Home / Peristiwa

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:44 WIB

Perketat PPKM Mikro, Jam 8 Malam Resto dan Kafe Harus Tutup

Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 14 tahun 2021 terkait perpanjangan dan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Sejumlah aturan diubah dan disesuaikan dengan Instruksi Mendagri untuk mengendalikan penularan Covid-19.

“Ya memang ada perubahan terkait instruksi Mendagri tersebut. Selebihnya sebagian besar sudah dilakukan Pemkot Yogyakarta untuk merespon perkembangan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kamis (24/6/2021).

Heroe menjelaskan hal-hal yang berubah di antaranya mengenai jam tutup usaha restoran, kafe dan layanan umum yang semula pukul 21.00 WIB menjadi pukul 20.00 WIB. Termasuk dari segi kapasitas restoran, kafe maupun tempat pertemuan dari semula 50 persen menjadi 25 persen

Baca juga   Puan Maharani Salurkan Bantuan Makanan Tambahan untuk Bumil

“Terkait pelaksanaan PPKM mikro terutama menyikapi tentang pertumbuhan kasus Covid-19 akhir-akhir ini yang diminta dilakukan secara lebih ketat,” ujarnya.

Menurutnya sebelum Instruksi Mendagri itu keluar, Pemkot Yogyakarta sudah melakukan pengetatan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19. Dicontohkan dalam pelaksanaan pertemuan dibatasi dan mengurangi kegiatan rapat tatap muka dengan memanfaatkan rapat secara daring.

Terkait pemberian sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, pihaknya menyatakan hal itu sudah diberikan legitimasi dalam Instruksi Mendagri. Pemberian sanksi tersebut juga dibahas dalam rapat bersama dengan Gubernur DIY.

Baca juga   Paket Sembako Bantuan ASN Sukoharjo Mulai Disalurkan

“Tapi dalam penerapannya (sanksi) sedang dikoordinasikan. Terutama dalam pelaksanaannya akan melibatkan Satpol PP Kota Yogyakarta, Kodim, Polresta, Satpol PP DIY dan lainnya,” terang Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu.

Pihaknya menegaskan pelaksanaan operasi gabungan terkait penegakan protokol kesehatan sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Terutama mengenai pemeriksaan acak terhadap pelaksanaan protokol kesehatan, pencegatan secara acak kendaraan di jalan, tempat parkir, destinasi wisata dan layanan umum lainnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani (kiri) menerima sumbangan tabung oksigen dari PWK. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Peduli Kampung Halaman, PWK Sumbang 100 Tabung Oksigen
Pemerintah Kabupaten Temanggung memastikan anak-anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 mendapat asuhan dan keterjaminan pendidikan masa depan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Pastikan Pengasuhan dan Pendidikan, Pemkab Temanggung Data Anak Terdampak Covid
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Jumat (16/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Shelter Covid-19 Inisiatif UGM, Alternatif Kurangi Beban Rumah Sakit
Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima bantuan 100 buah konsentrator oksigen dari Pemerintah Kota Surakarta. (Foto:Kominfo Wonogiri)

Peristiwa

Wonogiri Terima 100 Konsentrator Oksigen dari Pemkot Surakarta
Bimbingan Teknis Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD yang digelar Disdikbud Kabupaten Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

PAUD Berperan Strategis Kembangkan SDM
Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan sidak memantau pendistribusian BST di DIY, Senin (19/7/2021) di Kampung Sayidan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Mensos RI Tri Rismaharini Sidak Distribusi Bansos di Sayidan
Pelaksanaan vaksinasi anak program Vaksinasi untuk Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-76 RI yang digelar GPIB Salatiga. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

1.300 Anak di Salatiga Ikuti Vaksinasi GPIB
DIY mendapat penghargaan Anugerah Tangguh Presisi dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-75. (Foto:nyatanya.com/HUmas Pemda DIY)

Peristiwa

Efektif Tangani Covid-19, DIY Raih Anugerah Tangguh Presisi