Home / Peristiwa

Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Timika, Seluruh Penumpang Dikabarkan Selamat

Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. Foto: Dok susiair.com

Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. Foto: Dok susiair.com

NYATANYA.COM, Timika – AirNav Indonesia melaporkan bahwa telah terjadi kecelakaan pesawat yang dialami oleh maskapai Susi Air rute Timika (Bandar Udara Moses Kilangin) – Duma (Airstrip).

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, bahwa pesawat dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT.

Saat keberangkatan, pesawat ini dilayani oleh AirNav Cabang Pembantu Timika. Pesawat diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT.

“Keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis yang membawa enam orang penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah,” jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan, yang langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi yang intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM.

Baca juga   Pemerintah Resmi Melarang Mudik di Hari Raya Idul Adha

“Berdasarkan informasi lanjutan, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 KM) dari Duma,” kata dia.

Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melaporkan seluruh penumpang dan kru pesawat Susi Air yang kecelakaan di Papua, Kamis (23/6/2022) pagi ini selamat.

Hal itu disampaikan Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter miliknya, @susipudjiastuti, Kamis (23/6/2022).

“Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & Semua penumpang Selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari Lokasi bisa lancar dan mudah,” kata Susi.

Baca juga   Rumah Erni Roboh Diterjang Hujan Lebat dan Angin Kencang di Rangkasbitung

Adapun pesawat Susi Air yang mengalami insiden kali ini terbang untuk rute dari Timika ke Duma, Papua.

Namun, belum dijelaskan lebih rinci soal kronologi kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet itu. Menurut laporan, terdapat enam orang penumpang yang berada dalam pesawat tersebut.

Pasca kejadian, Basarnas dan TNI terjun langsung ke lokasi untuk mengevakuasi pesawat. Sejauh ini belum ada informasi terkait kerusakan pesawat Susi Air.

Namun, Susi bersyukur seluruh penumpang beserta pilot dan awak pesawat Susi Air selamat.

“Alhamdulillah, info berita terakhir semua penumpang selamat… Amin YRA,” tulis Susi Pudjiastuti. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengunjungi Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Sabtu (19/02/2022). Tanpa pengawalan, dia sengaja menyempatkan diri datang ke sana untuk mendengarkan keluhan warga terkait polemik di Wadas. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Wadas, Gus Yasin Dengarkan Aspirasi Warga Kontra
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kembali mengambil sumpah dan melantik lurah terpilih untuk gelombang II bertempat di Pendopo Parasamya, Sleman, Kamis (16/12/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Bupati Sleman Lantik Lurah Sumberarum dan Selomartani
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat mengikuti senam sehat lansia dan jalan sehat keliling kampung Danunegaran pada Minggu (30/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Berkomitmen Mewujudkan RTHP di Kampung-kampung
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Walikota Lantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023
Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi dalam sambutannya di acara Infobank 10th Sharia Awards. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wakaf Tunai Arisan Masyarakat Ekonomi Syariah DIY Diluncurkan
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Buru WNA Palestina yang Kabur dari Rudenim
Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo (kedua dari kanan) bersama Lurah Guwosari usai menerima penghargaan Juara I dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2021. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Kalurahan Guwosari Wakili DIY ke Lomba Desa Tingkat Nasional
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jombang melakukan studi banding ke Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jaga Kerukunan Umat Beragama, FKUB Jombang Studi Banding ke Yogyakarta