Home / Peristiwa

Selasa, 28 September 2021 - 21:50 WIB

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Sleman Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies di Sleman, Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor. (Foto:Humas Sleman)

Hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies di Sleman, Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor. (Foto:Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Pemerintah Kabupaten Sleman selenggarakan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan, Selasa (28/9/2021).

Penyelenggaraan vaksinasi rabies berlangsung di tiga lokasi wilayah yaiu Gamping, Cangkringan, dan Berbah.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman, Suparmono menjelaskan kegiatan vaksinasi rabies tersebut diselenggarakan rutin setiap tahunnya untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

“Setiap tanggal 28 September 2021 (Hari Rabies Sedunia) kita rutin menyelenggarakan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suparmono mengatakan bahwa tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mendapatkan kuota dosis vaksin rabies dari Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian sebanyak 500 dosis vaksin rabies.

Baca juga   Pesta Property Expo 2024, APERSI Jateng-DIY Optimis Bisnis Properti di DIY Sangat Menjanjikan

Di samping itu, dalam pelaksanaanya Suparmono menyebut Pemkab Sleman mendapatkan tambahan jumlah dosisi vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis vaksin.

Sebanyak 500 dosis vaksin kita siapkan untuk dibagi di tiga wilayah yaitu Gamping sebanyak 242 dosis, Cangkringan 140 dosis dan Berbah 118 dosis.

“Sementara untuk vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis kita pakai sebagai cadangan bagi mereka yang datang dan belum melakukan pendaftaran sebelumnya,” jelas Suparmono.

Sementara jumlah hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies tersebut yaitu Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor.

Baca juga   Bupati Sleman Ajak Swasta Sesarengan Tanggulangi Kemiskinan Melalui Zakat

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berkesempatan hadir dan meninjau langsung penyelenggaraan vaksinasi rabies. Tinjauan dilakukan di Puskeswan Gamping sebagai salah satu lokasi vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Dalam tinjauannya, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Menurut Kustini vaksinasi rabies merupakan salah satu yang perlu diperhatikan untuk hewan peliharaan.

“Rabies ini juga merupakan virus yang berpotensi menular ke manusia, maka dari itu saya sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” ungkap Kustini. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi pencegahan Demam Berdarah Dengue. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Walikota Pekalongan: Musim Hujan Tiba, Waspadai Potensi DBD
Pada 30 April 2022, siaran TV analog di 166 kabupaten/kota (56 wilayah layanan siaran) akan dimatikan. Masyarakat di daerah tersebut tidak lagi bisa menonton siaran televisi dengan perangkat TV analog. Selanjutnya, siaran televisi beralih ke penyiaran TV digital. (Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp)

Peristiwa

Mulai 30 April 2022 Siaran TV di 166 Kabupaten/Kota Ini Bakal Dimatikan
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom

Peristiwa

Foto: Upacara Penyambutan Air Suci
Pohon beringin di Alun-alun Utara Yogyakarta yang roboh diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Jumat (1/4/2022) sore. (Foto: BPBD DIY)

Peristiwa

Hujan Deras Disertai Angin Tumbangkan Pohon Beringin di Alun-Alun Utara Yogya
WJNC #6 mengusung tema Semar Boyong yang menceritakan tentang Poncowati yang terkena pagebluk, lalu bisa terhindar karena Kembang Wijaya Kusumo dan Cangkok Wijaya Mulyo pulih kembali di tangan Semar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Sandiaga Uno: WJNC #6 Acara Terbaik Pariwisata Indonesia
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melantik pengurus BPC HIPMI Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya, Kamis (21/10/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Wabup Danang Maharsa Dorong HIPMI Majukan UMKM di Sleman
Pemkot Yogya memberikan suntikan penyertaan modal kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY sebesar Rp30 Miliar. Penyertaan modal tersebut dilakukan sesuai amanat Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 17 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Beri Suntikan Penyertaan Modal Rp30 Miliar kepada BPD DIY
Keraton Yogyakarta menerima kunjungan dari delegasi G20 pada Kamis (24/3/2022) lalu. Sebanyak 90 delegasi hadir untuk menyaksikan pameran dan museum secara utuh. (Foto: kratonjogja.id)

Peristiwa

Disuguhi Sejarah dan Budaya, Delegasi G20 Terpukau Saat Kunjungi Keraton Yogyakarta