Home / Buku

Rabu, 14 September 2022 - 21:23 WIB

Perkuat Literasi Digital, Guru di Kota Yogya Ikuti Workshop Internet Sehat

Workshop Internet Sehat yang diadakan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta, Rabu (14/9/2022) di Gaia Cosmo Hotel. Foto: Humas Pemkot Yogya

Workshop Internet Sehat yang diadakan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta, Rabu (14/9/2022) di Gaia Cosmo Hotel. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kemajuan teknologi digital pada akhirnya membawa setiap bidang dan generasi untuk terlibat. Termasuk dunia pendidikan yang tidak akan lepas dari pengaruh tersebut.

Maka dari itu literasi digital merupakan modal penting bagi setiap guru, tenaga pendidik dan juga siswa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, pada acara Workshop Internet Sehat yang diadakan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta, Rabu (14/9/2022) di Gaia Cosmo Hotel.

Aman Yuriadijaya mengatakan, dengan kehadiran internet di masa sekarang bisa dimanfaatkan dalam membangun kemajuan pendidikan.

Dengan catatan, internet itu dijadikan sebagai media pendukung dan partner dalam menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.

Foto: Humas Pemkot Yogya

“Internet ini ketika dimanfaatkan dengan bijak maka bisa menjadi partner kita dalam membangun pendidikan di Kota Yogya yang berkarakter. Meski tetap harus waspada karena internet juga bisa menjadi ancaman. Maka harapannya melalui pelatihan ini para guru bisa mendapatkan bekal bagaimana menggunakan internet untuk menunjang proses mengajar di sekolah,” ujarnya.

Baca juga   Bangun Nasionalisme Bahasa dan Budaya, BRIN Luncurkan Dua Buku

Kemudian Aman Yuriadijaya menambahkan, setiap perwakilan guru yang mengikuti pelatihan selanjutnya akan menjadi agen dan perpanjangan tangan bagi guru lain di sekolahnya, untuk membagikan ilmu dan wawasan yang didapatkan kaitannya dengan penggunaan internet dalam menunjang proses mengajar.

Kepala Dinkominfosan Ignatius Trihastono dalam laporannya mepaparkan, kegiatan ini dilaksanakan berangkat dari peran guru sebagai perwakilan orang tua di sekolah, guru garda terdepan dalam dunia pendidikan harus memiliki dan meningkatkan kompetensi dalam menghadapi era pendidikan 4.0.

“Peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi yang tidak asing lagi dengan dunia digital, sudah terbiasa dengan dengan arus informasi yang cepat dan beragam. Dengan mengetahui dampak positif dan negatif internet untuk siswa, maka guru yang juga berperan sebagai orang tua dapat lebih bijak dalam melakukan pendampingan. Supaya penggunaan internet bisa menjadi media pengembangan potensi siswa,” jelasnya.

Baca juga   Dinas Kebudayaan Gelar Festival Sastra Yogyakarta 2021

Ignatius Trihastono juga menyampaikan, penyelenggaraan Workshop Internet Sehat menyasar guru perwakilan dari setiap Sekolah Dasar dan Menengah Pertama di Kota Yogya. Kurang lebih 200 guru yang pelaksanaannya dibagi dalam dua hari yaitu Rabu dan Kamis, 14 dan 15 September 2022.

Dalam kegiatan Workshop Internet Sehat dimoderatori oleh Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Dinkominfosan Kota Yogyakarta Tri Haryanto, dengan menghadirkan narasumber Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Yustinus Keliek Mulyono, Akademisi dan Pakar Teknologi Informasi Wing Wahyu Winarno, dan Praktisi Komunikasi Magdalena Bheti Krisindawati.

(Jul/N1)

Share :

Baca Juga

Acara bedah buku berjudul "Tapak Pangeran di Bumi Merapi" yang berlangsung di Puri Mataram Tridadi, Kabupaten Sleman, Kamis (11/11/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Buku

Disbud Sleman Bedah Buku “Tapak Pangeran di Bumi Merapi”
Webinar Darma Wanita Persatuan dengan tema “Menyiapkan Ekosistem untuk Membangun Literasi dalam Keluarga”. (Foto: Kemendikbudristek)

Buku

Bulan Bahasa dan Sastra, Siapkan Ekosistem Membangun Literasi dalam Keluarga
Guna meningkatkan minat baca warga Jatim, Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Jatim mendukung Implementasi Perpustakaan Digital Desa dan area berpotensi “Titik Baca”. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Buku

Diprakarsai IKAPI dan Kubuku, Diskominfo Jatim Dukung Implementasi Perpustakaan Digital Desa
Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten akan dikembalikan ke arsitektur aslinya bergaya kraton Surakarta dan Yogyakarta. (Foto: MC Kab Klaten)

Buku

Asyiknya Baca Buku di Perpustakaan Klaten yang Bernuansa Kraton
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
Foto: Ist/Qiscus

Buku

Pentingnya Literasi Digital di Kalangan Anak Muda
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mengukuhkan Bunda Literasi DIY dan membuka workshop di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Rabu (7/9/2022). Foto: Ist

Buku

GKBRAy Adipati Paku Alam, Bunda Literasi DIY 2022-2026
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman menyerahkan 12 router WiFi kepada 12 perpustakaan kalurahan. (Foto: Humas Sleman)

Buku

DPK Sleman Serahkan Bantuan Router Wifi kepada Perpustakaan Kalurahan