Home / Peristiwa

Sabtu, 17 Juli 2021 - 09:58 WIB

Permintaan Hewan Kurban di Pekalongan Menurun

Harga hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2021 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Harga hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2021 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Jelang Hari Raya Idul Adha, penjualan hewan ternak kambing dan sapi untuk hewan kurban sejauh ini tergolong sepi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya sebulan sebelum hari raya, sudah banyak pembeli yang memesan untuk kebutuhan hewan kurban.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) Pekalongan, Sri Haryati, membenarkan adanya penurunan permintaan masyarakat yang membeli hewan kurban. Ia menjelaskan hal tersebut usai memantau ke sejumlah sentra penjualan kambing dan sapi, di Jalan Ki Mangunsarkoro, Jalan Jawa, Kauman, Pesindon, Clumprit, Kebulen, Poncol, dan Jalan Jlamprang.

Baca juga   Pemkot Surakarta Terima Bantuan Rp300 Juta untuk Perbaikan RTLH

“Untuk tahun 2021 ini, karena masih adanya pandemi, jadi ada penurunan jumlah stok kambing dan permintaan pembeli, tidak seramai tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya saat ditemui di sentra penjualan hewan kurban kambing di Pesindon Gang Tiga, Kamis (15/7/2021).

Haryati menambahkan, harga hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2021 ini sedikit mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Kenaikan harga ini dipengaruhi naiknya harga yang dipatok dari para peternak.

“Berdasarkan laporan dari penjual hewan kurban, pada tahun 2021 ini rata-rata laku 40 ekor kambing saja. Untuk harga kambing, berkisar Rp.2,2-3,5 juta per ekor. Sementara, harga sapi dipatok mulai Rp16-60 juta per ekor,” bebernya.

Baca juga   Polres Magelang Gencar Lakukan 'Vaksinasi Merdeka Candi'

Para penjual hewan kurban ini, lanjutnya, rata-rata membeli dari peternak di Sukoharjo. Para penjual mengaku, stok hewan kurban masih mencukupi. Mereka siap mengambil ke peternak jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan permintaan.

“Jika ada permintaan banyak, penjual ini mengambil kembali dari peternak Sukoharjo,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Rapat persiapan pelaksanaan isolasi terpusat yang dipimpin Dandim Sleman dihadiri Dandim Yogya. (Foto : dokumentasi Kodim 0734/Yogyakarta

Peristiwa

Rusun UNY Tempat Isolasi Terpusat Khusus Pasien Bergejala Ringan
Edotel Klaten mulai difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat bagi ibu hamil dan menyusi. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Klaten Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Khusus Ibu Hamil dan Menyusui
Kegiatan vaksinasi di kampung untuk menyisir warga di lingkungan paling bawah yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 Mulai Blusukan Masuk Kampung
LazisNU MWC Secang membagikan daging kurban menggunakan besek. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik dan Go Green, Daging Kurban Dibagikan dengan Besek
Kelompok Wanita Tani Munawaroh Dusun Blederan, Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Wonosobo dengan hasil pertaniannya. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

KWT Munawaroh Sukses Kembangkan Kampung Sayur Organik
Gibran meninjau tempat isolasi mandiri terpusat di SMP 8 Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Surakarta)

Peristiwa

Pastikan Kondisi Warga yang Isolasi Terpusat Tercukupi, Gibran Bawakan Buah-buahan
Paguyuban Pinsar Petelur Nasional Kabupaten Magelang memberikan bantuan sebanyak 650 kg telur bagi tenaga kesehatan. (Foto: Humas Kab. Magelang)

Peristiwa

Tambah Imun Nakes, PPN Magelang Bantu 650 Kg Telur
Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Pekalongan Percepat Penyaluran BLT Dana Desa