Home / Peristiwa

Sabtu, 26 Juni 2021 - 14:57 WIB

Petani Kragilan Sukses Budi Daya Kentang Citra

Distanpangan Kabupaten Magelang mendampingi Bupati Garut Rudy Gunawan saat melihat tanaman kentang di Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Distanpangan Kabupaten Magelang mendampingi Bupati Garut Rudy Gunawan saat melihat tanaman kentang di Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Petani di lereng Gunung Merbabu Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang sukses budi daya kentang varietas Citra. Kentang ini memiliki tekstur lembut yang anti hama. Selain itu harga jual juga sangat menjanjikan untuk pasar ekspor ke berbagai negara Asia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Magelang Romza Ernawan mengatakan pengembangan produk pertanian khususnya kentang juga sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19.

“Benteng terakhir penanganan Covid adalah pangan. Usaha sektor pertanian masih eksis khusunya para petanj kentang,” kata Romza usai menerima kunjungan Bupati Garut Rudy Gunawan, Jumat (25/6/2021).

Romza mengakui pada awal pandemi permasalahan pada sektor pertanian terjadi pada kektidakpastian pasar. Namun, dengan selalu mendorong pengembangan produk dan kerjasama dengan berbagai pihak, permasalahan pasar itu dapat teratasi.

Baca juga   PKK Kudus Salurkan Bantuan untuk Lansia Terdampak Pandemi

Ia mencontohkan, budi daya tanaman kentang seluas 14 hektar dan 13 hektar ini merupakan kerja sama dengan sebuah badan usaha laboratorium pembibitan asal Garut Jawa Barat. Dalam kerja sama ini petani mendapat kepastian sarana prasarana hingga pemasaran.

“Harapannya kehadiran Bupati Garut memberikan motivasi agar petani kentang berkembang dan memberikan kesejahteraan petani,” ujar Romza.

Dalam kesempatan itu, Rudy Gunawan sangat kagum setelah melihat langsung tanaman kentang Kelompok Tani Lestari Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis ini. Saat ini sebagian tanaman kentang di wilayah tersebut mendekati masa siap panen. Dari beberapa uji coba panen terlihat ukuran kentang memang besar dan tekstur kulit halus sempurna.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Lestari Dusun Kenangkan, Bagio mengatakan saat ini kendala yang ada adalah cuaca yang tidak pasti. Curah hujan yang masih tinggi menuntut perawatan ekstra.

Baca juga   Ganjar Pranowo Tancap Gas Majukan Radio Daerah se-Indonesia

Ia mengungkapkan, saat ini seharusnya sudah musim kemarau, tapi hujan masih deras. Kondisi itu berpengaruh terhadap serangan hama pada semua jenis tanaman pertanian. Meski demikian kelompok tani yang beranggotakan 45 orang ini optimis hasil panen akan melimpah.

Dikatakan Bagio, untuk saat ini harga jual kentang varietas Citra lebih stabil dan menguntungkan yakni Rp7.000/kg untuk semua ukuran. Semua kentang itu dijual ke pengepul yang kemudian dikirim ke Garut untuk diekspor ke luar negeri. Sebagai perbandingan, harga jual kentang pilihan ukuran besar di pasar lokal tertinggi Rp6.000/kg. Sedangkan untuk ukuran kecil sekitar Rp3.000-4.000/kg. (*)

Share :

Baca Juga

Perkumpulan Masyarakat Surakarta menyerahkan bantuan beras kepada Pemkot Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Peduli Pandemi, Perkumpulan Masyarakat Surakarta Serahkan 9.000 Paket Beras untuk Warga Terdampak
(nyatanya.com/Infografis: indonesiabaik)

Peristiwa

Sudah Tau Belum? Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dibatalkan
Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba menyerahkan bantuan PPKM Darurat pada para wartawan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Serahkan Bantuan PPKM Darurat untuk Wartawan
Manajemen Indomaret area Purwodadi memberikan bantuan paket sembako kepada PKL terdampak PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Grobogan)

Peristiwa

Indomaret Bagikan Paket Sembako bagi PKL di Purwodadi
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi pada anak. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak
Ganjar Pranowo bersepeda keliling kampung di Semarang, ingatkan panitia kurban taat prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Usai Salat Idul Adha, Ganjar Keliling Ingatkan Panitia Kurban Taat Prokes
Kemenag Kabupaten Magelang membagikan bantuan peduli berupa ratusan paket peduli vitamin yang terdiri dari sembako, madu, multivitamin, dan ribuan masker. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Kemenag Magelang Gelar Aksi Sejuta Vitamin
Cakupan vaksinasi Covid-19 di Pekalongan telah mencapai 105.664 orang. Jumlah tersebut setara dengan 44,44 persen populasi sasaran. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Vaksinasi di Pekalongan Lampaui 40 Persen