Home / Peristiwa

Kamis, 9 Desember 2021 - 16:35 WIB

Persemaian Skala Besar untuk RHL Kalbar Dibangun dengan Pola PPP

Presiden Jokowi didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya saat kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Barat. Persemaian skala besar untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di Provinsi Kalimantan Barat akan dibangun dengan pola kerja sama pemerintah public-private partnerships. (Foto: Biro Humas KLHK)

Presiden Jokowi didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya saat kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Barat. Persemaian skala besar untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di Provinsi Kalimantan Barat akan dibangun dengan pola kerja sama pemerintah public-private partnerships. (Foto: Biro Humas KLHK)

NYATANYA.COM, Jakarta – Persemaian skala besar untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di Provinsi Kalimantan Barat akan dibangun dengan pola kerja sama pemerintah public-private partnerships (PPP).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK), Siti Nurbaya, mengatakan dengan pola PPP, pihak swasta akan turut serta secara langsung dalam tanggung jawab pemulihan lingkungan.

“Rencananya, akan dibangun satu unit persemaian skala besar yang dapat memproduksi bibit 10 juta bibit per tahun untuk RHL di Kalimantan Barat khususnya DTA (daerah tangkapan air) Kapuas,” ujar Menteri LHK dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik pada Kamis (9/12/2021).

Menurut Menteri LHK, pembangunan persemaian ini merupakan upaya melestarikan wilayah hulu daerah aliran sungai (DAS) Kapuas, yang merupakan kawasan resapan air.

Baca juga   Gus Yasin Pastikan Insentif Guru Agama Masih Bergulir

Bibit hasil persemaian ini, lanjut dia, akan menunjang program rehabilitasi lahan bekas tambang seluas 10 hektar (ha), yang merupakan tonggak rehabilitasi besar-besaran di DAS Kapuas, dengan daerah tangkapan air seluas 9.659.790 ha.

“Jika kawasan ini rusak, potensi hidrologi yang besar tersebut akan hilang,” imbuh dia.

Lebih lanjut Menteri LHK menjelaskan, alokasi program tersebut secara terencana saat ini sudah dilakukan dan akan selalu dimutakhirkan menyesuaikan dinamika fisik dan sosial ekonomi yang berkembang.

Untuk itu dia menilai mutlat diperlukan sinergi dengan tata ruang agar program pemulihan tersebut menjadi bagian integral pembangunan ekonomi lokaluntuk membentuk mesin pertumbuhan wilayah yang mensejahterakan masyarakat Kalbar secara keseluruhan.

Baca juga   Perakit Odong-odong yang Tewaskan 10 Orang Ditetapkan Terssangka, Namun Tak Ditahan

“Untuk itu, pemilihan komoditas tanaman penghijauan yang memiliki manfaat lingkungan dan ekonomi adalah strategi yang ditempuh agar tercipta harmoni pembangunan ekonomi dan perbaikan mutu lingkungan,” kata dia.

Sekedar informasi, rehabilitasi lahan bekas tambang bersama masyarakat adalah upaya menurunkan suplai sedimen ke Sungai Kapuas sehingga kapasitas tampungnya terjaga dan mampu menampung limpasan dari hujan yang jatuh.

Hasil penelusuran banjir yang dilakukan pasca kejadian menunjukkan bahwa aktivitas tambang di luar kawasan hutan menyumbang sedimen yang cukup banyak ke badan sungai Kapuas sehingga kapasitasnya menurun dan tidak mampu menampung limpasan air limpasan, sehingga meluap dan menyebabkan banjir di sekitarnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Danang Maharsa menyampaikan sambutan dan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. Foto: Ist

Peristiwa

Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman Periode 2022-2025 Dilantik
Kombes. Pol. Hadi Wahyudi. Foto: Dok.Humas Polda Sumut/Tribratamews

Peristiwa

Anak Laporkan Ibu Kandung Sendiri Karena Masalah Ini, Polisi Lakukan Mediasi
Satlantas Polres Batang membuka layanan vaksinasi di malam hari yang menyasar kaum pekerja, namun tidak memiliki waktu di siang hari. Maka vaksinasi malam menjadi solusi paling tepat karena digelar di sarana publik. (Foto: MC Batang, Jateng)

Peristiwa

Sasar Kaum Pekerja, Satlantas Polres Batang Layani Vaksinasi Malam
Tri dan tim program Safari Vaksin bertugas untuk jemput bola percepatan vaksinasi di Klaten. Terutama bagi warga yang berkebutuhan khusus seperti ODGJ dan kaum disabilitas. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Vaksinasi ODGJ di Klaten, dari Ditinggal Lari Sampai Suap Uang Jajan
Bupati Temanggung HM Al Khadziq ajak siswa memilah sampah untuk menjaga lingkungan hidup. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

World Cleanup Day, Siswa di Temanggung Pilah Sampah
Kepala BSN, Kukuh S. Achmad. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

BSN Gandeng Platform Digital Tingkatkan Akses Pasar dan Sertifikasi SNI Produk UKM
Jembatan yang rusak diterjang banjir di Desa Sendang Ayu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Minggu (23/1/2022). (Foto: BPBD)

Peristiwa

12 Hektare Sawah dan Satu Jembatan Rusak Diterjang Banjir di Lampung Tengah
Pemkab Pasuruan melalui BPBD Badan Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan terus membuat dapur umum untuk warga terdampak banjir di Desa Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, maupun di beberapa desa di Kecamatan Rejoso dan Winongan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Pemkab Pasuruan Perbanyak Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir