkala, bekerja sama dengan Disdukcapil Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Kalurahan Caturtunggal Jemput Bola Rekam KTP-el Difabel dan Lansia
PHRI DIY sediakan 230 kamar untuk isolasi mandiri. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PHRI Siapkan 230 Kamar Hotel untuk Isolasi Mandiri