Home / Buku

Selasa, 7 September 2021 - 15:57 WIB

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Buka Layanan Baca di Tempat

Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan membaca di tempat, dengan kuota terbatas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan membaca di tempat, dengan kuota terbatas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan setelah Mendagri dalam intruksinya Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menetapkan seluruh Kabupaten Kota di DIY sudah turun level dari level 4 menjadi level 3.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya, Nunun Zulaikha mengatakan dengan diberlakukannya PPKM level 3 di DIY, maka perpustakaan Kota Yogya dan Pevita melakukan pembukaan layanan perpustakaan dengan pembatasan jumlah kuota dan jam layananan.

Baca juga   Aksi Humanis Satpol PP, Berikan Bantuan Beras untuk PKL Wirobrajan

“Untuk jumlah kuota pemustaka di perpustakaan kota baru adalah 25 orang, sedangkan untuk perpustakaan Pevita sebanyak 15 orang. Jam pelayanannya mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB, sementara untuk layanan Saparatu 09.00 – 14.00 WIB. Kedua tempat ini buka dari Senin hingga Jumat, dan Sabtu – Minggu tutup,” jelasnya, Selasa (7/9/2021).

Jika pengunjung yang datang melebihi batas kuota dalam satu waktu, lanjutnya, maka pengunjung berikutnya harus menunggu untuk masuk perpustakaan.

Baca juga   Aksi Duta Perubahan Perilaku, Gencar Kampanyekan Pakai Masker

Pihaknya mengungkapkan untuk layanan yang dibuka, hanya layanan baca di tempat, peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku, pembuatan kartu anggota, saparatu dan Wifi.

“Untuk layanan gazebo, PC internet, dan area playground belum dapat di layankan,” bebernya.

Nunun mengatakan selama menutup layanan perpustakaan beberapa waktu lalu Perpustakaan Kota Yogya melakukan penyegaran bahan pustaka sekaligus sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka sesuai protokol kesehatan. (*)

Share :

Baca Juga

Buku Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan penulis Ir. Anizar, M.Kes. (Foto:dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Angka Kecelakaan Kerja Masih Tinggi
Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Buku

Saludin Muis, Peraih Rekor MURI Pengarang Buku TI Terbanyak 2021

Buku

Walikota Yogya Raih Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021
Prof. Ir. Supriharyono. M.S., PhD. dan buku Manajemen Sumberdaya Perairan. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Pencemaran Perairan Semakin Parah! Diperlukan Upaya Ekstra Penyelamatan
Bupati Kudus HM Hartopo saat mengunjungi perpustakaan daerah di Desa Tumpangkrasak dan Loram Wetan. (Foto: Diskominfo Kudus)

Buku

Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
Saparatu, layanan pinjam buku tanpa perlu turun dari motor yang dikembangkan Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Layani Peminjaman Buku ‘Drive Thru’
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara