Home / Peristiwa

Selasa, 21 Desember 2021 - 16:10 WIB

Permudah Layanan Publik, Pemkot Yogya Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meluncurkan ADM di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (21/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meluncurkan ADM di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (21/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan mempermudah pelayanan publik. Salah satunya dalam pelayanan dokumen administrasi kependudukan dan catatan sipil, Pemkot Yogyakarta meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Lewat ADM masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen administrasi kependudukan dan catatan sipil seperti KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

“Dengan adanya ADM ini melengkapi komitmen Pemkot Yogyakarta dalam upaya memberikan layanan semaksimal mungkin ke masyarakat untuk lebih dipermudah,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meluncurkan ADM di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (21/12/2021).

Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) mengoperasionalkan 3 unit ADM. Dua unit ADM dari pengadaan APBD Kota Yogyakarta ditempatkan di Kantor Kemantren Mergangsan dan Jetis. Sedangkan 1 unit ADM bantuan CSR dari Bank BPD DIY ditempatkan di MPP Balai Kota Yogyakarta.

Heroe menyatakan keberadaan ADM bagian dari melengkapi pelayanan administrasi kependudukan di masyarakat. Selama ini Pemkot Yogyakarta memberikan layanan cetak administrasi kependudukan lewat pelayanan langsung di Kantor Dindukcapil, di MPP dan drive thru.

Di samping itu melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) masyarakat juga dapat mencetak sendiri sebagian dokumen administrasi kependudukan di rumah.

Baca juga   Semangat OM Mahardhika di Tengah Pandemi Menggoyang Panggung Alpha Bravo

“Jadi ini melengkapi pelayanan ke masyarakat dalam mencetak terutama misal KTP KK, KIA dan segala macam. Ini akan mempermudah proses pencetakan,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan Pemkot Yogyakarta telah mempermudah layanan publik melalui aplikasi JSS yang diharapkan menjadi Balai Kota di dunia maya. Saat ini masih terus berproses agar JSS bisa memberikan layanan semaksimal mungkin.

Bagi masyarakat yang belum terampil menggunakan gadget Pemkot Yogyakarta menyediakan layanan publik di MPP. Total ada 160 layanan perizinan dan nonperizinan di MPP kerja sama dengan 14 instansi. Melalui MPP juga menjadi krisis center jika layanan digital terkendala.

“Kita memang harus mengayun semua kelompok masyarakat agar semua mendapatkan service pelayanan yang memuaskan dari Pemkot Yogyakarta. Ini juga tidak lepas dari kontribusi Bank BPD DIY melalui program CSR memberikan bantuan satu unit ADM,” tutur Heroe.

Sedangkan Direktur Pemasaran Bank BPD DIY Agus Trimurjanto mengatakan Bank BPD DIY memberikan dukungan dalam pelayanan public dengan meningkatkan kemudian akses lewat program layanan go-digital. Salah satu programnya Bank BPD DIY memberikan dukungan dalam pengadaan 1 unit SDM berupa hibah CSR senilai sekitar Rp 200 juta.

Baca juga   DIY Siap Terima Kunjungan 20 Negara Peserta G20 2022

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki menjelaskan penggunaan ADM dimulai dari masyarakat mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui JSS atau nomor WA di 082137589077 (KK) dan 085156474750 (akta-akta dan capil).

Setelah diproses, Dindukcapil akan mengirimkan PIN dan QR Code untuk pencetakan kepada pemohon melalui email atau SMS. Pemohon datang ke mesin ADM di MPP, Kemantren Jetis dan Mergangsan dan login menggunakan kartu QR Code yang sudah tersedia.

Kemudian memasukan PIN pencetakan, lalu klik cetak. Setelah dokumen tertampil di layar klik cetak lagi. Tunggu beberapa saat, dokumen akan keluar dari mesin.

“Menjadi pilihan masyarakat mau cetak sendiri di ADM atau mengambil dokumen yang dicetakkan di Kantor Dindukcapil atau MPP, maupun cetak sendiri di rumah. Jadi sekarang sangat dipermudah sekali masyarakat dalam mengurus dan mencetak dokumen administrasi kependudukan,” terang Septi.

Pada tahap awal operasional ADM masih mengikuti jam kerja lokasi penempatan ADM di MPP, Kemantren Mergangsan dan Jetis. Namun untuk jangka panjang rencananya ADM dibuatkan rumah seperti ATM sehingga masyarakat bisa mencetak kapanpun atau 24 jam.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Oksigen Gratis Pemkab Sukoharjo untuk Masyarakat

Peristiwa

Harga Turun, Pemprov Jateng Nglarisi Telur dari Peternak
Foto: Polda Kaltim/Tribratanews

Peristiwa

Bandar Sabu Menyamar Jadi Polisi, Pas Ditangkap Tunjukkan Kalung Reserse
Sebanyak 46 anak menerima bantuan paket sekolah dari pemerintah Kota Pekalongan dan Badan Amil Zakat Nasional. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Puluhan Anak Yatim Piatu Terima Bantuan Paket Sekolah
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK) Migas bersama kontraktor minyak dan gas bumi Premier Oil Tuna BV berhasil menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Wilayah Kerja Tuna, lepas pantai Natuna Timur, yang berada di perbatasan Indonesia dengan Vietnam. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

SKK Migas dan Kontraktor Temukan Cadangan Migas di Natuna
TKP seluncuran ambrol di Kenpark, Kenjeran Baru, Surabaya. (Foto: Ist/selalu.id)

Peristiwa

17 Korban Seluncuran Ambrol Kenpark Surabaya Sepakat Cabut Laporan Polisi
Tanah longsor yang menjebol dinding rumah warga di Samigaluh, Senin (13/6/2022). Foto: Ist/BPBD Kulon Progo

Peristiwa

Tebing Longsor di Kulon Progo Jebolkan Tembok Rumah Warga, Tak Ada Korban Jiwa
Kabid Humas Polda Papua Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S.H. Foto: Tribratanews

Peristiwa

Polisi Ungkap Kasus Pembunuhan 4 Warga Sipil di Distrik Mimika Baru