Home / Plus

Kamis, 12 Januari 2023 - 06:54 WIB

Perkaya Wawasan Desain, SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta Kunjungi DKV ISI Surakarta

Foto bersama SMK Multimedia Sumbangsih saat berkunjung ke Prodi DKV ISI Surakarta, Selasa (10/1/2023). Foto: Ist/Dok.ISI Surakarta

Foto bersama SMK Multimedia Sumbangsih saat berkunjung ke Prodi DKV ISI Surakarta, Selasa (10/1/2023). Foto: Ist/Dok.ISI Surakarta

NYATANYA.COM, Surakarta – Sebanyak 120 siswa dan 20 guru SMK Multimedia Sumbangsih berkunjung ke Prodi DKV ISI Surakarta, Selasa (10/1/2023).

Dalam kunjungannya para siswa kelas X dan XI dari Program DKV, Animasi, dan Multimedia ini mendapatkan berbagai wawasan seputar desain komunikasi visual.

Kunjungan ini adalah kali kedua SMK Multimedia Sumbangsih, Jakarta Selatan ke ISI Surakarta, dimana kunjungan sebelumnya dilakukan pada Selasa, 4 Januari 2022.

Jika kunjungan sebelumnya para siswa dan guru mendapatkan wawasan tentang multimedia, fotografi, hingga film dan televisi, kali ini mereka mendapatkan wawasan khusus di bidang DKV.

Kunjungan ini pun disambut langsung oleh Wakil Dekan III FSRD, Ahmad Fajar Ariyanto, S.Sn., M.Sn. di ruang Laboratorium Produksi TV, Gedung IV, FSRD, ISI Surakarta.

Gatot Eko Cahyono, S.Sn. selaku guru pembimbing berharap dengan adanya kunjungan ini para siswa mendapat lebih banyak wawasan di bidang multimedia, khususnya DKV.

Baca juga   BSSN dan Pemkot Yogya Ajak Pelajar Jaga Keamanan Ruang Siber

Acara inti dalam kunjungan ini dimulai dengan pengenalan profil ISI Surakarta kepada para siswa dan guru diawali dengan pemutaran video profil dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang berbagai prodi yang ada.

Pemaparan ini disampaikan langsung oleh Pranata Humas ISI Surakarta, Mulyadi, S.Sos.

Selain itu, Mulyadi juga menyampaikan tata cara pendaftaran dan proses seleksi masuk perguruan tinggi seni di Surakarta ini.

Setelah mendapat materi pengenalan profil ISI Surakarta, para siswa dan guru mendapat materi detail tentang DKV.

Penyampaian materi dilakukan langsung oleh Kapordi DKV ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. dengan topik yang disampaikan diawali dengan pengertian DKV dan ruang lingkup beserta perannya.

Selanjutnya, Asmoro juga menyampaikan apa saja yang dipelajari, berbagai prestasi, dan aktivitas penunjang kreativitas di Prodi DKV ISI Surakarta.

Baca juga   Susi Sukses Olah Mijel Menjadi Sabun Cuci

Menurut Asmoro dari kegiatan kunjungan ini berharap nantinya para siswa SMK Sumbangsih yang ingin menjadi desainer tidak sekadar mampu mengolah pesan dan visual, namun juga peka pada fenomena sosial.

Tidak berhenti di situ, materi selanjutnya disampaikan oleh Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds.

Dalam kesempatan ini Basnendar memperlihatkan berbagai karya kreatif poster dan lainnya agar siswa mendapatkan gambaran tentang apa saja yang bisa diciptakan oleh seorang desainer komunikasi visual.

Basnendar pun juga bercerita tentang pengalamannya dalam menciptakan karya hingga mendapatkan penghargaan MURI dan mengikuti beragam pameran nasional maupun internasional.

“Untuk menjadi desainer atau pelaku industri kreatif cukup mudah. Hanya bermodal menjalin koneksi lewat kemudahan tekonologi digital, siapa pun bisa dan mampu,” ujar Basnendar.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Plus

Persiapkan International Symposium 2023, Keraton Yogyakarta Buka Call For Paper Hingga Desember 2022
Aldi tengah menjalani terapi buta warna dan ditangani oleh terapis dari Klinik Banyu Urip. (Foto: istimewa)

Plus

Heboh…Dokter Nyatakan Sehat Usai Terapi Buta Warna di Klinik Banyu Urip
Batako ini dibuat dari sampah. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Inovatif! Ditangan Warga Bumijo Sampah Residu Diolah Jadi Batako
Ukiran kayu suku Kamoro hanya boleh dibuat oleh orang asli suku tersebut. Itulah sebabnya relatif susah menemukannya selain di daerah Papua, terutama Mimika.(Foto: Ryiadhy/InfoPublik)

Plus

Mengenal Seni Pahat Kayu Suku Kamoro yang Tak Sembarang Orang Boleh Membuat
Dalam budidaya ikan air tawar bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. (Foto: istimewa)

Plus

Daun Pepaya Tingkatkan Imunitas Tubuh Ikan Tawar
Sebanyak 110 PNS pra purna yang mengikuti pembekalan yang diselenggarakan BKPSDM Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Jelang Purna Tugas, Ratusan ASN Pemkot Yogya dapat Motivasi dan Pelatihan
Pemkab Rembang menggelar pelatihan pembuatan produk makanan demi entaskan kemiskinan warganya. Foto: Kominfo Rembang

Plus

Dorong Kemandirian Warga Desa Berstatus Miskin Ekstrem dengan Pelatihan
Sekitar 3.000 perempuan dari seluruh Indonesia tumplek-blek di Jalan Slamet Riyadi Surakarta mengenakan kebaya daerah masing-masing, Minggu (2/10/20222). Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Pecahkan Rekor Muri, 3.000 Perempuan Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara