Home / Panggung

Senin, 11 Oktober 2021 - 21:35 WIB

Pertama di Indonesia, SMSR Yogya Gelar Pameran Rupa Sastra

Para peserta pameran Rupa Sastra berfoto bersama di depan karya-karya mereka.  Karya puisi, cerita, dan artikel dengan polesan sedikit unsur-unsur seni rupa dihadirkan bersama hingga tersebutlah sebuah frasa indah Rupa Sastra. (Foto: Dok.Rupa Sastra)

Para peserta pameran Rupa Sastra berfoto bersama di depan karya-karya mereka. Karya puisi, cerita, dan artikel dengan polesan sedikit unsur-unsur seni rupa dihadirkan bersama hingga tersebutlah sebuah frasa indah Rupa Sastra. (Foto: Dok.Rupa Sastra)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta, Sabtu, 9 Oktober 2021 menggelar pameran Rupa Sastra. Sebuah pameran yang tak lazim namun justru memberikan kebaruan rasa.

Disampaikan oleh panitia bahwa ini kali pertama diadakan di Yogyakarta, atau bisa jadi juga yang pertama diselenggarakan di Indonesia.

Kalau selama ini yang lazim terjadi adalah pembacaan sajak atau cerita pendek dalam sebuah pertunjukkan panggung, namun kali ini tidaklah demikian. Karya puisi, cerita, dan artikel dengan polesan sedikit unsur-unsur seni rupa dihadirkan bersama hingga tersebutlah sebuah frasa indah Rupa Sastra.

Penyampaian pesan karya kepada publik tidaklah berupa pertunjukkan di panggung, tetapi berada di ruang pameran seperti layaknya pameran seni rupa. Dari 40 peserta yang terdiri berbagai latar belakang profesi terlihat sangat antusias dalam menampilkan karya-karyanya.

Baca juga   Joen Yunus, Kartunis dengan Semangat Nasionalisme yang Tekun Berkarya untuk Pasar Global
Pameran Rupa Sastra digelar 9 – 13 Oktober 2021 di Sor Munggur, Studio Seni Lukis SMSR Yogyakarta. (Foto: Dok.Rupa Sastra)

“Ini pertanda awal yang baik sebagai alternatif komunikasi mode baru, dalam penyampaian pesan kreator kepada publik. Sempurna pasti tidak, beberapa hal menuju kesempurnaan pameran Rupa Sastra ini masih perlu dilakukan,” ujar Andi Purnawan Putra yang akrab disapa Andi Pensil terbang, salah satu peserta pameran.

Menurut Andi, kenyamanan orang membaca karya perlu untuk diperhatikan, misalnya disediakan tempat duduk. Ini sangat penting karena pameran ini bukan pameran senirupa murni yang penikmatannya secara visual saja.

Baca juga   Pakarti Gelar Kontes Kartun 'Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka'

Selain Andi pensil terbang, sejumlah nama yang ikut ambil bagian dalam helatan Rupa Sastra yang digelar hingga 13 Oktober 2021 ini diantaranya Mahroji Khudhori, L Surajiya, Agung Menoreh, Ariswan, Vendi dan Samsuri Nugroho yang terbiasa bertutur lewat kanvas, kali ini terlihat garang tetapi lembut melalui komposi kata, frasa, klausa dan kalimat-kalimat yang bertuah.

“Melihat antusias dan sebaran peserta dari berbagai daerah dan latarbelakang profesi, pameran Rupa Satra jilid 2 sebaiknya dapat diujudkan. Catatan-catatan kekurangan dalam penyelenggaraan yang pertama tentu saja harus dijadikan bahan evaluasi,” pungkas Andi. (Aja)

Share :

Baca Juga

Ndarboy Genk. (Foto: Instagram @ndarboy_genk)

Panggung

“Ambyar Mak Pyar” Ini Lagu Baru Ndarboy Genk
Kartun Dedok berjudul Race for Human Rights. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Panggung

Dedok dan Grace, Bangga Ikuti Pameran Kartun Human Rights in ASEAN
Nella Kharisma. Foto: nyatanya.com/ Instagram

Panggung

Nella Kharisma Kuat-kuatan Ati dengan Dory Harsa
Lesti di video klip 'Bawa Aku ke Penghulu'. (Foto:YouTube 3D Entertainment)

Panggung

‘Cidro 2’ Lengser, ‘Bawa Aku ke Penghulu’ di Puncak Dangdut Top 20
Anwar Rosyid dan salah satu kartun yang pernah dibuatnya. (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Menilik Hasrat dan Semangat Berkarya Kartunis Anwar Rosyid

Panggung

KJRI Mumbai dan Keraton Yogya Gelar Pertunjukan Kolaborasi Wayang Orang “Gana Kalajaya”
Single 'Serupa' Amel Amilia. (Foto: YouTube TA Pro & Publishing)

Panggung

Amel Amilia Akhirnya Debut Single ‘Serupa’
Rafael Putra Robert dengan lagu barunya 'Damai Indonesiaku' ciptaan Anton Obama. (Foto: YouTube PT Aoma Record Indonesia)

Panggung

Gibran Rakabuming ‘Bintangi’ Single Lagu ‘Damai Indonesiaku’ Penyanyi Cilik Rafael