Home / Peristiwa

Minggu, 14 November 2021 - 14:44 WIB

Petanesia Batang Kenalkan Wisata Budaya Desa Silurah kepada Komunitas Pecinta Alam

Petanesia Kabupaten Batang memperkenalkan Desa Silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama. (Foto: MC Batang)

Petanesia Kabupaten Batang memperkenalkan Desa Silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama. (Foto: MC Batang)

NYATANYA.COM, Batang – DPC Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang memperkenalkan Desa Silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama.

“Petanesia sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh Habib Luthfi bin Yahya berawal keprihatinan tentang NKRI yang saat ini sedang digoyang separatisme, radikalisme, dan terorisme. Maka dari itu beliau ingin pemuda-pemuda yang ada di Indonesia itu cinta tanah air indonesia. Salah satunya mengenal sejarah dan wisata yang ada di Desa Silurah,” kata Ketua DPC Kabupaten Batang Mustofa saat ditemui di Lapangan Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Sabtu (13/11/2021) malam.

Petanesia bergerak pada budaya, tradisi, sejarah dalam penekannya yang melibatkan lintas agama dan budaya. Karena di petanesia sendiri ada salah satu divisi yang mengurusi tentang pariwisatanya.

Baca juga   Permintaan Tinggi, Petani Batang Budidayakan Pohon Gaharu

“Kita memilih Desa Silurah karena mempunyai banyak keunikan budaya mungkin nomor satu di Kabupaten Batang tetapi selama ini belum terlalu terekspos oleh masyarakat di luar daerah. Karena itu kita mendatangkan pecinta alam untuk mengadakan kegiatan disini agar mereka bisa mempublikasikan di media sosial atau berceria nanti dengan teman-teman mereka sesama pecinta alam,” jelasnya.

Pihaknya mengundang 70 orang pecinta alam memang angkanya tidak banyak karena masih masa pendemi Covid-19 akan tetapi kita mengambil perwakilan di berbagai daerah dan di sini ada pecinta alam dari Situbondo Jawa Timur yang datang ke sini.

Petanesia itu pecinta tanah air Indonesia memang belum terbentuk secara resmi tetapi dalam waktu dekat ini DPC Petanesia Kabupaten Batang akan dilantik.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Batang Yarsono mengatakan, Petanesia itu pecinta tanah air indonesia salah satunya ada divisi pariwisatanya yang mempunyai kegiatan mengenalkan wisata di Kabupaten Batang jadi nantinya akan saling bekerja sama dengan Disparpora Kabupaten Batang.

Baca juga   Relawan Sorban Wali Putih Normalisasi Sungai Mampir

“Wisata yang akan diperkenalkan pada waktu dekat ini khusus yang visi misinya Bapak Bupati Batang Wihaji dengan 4si yaitu Sikembang, Sikuping, Sigandu, dan Silurah. Kebetulan malam hari ini teman-teman Petanesia di Desa Silurah akan mengangkat sejarah dan budayanya,” terangnya.

Desa Silurah sendiri ada patung ganesha dan untuk saat ini juga kita sedang proses membangun taman syailendra yang akan menjadi daya tarik wisata untuk masyarakat luar daerah. Taman ini juga bisa menjadi ikon untuk Kabupaten Batang dari segi wisata budayanya.

Diharapkan, kegiatan positif ini dari Petanesia terus dilakukan untuk wisata lainnya yang ada di Kabupaten Batang agar mimpi kita haven of asia 2022 dapat terwujud.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid masjid Al-Hakim di Prangwedanan, Potorono, Banguntapan. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Hakim Prangwedanan
Ganjar Pranowo saat menghibur anak-anak di yang mengungsi karena rumahnya terdampak bencana tanah gerak di Desa Karanggintung, Kabupaten Cilacap. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bahagianya Anak di Pengungsian Karanggintung, Dapat Hadiah dari Ganjar
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melepas jalan sehat warga RW RW 11 Kelurahan Muja Muju, Kemantren Umbulharjo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jaga Imunitas di Tengah Pandemi, Warga Muja Muju Gelar Jalan Sehat
Fenomena cuaca ekstrim melanda delapan Kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa, (23/11/2021) pukul 04.00 WIB .BPBD Kabupaten Lebak melaporkan, terdapat satu unit sekolah dengan kondisi rapuh yang tengah melakukan aktivitas belajar mengajar harus mengalami rusak berat dan menyebabkan delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan. (Foto: BPBD Kabupaten Lebak)

Peristiwa

Banjir dan Longsor di Lebak, 8 Siswa Luka Tertimpa Puing Bangunan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menerima bantuan 1.000 paket bantuan telur dan ayam dari dari Japfa PT Ciomas Adisatwa. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 1.000 Paket Telur dan Ayam
Vaksinasi massal Covid-19 dosis 1 di kantor DPD LDII Tirtosari, Sawangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sawangan
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Baki patroli keliling kampung-kampung melaksanakan sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Warga Diimbau Patuhi Jam Malam Selama PPKM Darurat
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mendatangi sejumlah rumah warga di Kecamatan Banjarsari, Selasa (2/11/2021), untuk memberikan sertifikat rumah dari Program Daerah (Proda) Kota Surakarta Tahun 2020. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Datangi Rumah Warga, Gibran Serahkan Sertifikat Rumah dari Program Daerah