Home / Peristiwa

Sabtu, 26 Juni 2021 - 14:57 WIB

Petani Kragilan Sukses Budi Daya Kentang Citra

Distanpangan Kabupaten Magelang mendampingi Bupati Garut Rudy Gunawan saat melihat tanaman kentang di Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Distanpangan Kabupaten Magelang mendampingi Bupati Garut Rudy Gunawan saat melihat tanaman kentang di Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Petani di lereng Gunung Merbabu Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang sukses budi daya kentang varietas Citra. Kentang ini memiliki tekstur lembut yang anti hama. Selain itu harga jual juga sangat menjanjikan untuk pasar ekspor ke berbagai negara Asia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Magelang Romza Ernawan mengatakan pengembangan produk pertanian khususnya kentang juga sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19.

“Benteng terakhir penanganan Covid adalah pangan. Usaha sektor pertanian masih eksis khusunya para petanj kentang,” kata Romza usai menerima kunjungan Bupati Garut Rudy Gunawan, Jumat (25/6/2021).

Romza mengakui pada awal pandemi permasalahan pada sektor pertanian terjadi pada kektidakpastian pasar. Namun, dengan selalu mendorong pengembangan produk dan kerjasama dengan berbagai pihak, permasalahan pasar itu dapat teratasi.

Baca juga   Sambut Nataru, Bupati Wonosobo Tak Ingin Kecolongan Kasus Covid-19

Ia mencontohkan, budi daya tanaman kentang seluas 14 hektar dan 13 hektar ini merupakan kerja sama dengan sebuah badan usaha laboratorium pembibitan asal Garut Jawa Barat. Dalam kerja sama ini petani mendapat kepastian sarana prasarana hingga pemasaran.

“Harapannya kehadiran Bupati Garut memberikan motivasi agar petani kentang berkembang dan memberikan kesejahteraan petani,” ujar Romza.

Dalam kesempatan itu, Rudy Gunawan sangat kagum setelah melihat langsung tanaman kentang Kelompok Tani Lestari Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis ini. Saat ini sebagian tanaman kentang di wilayah tersebut mendekati masa siap panen. Dari beberapa uji coba panen terlihat ukuran kentang memang besar dan tekstur kulit halus sempurna.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Lestari Dusun Kenangkan, Bagio mengatakan saat ini kendala yang ada adalah cuaca yang tidak pasti. Curah hujan yang masih tinggi menuntut perawatan ekstra.

Baca juga   Polisi Bekuk 4 Pelaku Pembobolan Rumah di Kretek Bantul

Ia mengungkapkan, saat ini seharusnya sudah musim kemarau, tapi hujan masih deras. Kondisi itu berpengaruh terhadap serangan hama pada semua jenis tanaman pertanian. Meski demikian kelompok tani yang beranggotakan 45 orang ini optimis hasil panen akan melimpah.

Dikatakan Bagio, untuk saat ini harga jual kentang varietas Citra lebih stabil dan menguntungkan yakni Rp7.000/kg untuk semua ukuran. Semua kentang itu dijual ke pengepul yang kemudian dikirim ke Garut untuk diekspor ke luar negeri. Sebagai perbandingan, harga jual kentang pilihan ukuran besar di pasar lokal tertinggi Rp6.000/kg. Sedangkan untuk ukuran kecil sekitar Rp3.000-4.000/kg. (*)

Share :

Baca Juga

Kirab ruwahan apeman digelar warga masyarakat di Kelurahan Suryatmajan Kota Yogyakarta untuk menyambut Bulan Ramadan 1442 H. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Sambut Ramadan, Warga Suryatmajan Gelar Tradisi Ruwahan Apeman
Aktivitas Gunung Merapi yang fluktuatif memaksa warga sekitar memasang sikap waspada penuh. Tiga desa di lokasi terdekat yakni Balerante, Sidorejo dan Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten memilih mengaktifkan ronda malam guna memantau gunung teraktif di dunia itu. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pantau Aktivitas Merapi, Tiga Desa di Kemalang Klaten Rutinkan Ronda Malam
Jumpa pers yang digelar Polresta Yogyakarta atas perbuatan bejat Tersangka JA (21) yang mencabuli anak SMP tetangganya sendiri. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Cabuli Siswi SMP Tetangga Sendiri, Oknum Mahasiswa di Yogya Ini Berdalih Cuma Diajak Korban
Dua orang pengunjung Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai sedang mendapatkan penjelasan tentang batik dari penjaga stan, Sabtu (9/10/2021) di Dubai, Uni Emirat Arab. (Foto: Kemendag)

Peristiwa

Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai Tarik Minat 50 Ribu Pengunjang selama Dua Pekan
Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Sakti Wahyu Trenggono saat mengunjungi salah satu kampung budidaya yang telah sukses dalam pengelolaan hulu ke hilir, yakni Kampung Lele di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (27/1/2022). (Foto: Humas KKP)

Peristiwa

Menteri KP Optimis Boyolali Jadi Roda Penggerak Ekonomi di Jateng
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM memantau pelaksanaan vaksinasi di Hartono Mal Solo Baru yang digelar oleh TNI-Polri. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Pantau Vaksinasi di Hartono Mal, Bupati Ingatkan Prokes 5M
Rekaman CCTV yang menunjukkan aksi bocah mencuri sandal di Kedinding Tengah, Surabaya, Minggu (17/7/2022). Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Tiga Bocah di Surabaya Terekam CCTV Curi 3 Pasang Sandal Jepit Merek Fipper
Bursa kerja/Job Fair secara virtual adalah salah satu bentuk usaha nyata dari Pemkot Yogya untuk membantu pengguna tenaga kerja dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Puluhan Perusahaan Ikuti Job Fair 2021 Kota Yogya