Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Maret 2022 - 21:39 WIB

Perkuat Marwah Pers Profesional dan Independen, 40 Wartawan Ikuti KLW PWI DIY

Sebanyak 40 wartawan di DIY mengikuti KLW yang diselenggarakan oleh PWI DIY. (Foto: Dok.PWI DIY)

Sebanyak 40 wartawan di DIY mengikuti KLW yang diselenggarakan oleh PWI DIY. (Foto: Dok.PWI DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY mengadakan Karya Latih Wartawan (KLW) tahun 2022 di aula kantor PWI DIY, Jalan Gambiran 45 Yogyakarta, Sabtu (19/3/2022).

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka secara resmi kegiatan yang diikuti 40 wartawan se-DIY dalam balutan tema ‘Wartawan Profesional Menangkan Pertempuran Lawan Pandemi’ yang didukung oleh Bank BRI.

Heroe Poerwadi berharap wartawan media massa menjadi obor penerang bagi masyarakat di tengah derasnya arus informasi.

Pasalnya, dengan banyaknya informasi terutama yang beredar di media sosial, justru membuat masyarakat semakin bingung.

Jangan sampai masyarakat mengonsumsi berita bohong/hoaks yang informasinya berbeda dengan fakta.

“Wartawan dengan budaya kerja yang sesuai kode etik jurnalistik (berimbang, selalu mengkonfirmasi) diharapkan menjadi penerang masyarakat dan penjaga kebenaran informasi. Saat ini semua orang bisa menulis, memotret, memvideo dan memposting informasi, disinilah pentingnya sertifikasi kompetensi wartawan,” terang Heroe.

Baca juga   Mobil Listrik Made in Lokal Akan Digunakan di 2 Bandara dan dukung Event G20

Ketua PWI DIY, Hudono SH menuturkan, salah satu tujuan diadakannya KLW adalah untuk merekrut wartawan yang belum tergabung dalam organisasi profesi wartawan, dapat bergabung dengan PWI. Hal ini penting, agar wartawan tersebut mendapat perlindungan saat menjalankan aktivitas jurnalistiknya.

“Kadang ada rekan wartawan yang berurusan dengan kasus hukum saat melakukan peliputan. Kalau belum menjadi anggota PWI, kita tidak bisa memberikan advokasi. Tapi kalau sudah menjadi anggota PWI, kita akan memberikan pendampingan lewat Divisi Hukum PWI DIY,” kata Hudono pada kesempatan yang sama.

Menurut Hudono, dalam konteks media massa, di mana banyak platform yang dimanfaatkan, keberadaan organisasi wartawan menjadi kebutuhan yang mendesak.

Organisasi PWI DIY menjadi tempat bagi para wartawan untuk merancang masa depan pers, berkoordinasi, membangun jaringan dan relasi yang kuat guna mewujudkan pers yang profesional dan independen.

Baca juga   Cucu Bunuh Kakek Sendiri di Parkiran McDonald's Yogya, Gegara Ditagih Utang Rp80 Juta

“Ketika menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, wartawan harus tetap menjaga independensi. Karena itu marwah dari pers yang harus profesional dan independen,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Hudono, dalam KLW, peserta mendapatkan penguatan materi mengenai rambu-rambu hukum pers dan kode etik jurnalistik serta pedoman pemberitaan ramah anak.

Narasumber yang dihadirkan adalah dari PWI DIY yaitu Dra Esti Susilarti MPd MPar (Wakil Ketua PWI DIY Bidang Pendidikan), Drs Sihono HT MSi (Ketua Dewan Kehormatan Provinsi/DKP PWI DIY) dan Hudono sendiri.

Selain itu disampaikan presentasi dari Bank BRI yang lakukan secara daring oleh Roma Simanjuntak (Corporate Communication Bank BRI).

“KLW ini juga terkait dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan diselenggarakan oleh PWI DIY, 30-31 Maret 2022 ini. Dalam KLW disampaikan kisi-kisi uji kompetensi, sehingga penting disimak oleh peserta,” kata Roma Simanjuntak.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sejumlah barang bukti bahan pembuat mercon yang berhasil diamankan petugas. (Foto: Dok.POlres Bantul)

Peristiwa

Polisi Gerebek Dua Rumah di Pajangan Bantul yang Dijadikan Tempat Membuat Mercon
Polres Bantul memusnahkan barang bukti 2.500 botol minuman keras (miras) dari berbagai jenis, 250 knalpot blombongan dan 230 petasan, Jumat (22/4/2022). Foto: Istimewa

Peristiwa

Polres Bantul Musnahkan Ribuan Botol Miras, Petasan dan Knalpot Blombongan
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Polres Temanggung. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Sampai Juli 2021, Polres Temanggung Sudah Vaksinasi 8.273 Orang
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bercengkerama di tengah warga dalam kunjungannya ke Kabupaten Banyumas, Selasa (8/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sehari Bersama Gubernur, Sikap ‘Receh’ Ganjar Bikin Siswa SMA Ini Kagum
Apel pencanangan sekolah ramah anak di SMAN I Bandongan. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pertama di Kedu, SMAN 1 Bandongan Canangkan Sekolah Ramah Anak
Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021, Pemkab Sleman bekerja sama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sleman menyelenggarakan seminar kewirausahaan dan senam bersama. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Hari Disabilitas Internasional 2021 Digelar Meriah Pemkab Sleman
Penandatanganan naskah kerjasama BPJS dengan UNY dan UPN. (Foto: Dedy Herdito)

Peristiwa

BPJS Kesehatan Tandatangani Kerjasama dengan UNY dan UPN
Sejumlah kendaraan yang ditabrak Bus Mira S 7262 US di simpang Ketandan, Banguntapan, Bantul, Jumat (11/2/2022) malam. (Foto: Twitter @merapi_uncover)

Peristiwa

Polisi Masih Olah TKP, Bus Mira Ngeblong di Lampu Merah Ketandan Bantul Tabrak 5 Mobil 1 Motor