Home / News

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:00 WIB

Pertama Kali, Indonesia Terima Donasi Vaksin Covid-19 dari Selandia Baru

Vaksin AstraZeneca bantuan dari Selandia Baru diangkut menggunakan maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR0954. Vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (25/10/2021) pukul 15.05 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

Vaksin AstraZeneca bantuan dari Selandia Baru diangkut menggunakan maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR0954. Vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (25/10/2021) pukul 15.05 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Untuk pertama kalinya Indonesia menerima kedatangan pasokan vaksin Covid-19 donasi Selandia Baru. Vaksin yang datang sebanyak 684.400 dosis merek AstraZeneca dalam bentuk vaksin jadi siap pakai.

Vaksin donasi dari Selandia Baru ini diperoleh melalui COVAX Facility. Tentunya, dalam mendapatkan stok vaksin ini, melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pantauan InfoPublik di terminal kargo Bandara Soekarno-Hatta, Senin (25/10/2021), pada kedatangan vaksin tahap ke-99 ini, vaksin AstraZeneca tersebut diangkut menggunakan maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR0954. Vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (25/10/2021) pukul 15.05 WIB.

Kedatangan vaksin ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah menempuh cara diplomasi untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi dalam negeri. Pemerintah akan terus bekerja keras menyelesaikan vaksinasi dalam waktu yang cepat. Ketersediaan vaksin menjadi kunci kecepatan program ini.

“Alhamdulillah, Indonesia hari ini, kembali menerima dukungan kerja sama dose sharing vaccine, yang kali ini adalah dukungan dari Selandia Baru sejumlah 684.400 dosis vaksin AstraZeneca,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat Konferensi Pers Kedatangan Vaksin Tahap ke-99 pada Senin (25/10/2021).

Menlu menambahkan, ini merupakan pertama kalinya Selandia Baru melakukan kerja sama dose sharing vaccine dengan Indonesia. Kerja sama ini merupakan bagian komitmen dari Selandia Baru untuk mendukung program vaksinasi di kawasan Asia Pasifik, dimana mayoritas dari kerja sama dilakukan dengan Indonesia.

Baca juga   Freedom 1987 Law Firm Tanggapi Putusan PN Jakarta Pusat Terkait Penundaan Pemilu

Kerja sama dengan Selandia Baru juga telah dilakukan Indonesia antara lain melalui Eijkman Institute untuk meningkatkan kualitas tes Covid-19 dan juga dengan UNICEF untuk meningkatkan kapsitas kesehatan publik serta sejumlah peralatan medis di Indonesia.

Menlu menuturkan, saat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia melonjak beberapa waktu lalu, Selandia Baru juga mengirimkan sejumlah peralatan medis ke Indonesia, dalam hal ini Lembaga Eijkman.

“Untuk kolaborasi dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini, atas nama Pemerintah Indonesia, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah dan rakyat Selandia Baru,” kata Menlu.

Ditambahkannya, pandemi Covid-19 belum berakhir, meskipun dalam beberapa waktu terakhir kasus global mengalami penurunan, namun di dalam seminggu terakhir mulai terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus.

Pada periode 17-23 Oktober 2021, kasus global naik 2% dan kematian juga naik sebesar 0,9% dibandingkan dengan minggu yang lalu. Mayoritas kawasan mengalami penurunan kasus. Hanya kawasan Eropa mengalami kenaikan sebesar 23% dan Amerika Selatan sebesar 13%.

Asia Tenggara mengalami penurunan kasus sebesar 15,5 persen dibanding minggu lalu. Sembilan negara ASEAN mengalami penurunan kasus termasuk Indonesia. Hanya Singapura yang masih mengalami kenaikan kasus sekitar 15% dibanding minggu lalu.

Baca juga   Kecelakaan Arus Mudik 2022 Turun, Polisi Mencatat Segini Kecelakaan di Jalan Tol dan Non Tol

“Jika kita tengok Indonesia, tentunya kita patut bersyukur. Indonesia merupakan salah satu negara yang terus mengalami tren penurunan, termasuk dalam minggu terakhir dibandingkan tren minggu yang lalu. Indonesia mengalami penurunan kasus baru sebesar minus 23 persen. Dalam beberapa hari terakhir, positivity rate nasional turun di bawah angka satu persen, dan penambahan kasus harian di bawah seribu kasus,” jelas Menlu.

Menlu memaparkan, tingkat vaksinasi Indonesia terus mengalami kenaikan. Indonesia sudah menyuntikan lebih dari 182 juta dosis vaksin.

Kenaikan kasus di Eropa dalam beberapa waktu terakhir, meskipun tingkat vaksinasi sudah tinggi yaitu sekitar 111,55% atau merupakan kawasan tertinggi di dunia, mengingatkan kita semua bahwa kita tidak boleh lengah apalagi lalai. Kewaspadaan harus tetap tinggi. Protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery Burnett mengatakan pengiriman vaksi ini merupakan kontribusi yang signifikan dalam kerangka kerja sama antara Indonesia dan Selandia Baru.

“Kami akan terus melanjutkan kontribusi dan memberikan dukungan terhadap Indonesia,” kata Kevin Jeffery Burnett. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Polres Sukoharjo raih penghargaan dari KPPN. (Foto:Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Polres Sukoharjo Raih Peringkat 2 Pelaksanaan Anggaran dari KPPN
Foto: BPMI Setpres

News

Air Baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi Ditargetkan Selesai Awal 2023
Membantu petani di saat harga anjlog, ASN di Kabupaten Magelang gelar aksi borong cabai dan sayur petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

ASN Magelang Ramai-ramai Borong Cabai dan Sayur, Ada Apa?
Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemda DIY

News

Sri Sultan Harapkan Grha Keris Jadi Inkubator Pelestarian Budaya
Barang bukti sabu yang berhasil diamankan petugas Lapas I Surabaya. (Foto:MC Diskominfo Prov Jatim)

News

Petugas Lapas I Surabaya Gagalkan Penyelundupan Sabu ke Dalam Lapas
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gereja Katolik Pugeran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19
Para pedagang yang tergabung dalam Paguyuban PPKLY Unit 37 Teras Malioboro 1 juga mengeluhkan adanya event bazar yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM DIY yang digelar di selasar Teras Malioboro 1. (Foto: Ist)

News

Dagangan Sepi, Pedagang Unit 37 Teras Malioboro 1 Keluhkan Event Bazar karena Alasan Ini
Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej dalam rapat kerja dengan DPR RI. Foto: kemenkumham.go.id

News

Delik Aduan, Ini Ancaman Pidana untuk Penghina Pemerintah di RKUHP