Home / Peristiwa

Sabtu, 10 Juli 2021 - 17:16 WIB

Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

NYATANYA.COM, Banjarnegara – Pembangunan Jembatan Plipiran yang menghubungkan Desa Limbangan Kecamatan Madukara dengan Desa Larangan Kecamatan Pagentan terus dikebut. Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Jumat (9/7/2021) kembali meninjau progres pembangunannya, yang kini telah mencapai 70 persen.

Kades Limbangan, Pujianto, menuturkan, warganya sudah tak sabar menunggu jembatan jadi. Mengingat fungsinya sangat strategis, untuk kegiatan ekonomi ke kota, sekaligus menghubungkan wisatawan menuju Kecamatan Batur melalui Pagentan, sehingga akan menyingkat jarak ke Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

“Jalur ini nanti akan jadi primadona, sangat dibutuhkan warga untuk memudahkan akses ke kota sekaligus jalur wisata ke Dieng. Apalagi sekarang jalannya sudah halus berkat pak Bupati. Hampir tiap hari warga menunggui pembangunan jembatan ini,” ujarnya.

Uniknya, seorang warga bernama Noto yang sedang menonton para pekerja membangun jembatan, mengaku, dirinya ikut peduli dan ‘laku prihatin’ (berdoa-Red) untuk keselamatan pekerja dan kelancaran pembangunan.

Baca juga   Bupati Demak Serahkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung

“Saya wong cilik mung bisa ndonga nggo keslametan sing nyambet gawe kon supayane jembatane enggal dadi lan manpangati nggo rakyat,” ujar Noto ketika dimintai komentarnya.

Noto bersama warga jugalah yang juga sudah bergotong royong membangun jembatan darurat di sisi jembatan baru yang sedang dibangun, sehingga kendaraan roda dua tetap bisa melintas. Jembatan sementara dari bambu yang hanya kuat dilewati sepeda motor itu sangat membantu mobilitas warga.

Sementara itu Bupati Budhi Sarwono menjelaskan, proses pembangunan jembatan terhitung hampir mencapai 80 persen, masih melanjutkan pemasangan rangkaian pilar-pilarnya,” kata bupati.

Baca juga   Buruh Pabrik Jadi Sasaran Vaksin Pemkab Sragen

“Jembatan ini sangat penting, Saya optimis akan mendukung perkembangan ekonomi masyarakat,” ujar Budhi.

Bupati juga optimis, setelah jembatan jadi akan jadi jalur favorit menuju Dieng. Selain lebih cepat, view nya sangat bagus. Dari starting point Arung Jeram Sungai Serayu di Singomerto Kecamatan Sigaluh, Dieng bisa ditempuh tak lebih dari satu jam melewati jalur ini.

Sementara itu Kabid Bina Marga DPUR PR, Hermawan Tutut, ST mengatakan, pembangunan jembatan tersebut masuk dalam kegiatan Peningkatan Jalan Se Kecamatan Madukara, dengan total nilai kontrak awal Rp. 14.197.181.000,- dengan waktu pelaksanaan selama 210 hari kalender.

Pembangunan Jembatan Plipiran dianggarkan dari dana APBD kabupaten sebesar Rp. 6,7 miliar. Bentang jembatan sekitar sepanjang 60 meter dengan ketinggian 15 meter. (*)

Share :

Baca Juga

Kenaikan harga kopi jenis Robusta untuk kopi yang dikelola oleh petani. Proses pengolahan dilakukan dengan cara petik merah 70 sampai 90%. (Foto: MC Temanggung)

Peristiwa

Harga Biji Kopi Kering Robusta di Temanggung Capai Rp24.000 per Kilo
Sebanyak 37 desa di Kabupaten Temanggung tetap akan menggelar Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak pada akhir Juli 2022 mendatang. Mengingat masa pandemi belum berakhir, untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19, persiapan pun dilakukan lebih matang. (Foto: MC Temanggung)

Peristiwa

37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, Persiapan Dilakukan Lebih Intens
Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan
Barang bukti yang disita dari tersangka Agus Mulia. (Foto: Mediacenter Riau)

Peristiwa

Terlibat Peredaran Narkoba, Mantan Sipir Lapas Bengkalis Jalani Sidang, Ini BB yang Disita
Ketua DPR RI Puan Maharani, Kamis (20/1/2022) meresmikan Pasar Legi didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Didampingi Gibran dan Menteri PUPR, Puan Maharani Resmikan Pasar Legi
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengukuhkan pengurus forum PAKSIJI (Penyuluh Anti Korupsi Sahabat Integritas Jogja Istimewa) wilayah DIY, Jumat (25/2/2022). (Foto: Humas DIY)

Peristiwa

PAKSIJI, Fasilitator Antikorupsi DIY Resmi Dikukuhkan Wagub DIY
Diimbau agar kegiatan kurban memperhatikan protokol kesehatan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Waspadai Penularan Covid-19 Saat Berkurban
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi salesman saat menerima Duta Besar Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi yang akrab disapa Gus Mis. Di hadapan Gus Mis, Ganjar dengan luwesnya ‘pamer’ dan mempromosikan produk UMKM unggulan Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Momen Ganjar Pranowo Jadi Sales UMKM Saat Bertemu Dubes Indonesia untuk Tunisia