Home / News

Selasa, 22 November 2022 - 19:40 WIB

Perkuat Toleransi, Pemkot Magelang Luncurkan “Rela Bersiaga”

Foto: Pemkotmgl

Foto: Pemkotmgl

NYATANYA.COM, Magelang – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) meluncurkan Rela Bersiaga (Rumah Belajar Moderasi Beragama), di TKL Ecopark Kota Magelang, Senin (21/11/2022).

Rela Bersiaga menjadi wadah untuk memperkuat dan memperkokoh kerukunan antarumat beragama, di kota itu.

Kepala Kesbangpol Kota Magelang, Agus Satiyo Haryadi mengatakan, Rela Bersiaga merupakan media strategis untuk menyebarluaskan nilai-nilai moderasi beragama.

Selain itu, memperkuat pemahaman wawasan kebangsaan yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pembinaan antarsuku dan umat beragama, ras dan golongan, FKUB punya strategi dalam menjaga, mendeteksi, dan mencari solusi, berkaitan dengan kerukunan hidup antarumat beragama. Salah satunya, melalui penyebarluasan dan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama,” terang Agus.

Baca juga   Balkonjazz 2022 The Energy That Heals, Daya Ungkit Ekonomi Masyarakat Lokal

Pihaknya mendukung FKUB sebagai wadah resolusi konflik yang dipercaya masyarakat, untuk mewujudkan kerukunan beragama.

Pemkot Magelang mendorong FKUB untuk konsisten, menumbuhkan semangat, serta merawat kerukunan antarumat beragama.

“Selain itu, menampung aspirasi Ormas dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi, serta melakukan sosialisasi peraturan/kebijakan di bidang keagamaan, yang berkaitan dengan kerukunan umat dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengapresiasi peluncuran Rela Bersiaga, sebagai wadah menjaga toleransi dan mencegah radikalisme di wilayahnya.

Baca juga   Tujuh Paket Peningkatan Jalan dan Jembatan DPSP Borobudur Selesai Dibangun, Telan Anggaran Rp357,06 Miliar

“Saya apresiasi dengan peluncuran Rela Bersiaga. Kota Magelang nomor enam Kota Toleransi di Indonesia, berkat Progamis. Melalui program itu Pemkot Magelang benar-benar concern, agar masyarakat paham dengan agama masing-masing,” katanya.

Ketua FKUB Kota Magelang Ismudiyono menuturkan, kerukunan harus dipupuk sejak dini dengan bingkai NKRI yang berlandaskan Pancasila.

“Forum ini menjadi pemelihara kerukunan melalui moderasi, yaitu menghormati perbedaaan. Kita meyakini apa yang kita yakini, tapi juga menghormati keyakinan orang lain yang berbeda,” katanya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin (6/12/2021), pukul 07.00 waktu setempat. (Foto:BPBD)

News

Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir di Lombok Barat, 404 KK Terdampak
Korlantas Polri memberlakukan ganjil genap dan one way atau satu arah di jalan tol mulai hari ini, Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB. One way ini diberlakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2022. (Foto: NTMC Polri)

News

One Way Berlaku Hari Ini, Kendaraan Plat Ganjil Diimbau Gunakan Jalan Non Tol
Foto: Kemenkes

News

Per 23 Oktober 2022, Sebanyak 1.205 Orang Sembuh dari Covid-19
Penggunaan gas air mata dalam situasi perang dilarang di bawah Konvensi Senjata Kimia karena ia masuk dalam klasifikasi senjata kimia. Foto: Ist

News

Sederet Fakta Tentang Gas Air Mata, Dilarang untuk Perang, Tapi Digunakan Menghalau Warga Sipil
Ditjen Perhubungan Udara berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) melalui Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, untuk memperketat pengawasan pengiriman paket Pos melalui pesawat udara. (Foto: Citilink)

News

Pemerintah Perketat Pengawasan Pengiriman Paket Pos Lewat Pesawat Udara
Pemkot Yogyakarta terus genjot pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster. Hingga Senin (11/7/2022) pemberian vaksin booster sudah mencapai 89,30 persen atau 264.692 warga yang menjadi sasaran vaksin di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Kembali Jadi Syarat Perjalanan, Pemkot Yogya Genjot Vaksinasi Boster
Foto: Diskominfo Jateng

News

Ekonomi Jateng Berangsur Pulih, Pengangguran Kian Susut, Ini Datanya Menurut BPS
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Hari Ini DIY Mencatat Penambahan Kasus Covid-19 Sebanyak 1.431, Sembuh 976 Kasus