Home / Olga

Jumat, 31 Mei 2024 - 20:33 WIB

Perwosi Sleman Sosialisasi Senam Jantung Sehat Lansia kepada Instruktur Perwosi Kapanewon

Instruktur senam anggota Perwosi tingkat kapanewon se-Kabupaten Sleman usai mengikuti sosialisasi senam baku Senam Jantung Sehat Lansia di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (Foto: Dok. Perwosi Sleman)

Instruktur senam anggota Perwosi tingkat kapanewon se-Kabupaten Sleman usai mengikuti sosialisasi senam baku Senam Jantung Sehat Lansia di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (Foto: Dok. Perwosi Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) cabang Kabupaten Sleman mengelar pelatihan Senam Jantung Sehat Lansia kepada perwakilan instruktur senam di masing-masing Kapanewon Kecamatan).

Agenda ini merupakan salah satu program kerja Perwosi Sleman untuk meningkatkan aktivitas kaum wanita dalam memajukan olahraga senam khususnya untuk kesehatan kaum lansia.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan, acara sosialisasi Senam Baku Senam Jantung Sehat Lansia telah dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman beberapa waktu lalu.

“Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan sosialisasi diikuti instruktur anggota Perwosi se-Kapanewon Sleman. Tiap kapanewon di wakili dua instruktur,” katanya, Jumat (31/5/2024).

Baca juga   Perdana Digelar di Plaza Ambarrukmo, AEPI Fashion Festival 2022 Usung Tema 'Jewels of Leaves'

Ketua Perwosi Sleman ini menjelaskan, 15 persen dari total jumlah penduduk Sleman adalah kaum lansia.

Tingginya jumlah lansia di Sleman merupakan konsekuensi dari peningkatan umur harapan hidup Sleman yang lebih tinggi dari angka harapan hidup nasional.

Jumlah penduduk lansia yang tinggi merupakan bonus demografi dari potensial memberikan kemanfaatan. Salah satunya adanya sekolah lansia. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki 10 Sekolah Lansia, enam diantaranya berada di Sleman.

Dalam penanganan para lansia, lanjutnya, setidaknya ada dua hal pokok yang menjadi perhatian, yaitu keluarga dan lansia itu sendiri. Keluarga harus mampu memahami apa dan bagaimana memperlakukan terhadap lansia.

Baca juga   Laga Persahabatan FJT FC vs Setda FC Warnai Peringatan Hari Pers Nasional di Temanggung

Keluarga harus dapat mengerti kebutuhan lansia dibidang kesehatan dan psikologis. Untuk itu, diperlukan pemahaman anggota keluarga yang mempunyai lansia.

“Saya berharap, sosialisasi senam baku Senam Jantung Sehat Lansia bagi instruktur Perwosi kapanewon se-Kabupaten Sleman akan membangkitkan kesadaran seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup lansia yang sehat,” ujarnya.

Sekretaris Perwosi Kabupaten Sleman, Siti Baroroh menambahkan, melalui sosialisasi senam baku Senam Jantung Sehat Lansia, para instruktur dapat segera menyampaikan gerakan senam tersebut kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini dengan dana anggaran kegiatan Perwosi Kabupaten Sleman tahun 2024 dari Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sleman,” pungkasnya. (N3)

Share :

Baca Juga

Tim putra Jakarta Pertamina Pertamax (JPX) menyusul putrinya, Jakarta Pertamina Fastron (JPF) menjuarai putra pertama PLN Mobile Proliga 2022, setelah dalam laga terakhirnya menundukkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim/non-pno)

Olga

Final Putaran Satu Proliga, Surabaya Bhayangkara Semator Nyerah 2-3 dari Jakarta Pertamina Fastron
Kepulangan atlet paragames yang dijemput langsung Menpora Amali ini mendapat sorotan dari masyarakat terutama warganet di media sosial. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Sambut Leani Ratri Oktila Dkk, Tagar #MenporaSambutPahlawan Trending Topik
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Foto: Dok.selalu.id

Olga

Beredar Isu GBT Dicoret Jadi Venue Piala Dunia U-20, PSSI Jatim: Bau Sampah!
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika melepas kontingen POPDA Kota Yogyakarta pada Jumat (11/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Wawali Heroe Poerwadi Lepas Kontingen POPDA Kota Yogyakarta
Rifda Irfanuluthfi. (Foto: Ist/InfoPublik)

Olga

Rifda Persembahkan Medali Emas untuk Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi
Pembukaan Pesonas digelar di Pendapa Pengabdian, Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Jumat (18/3/2022), yang ditandai dengan kegiatan Kirab Obor Virtual dari Kabupaten Temanggung ke Kota Magelang, dan selanjutnya ke Kabupaten Magelang. (Foto: MC.MagelangKota)

Olga

40 Atlet Penyandang Disabilitas Kota Magelang Ikuti Pesonas 2022
Sebanyak 24 atlit renang unggulan Wonosobo siap mengharumkan nama Kabupaten Wonosobo di ajang kejuaraan renang usai dilepas Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, di Ruang Pringgitan, Kamis, (20/01/2022). (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Olga

24 Atlet Renang Siap Harumkan Wonosobo di Kejuaraan Provinsi

Olga

Peugeot 9X8, Didesain Untuk Balap!