Home / Buku

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:26 WIB

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Layani Peminjaman Buku ‘Drive Thru’

Saparatu, layanan pinjam buku tanpa perlu turun dari motor yang dikembangkan Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Saparatu, layanan pinjam buku tanpa perlu turun dari motor yang dikembangkan Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kabar gembira bagi warga masyarakat yang gemar membaca buku. Kini Perpustakaan Kota Yogyakarta membuka kembali layanannya setelah beberapa waktu lalu menutup total layanan tersebut selama PPKM darurat.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan jika layanan perpustakaan mulai tanggal 26 Juli 2021 lalu telah membuka layanannya secara terbatas.

“Sehubungan dengan adanya perpanjangan PPKM level 4 Jawa-Bali, mulai tanggal 26 Juli 2021 layanan Perpustakaan dibuka secara terbatas, yakni hanya untuk peminjaman dan pengembalian buku melalui Saparatu,” bebernya, Jumat (30/7/2021).

Baca juga   Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

Untuk diketahui layanan Saparatu ini adalah sarana untuk peminjaman dan pengembalian buku langsung tanpa turun dari kendaraan.

“Masyarakat bisa meminjam buku dan mengembalikan dengan memanfaatkan loket yang tersedia di Perpustakaan Kotabaru,” katanya.

Prosesnyapun mudah, setelah datang ke loket pelayanan masyarakat tinggal menyebutkan buku yang dibutuhkan setelah itu petugas yang akan mencarikan ke dalam perpustakaan dan menyerahkan ke peminjam.

“Pelayanan yang diberikan tidak kurang dari 5 menit. Memang ada pembatasan jam operasional yaitu pada hari Senin hingga Jumat dilayani pada pukul 09.00 sampai 13.00 WIB, sementara pada hari Sabtu dan Minggu layanan tutup,” ujarnya.

Baca juga   Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis

Nunun mengatakan selama menutup layanan perpustakaan beberapa waktu lalu Perpustakaan Kota Yogyakarta melakukan penyegaran bahan pustaka sekaligus sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka sesuai protokol kesehatan.

“Kami lakukan pembersihan menggunakan disinfektan sesuai ketentuan kesehatan,” katanya.

Pihaknya pun berpesan kepada sobat pustaka agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (*)

Share :

Baca Juga

Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan membaca di tempat, dengan kuota terbatas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Buka Layanan Baca di Tempat
Buku terbaru karya I Wayan Candra Winetra dan Edhy Sutanta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Ditemukan Cara Mudah Membuat Game
Prof. Ir. Supriharyono. M.S., PhD. dan buku Manajemen Sumberdaya Perairan. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Pencemaran Perairan Semakin Parah! Diperlukan Upaya Ekstra Penyelamatan
Bupati Kudus HM Hartopo saat mengunjungi perpustakaan daerah di Desa Tumpangkrasak dan Loram Wetan. (Foto: Diskominfo Kudus)

Buku

Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Buku

Saludin Muis, Peraih Rekor MURI Pengarang Buku TI Terbanyak 2021
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara
Buku Kisah Lima Sahabat karangan Ratri Gunariyanti yang diterbitkan Pustaka Anak. (Foto:dokumentasi pustaka anak)

Buku

Bening, Gadis Rimba yang Luar Biasa
Desy Nur Aini Fajri dan buku Hubungan Kerjasama Indonesia dan Jepang yang ditulis bersama mahasiswanya. (Foto: dokumentasi graha ilmu)

Buku

RBI Online Tuntun Warga Jepang Mengenal Jakarta