Home / Peristiwa

Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Timika, Seluruh Penumpang Dikabarkan Selamat

Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. Foto: Dok susiair.com

Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. Foto: Dok susiair.com

NYATANYA.COM, Timika – AirNav Indonesia melaporkan bahwa telah terjadi kecelakaan pesawat yang dialami oleh maskapai Susi Air rute Timika (Bandar Udara Moses Kilangin) – Duma (Airstrip).

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, bahwa pesawat dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT.

Saat keberangkatan, pesawat ini dilayani oleh AirNav Cabang Pembantu Timika. Pesawat diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT.

“Keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis yang membawa enam orang penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah,” jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan, yang langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi yang intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM.

Baca juga   Presidensi G20 Indonesia, Perkuat Kiprah Pemuda dalam Pemulihan Global

“Berdasarkan informasi lanjutan, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 KM) dari Duma,” kata dia.

Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melaporkan seluruh penumpang dan kru pesawat Susi Air yang kecelakaan di Papua, Kamis (23/6/2022) pagi ini selamat.

Hal itu disampaikan Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter miliknya, @susipudjiastuti, Kamis (23/6/2022).

“Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & Semua penumpang Selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari Lokasi bisa lancar dan mudah,” kata Susi.

Baca juga   Pasca Dibakar Orang, Perbaikan Kantor Bappedalitbang Riau Butuh Waktu Sebulan

Adapun pesawat Susi Air yang mengalami insiden kali ini terbang untuk rute dari Timika ke Duma, Papua.

Namun, belum dijelaskan lebih rinci soal kronologi kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet itu. Menurut laporan, terdapat enam orang penumpang yang berada dalam pesawat tersebut.

Pasca kejadian, Basarnas dan TNI terjun langsung ke lokasi untuk mengevakuasi pesawat. Sejauh ini belum ada informasi terkait kerusakan pesawat Susi Air.

Namun, Susi bersyukur seluruh penumpang beserta pilot dan awak pesawat Susi Air selamat.

“Alhamdulillah, info berita terakhir semua penumpang selamat… Amin YRA,” tulis Susi Pudjiastuti. (*)

Share :

Baca Juga

(Foto: PT Pertamina)

Peristiwa

Pertamina Raih Penghargaan Internasional, Global Corporate Sustainable Award
Foto: Diskominfo Jateng

Peristiwa

Dihadapan Ganjar, Difabel Ini Bacakan Surat Cinta Antikekerasan Seksual
Rumah keluarga Apin BK disegel petugas. Foto: TribrataNews

Peristiwa

Tidak Kooperatif, Polda Sumut Cekal Keluarga Bos Judi Online Apin BK
Polres Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menggagalkan peredaran narkoba senilai Rp50 miliar. Empat tersangka berhasil diamankan. Foto: ist/tribratanews

Peristiwa

Polres Tangsel Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Malaysia Senilai Rp50 Miliar, Empat Tersangka Diamankan
Secara simbolis pemberian ini dilakukan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya ke perwakilan dari 148 penerima BLT DBHCHT. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

148 Buruh Pabrik Tembakau di Kota Yogya Terima BLT DBHCHT
Pemerintah Kota (Pemkot) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya menggelar khitan ceria anak sholeh, Sabtu (25/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Pemkot dan Baznas Kota Yogya Gelar Khitan Ceria Anak Sholeh
Petanesia Kabupaten Batang memperkenalkan Desa Silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Petanesia Batang Kenalkan Wisata Budaya Desa Silurah kepada Komunitas Pecinta Alam
Hadiah Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2021 diserahkan oleh Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, beberapa waktu lalu di Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Ini Dia Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2021 Kota Yogya