Home / Militer

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:44 WIB

Personel SB Babel Bakamla RI Tertibkan Penambang Timah Ilegal

Personel SB Babel yang tergabung dalam Tim Penegakan Ketertiban Pertambangan Ilegal menertibkan masyarakat yang melaksanakan penambangan timah secara ilegal di perairan Belinyu, Bangka. Foto: Humas Bakamla RI

Personel SB Babel yang tergabung dalam Tim Penegakan Ketertiban Pertambangan Ilegal menertibkan masyarakat yang melaksanakan penambangan timah secara ilegal di perairan Belinyu, Bangka. Foto: Humas Bakamla RI

NYATANYA.COM, Bangka – Personel SB Babel (Bangka Belitung) yang tergabung dalam Tim Penegakan Ketertiban Pertambangan Ilegal menertibkan masyarakat yang melaksanakan penambangan timah secara ilegal di perairan Belinyu, Bangka, Jumat (23/7/2022).

Penertiban dilaksanakan dengan pendekatan persuasif dengan sosialisasi dan edukasi kepada para penambang timah ilegal di wilayah Teluk Kelabat perairan Belinyu, diluar IUP PT Timah Tbk.

Pembentukan Tim Penegakan Ketertiban Pertambangan diinisiasi oleh PJ Gubernur Babel Dr. Ir. Ridwan Djamaludin, M.Sc setelah mendapat pengaduan dari masyarakat dan kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menekankan agar dilaksanakan pengawasan dan penjagaan laut di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga   Korem 072/Pamungkas Peringati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1443 H
Foto: Humas Bakamla RI

Dihadapan para Tim Penegakan Ketertiban Pertambangan, Dr. Ir. Ridwan Djamaludin menekankan langkah awal yang harus segera dilakukan.

Pertama, dilaksanakan operasi secepatnya, tahap pertama minimal 1 minggu, disiang hari sebagai investigasi dari setiap instansi sesuai tusi masing-masing. Dan malam hari bentuk pengintaian untuk bahan evaluasi.

“Kedua, Pengawasan tahap pertama memakai kapal yang sudah siap dari KPLP, DKP, SAR dan Bakamla RI yang difokuskan di pantai Kelabat,” demikian dijelaskan Ridwan Djamaludin.

Baca juga   TNI AL Uji Coba Combat Boat Aluminium D-18 Karya Anak Bangsa, Dilengkapi Senjata Mitraliur 12,7 mm

Adapun instansi yang tergabung dalam Tim adalah SB Babel Bakamla RI, KPLP, ESDM, Dinas Kelautan Perikanan, Satpol PP Prov. Babel, LHK Prov. Babel, BPBD, Dinas Kominfo Prov. Babel, KSOP Pangkal Balam, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkalpinang, dan Dinas Kesehatan Prov. Babel.

Personel SB Babel Bakamla RI yang terlibat yaitu Letnan Dua Bakamla Moreno Siahaan, Serka Bakamla Supriyadi, Serka Bakamla Sugiyanto dan Serka Bakamla Ruhiyat.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Satgas Yonif Raider 303/SSM

Militer

Satgas 303 Bantu Alirkan Air Bersih untuk Masyarakat Distrik Ilaga Papua
Foto: Dispenal

Militer

Ini Sinergitas TNI-Polri saat HUT ke-76 Bhayangkara di Akpol Semarang
Foto: Pendim 0734/Kota Yogyakarta

Militer

Beri Dukungan Moril, Dandim 0734/Kota Yogyakarta Kunjungi Penderita Stunting
Dandim 0734/Kota Yogyakarta melaksanakan pemeriksaan pasukan dalam uapacara penutupan TMMD. (Foto: Istimewa)

Militer

TMMD Kodim Yogyakarta Usai, RTLH Diperbaiki, Warga Dapat Bantuan Perabot Rumah
Serka Tutut lakukan pendampingan dalam kegiatan vaksinasi massal tahap II. (Foto: Koramil Tegalrejo).

Militer

Babinsa Serka Tutut Dampingi Tenaga Medis Berikan Vaksin Kepada Warga
Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Bagikan Alkitab untuk Masyarakat Distrik Makki
Prajurit Yonmek 512/QY lakukan anjangsana di rumah Sumardi. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Jalin Silaturahmi, Satgas Pamtas Yonmek 512/QY Rutin Lakukan Anjangsana
Prajurit Satgas Yonarmed 1 saat ajarkan masakan olahan kepada warga di desa Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Foto: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Prajurit Satgas Yonarmed 1 Kostrad Ajarkan Masakan Olahan Warga Desa Waai